Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Fitur

Tranformasi Poni Menuju Infinity-O, Mana yang Kalian Suka?

Sejak iPhone memperkenalkan desain poni pada iPhone X, tak sedikit pabrikan smartphone Android yang ikut-ikutan membuat perangkat serupa. Gebrakan dilakukan oleh OPPO yang memperkenalkan poni “waterdrop”. Dan kini ada Samsung yang punya Infinity-O.

Updated

Bisa dibilang, Apple lewat iPhone X jadi pionir yang memperkenalkan smartphone berponi. Ya! Apple begitu percaya untuk merilis iPhone X yang diperkenalkan pada tahun 2017 dengan menyematkan poni yang begitu mencolok di bagian atas layarnya.

Meski begitu, harus diakui bahwa sebelum Apple sudah ada Essential Phone yang lebih dulu melahirkan smartphone dengan poni minimalis di bagian atas layarnya. Ya! Poni tersebut turut disematkan oleh Essential sebagai “rumah” dari kamera depan 8 MP.

Nah! Setelah Apple memperkenalkan iPhone X, mereka masih tetap mempertahankannya pada tiga model iPhone generasi berikutnya, iPhone Xs, Xs Max dan Xr. Dan langkah Apple ini pun diikuti sejumlah pabrikan smartphone Android yang berlomba-lomba merilis produknya dengan layar berponi.

Smartphone Android meniru poni Apple

Seperti yang kita tahu, pada awal tahun hingga pertengahan tahun 2018 lalu tak sedikit pabrikan smartphone Android yang ikut-ikutan Apple. Ya! Mereka tak malu-malu untuk merilis perangkat buatannya dengan poni yang mirip dengan yang ada pada iPhone X.

Namun, langkah yang cukup mengejutkan datang dari Samsung yang tidak terpengaruh dengan desain layar poni. Ya! Samsung tetap mempertahankan ciri khasnya dengan merilis smartphone entry-level, kelas menengah hingga flagship tanpa layar berponi.

Ini bisa kita lihat dari Galaxy S9 dan S9+ yang datang di awal tahun 2018 lalu, dan dilanjutkan dengan Galaxy Note 9 yang meluncur pada bulan Agustus 2018. Samsung benar-benar percaya diri membuat smartphone tersebut tanpa layar poni dan mereka tetap mengusung desain Infinity Display.

Berbicara soal poni, sayangnya banyak orang yang tidak menyukai desain layar seperti itu. Bahkan, beberapa pabrikan smartphone Android yang sebelumnya antusias meniru Apple, akhirnya memberikan opsi bagi pengguna untuk menonaktifkan tampilan poni yang ada pada perangkatnya.

Contoh pabrikan smartphone yang memberikan opsi tersebut adalah OnePlus ketika mereka merilis OnePlus 6. Sebelumnya, ada juga Huawei yang memberikan opsi yang sama pada Huawei P20 Pro dan sejumlah pabrikan smartphone Android lainnya juga mengikuti hal yang sama.

Poni “Waterdrop” punya OPPO

Nah! Melihat hal itu, di sinilah kejelian OPPO terlihat. Ya! pabrikan smartphone asal Cina yang sebelumnya merilis OPPO F7 dengan desain poni cukup mencolok, akhirnya berani menampilkan poni yang lebih kecil pada OPPO F9 seperti tetesan air atau mereka menyebutnya “Waterdrop”.

Seakan-akan punya desain yang lebih menarik, poni ala OPPO ini pun banyak diadopsi oleh pabrikan smartphone Android lainnya. Contohnya adalah saudara dekatnya sendiri, Vivo yang memiliki poni serupa pada Vivo V11 Pro yang diperkenalkan bulan September tahun lalu.

Poni seperti tetesan air juga dipakai oleh Huawei ke dalam smartphone entry-levelnya, yakni Huawei Y7 Pro. Ada juga pabrikan smartphone asal Cina lainnya, yakni Lenovo yang begitu percaya diri untuk memakai poni “Waterdrop” ini ke dalam Lenovo Z5s dan Redmi yang merilis Redmi Note 7.

Samsung perkenalkan Infinity-O

Seperti yang telah disinggung di atas, Samsung memang belum kepincut untuk mengadopsi layar poni ke dalam jajaran smartphone yang dikembangkannya. Namun, pada akhir tahun lalu Samsung memperkenalkan yang namanya Infinity-O.

Ya! Inilah desain layar baru yang akan dipakai oleh Samsung ke dalam smartphone masa depannya. Salah satu smartphone Samsung yang sudah mengadopsi layar model ini adalah Samsung Galaxy A8s dan A9 Pro (2019) yang hanya dipasarkan di Cina dan Korea Selatan.

Infinity-O adalah desain baru yang dikembangkan oleh Samsung dengan membuat potongan lubang di bawah layar. Nah! Potongan lubang tersebut akan jadi “rumah” dari kamera depan yang disematkan dan menariknya, Infinity-O juga mulai dipakai oleh beberapa pabrikan smartphone Android lainnya.

Ya! Desain yang mirip dengan Infinity-O telah diadopsi oleh Honor V20 yang dipasarkan di Cina atau View 20 yang dijual di pasar global. Selain itu, ada Huawei nova 4 yang juga mengadopsi Infinity-O dan sudah diperkenalkan sejak pertangahan Desember tahun lalu.

Selain Infinity-O, Samsung juga punya desain layar lainnya, yakni Infinity-V. Ya! Desain poni ini mirip dengan “tetesan air yang jatuh” seperti yang diperkenalkan oleh OPPO. Rencananya, Samsung baru akan menyematkan Infinity-V ke dalam Galaxy M Series yang akan dirilis sebentar lagi.

Baca juga

Lantas, dari sekian banyak model poni yang diperkenalkan oleh masing-masing pabrikan smartphone, manakah yang kalian suka? Sudah barang tentu, model desain poni yang dihadirkan selain memberikan kesan cantik, juga bertujuan untuk menjadikan layar smartphone terasa lebih luas. Bukan begitu?

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

Menjelang akhir September 2019 ini Samsung kembali memperkaya portofolio lini Galaxy A Series. Ya! Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini...

xiaomi mi 9 lite xiaomi mi 9 lite
Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite

Xiaomi secara resmi telah merilis smartphone barunya, Mi 9 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk menggaet pengguna kelas menengah ini datang...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A20s

Galaxy A Series lainnya dari Samsung yang bakal melenggang dalam waktu dekat adalah Galaxy A20s. Ya! Smartphone ini datang sebagai...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 7.2

HMD Global telah memperkenalkan smartphone Nokia terbarunya di ajang IFA 2019 lalu. Ya! Ada Nokia 6.2 dan Nokia 7.2. Tentu...

Harga HP4 days ago
Harga dan Spesifikasi realme XT

realme sudah secara resmi merilis realme XT. Smartphone ini datang dengan dukungan empat kamera (quad-camera) 64 MP dan sudah ditenagai...

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Nova 5T

Smartphone mid-range dari Huawei yang tak kalah menarik adalah nova 5T. Ya! Smartphone ini datang dengan dukungan SoC Kirin 980...

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A5 2020

Selain OPPO A9 2020, OPPO juga punya OPPO A5 2020. Smartphone yang ditujukan untuk entry-level ini pun punya desain dan...

Harga Samsung A30s Harga Samsung A30s
Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A30s

Selain Galaxy A50s, Samsung juga punya Galaxy A Series lainnya yang tak kalah menarik khususnya untuk sisi harga dan spesifikasi,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!