Connect with us
FA506_2024
Harga HP

Harga dan Spesifikasi OPPO F9

OPPO F9 secara resmi telah meluncur di pasar Indonesia. Ditujukan untuk konsumen kelas menengah ke atas, smartphone yang memiliki poni mirip tetesan air ini dibanderol seharga Rp4 jutaan. Menarikah untuk dibeli?

Updated

Spesifikasi dan Harga

HargaRp4.299.000
Platform
ChipsetMediaTek Helio P60
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
Sistem OperasiAndroid 8.1 (Oreo) Color OS 5.2
Memori
RAM4 GB
Internal64 GB
EksternalmicroSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Bodi
Dimensi156.7 x 74 x 8 mm
Berat169 gram
Slot SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeLTPS IPS LCD
Ukuran6,3 inci
Resolusi1080 x 2340 piksel
Kamera
Belakang16 MP, f/1.8 + 2 MP, f/2.4
Depan25 MP, f/2.0
Video1080p@30fps
FiturAI Scene Recognition, AI Beauty Technology 2.0
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFC-
Lainnya
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Jack audioYa
BateraiNon-removable Li-Po 3500 mAh

OPPO secara resmi telah memboyong satu smartphone kelas menengah terbarunya, yakni OPPO F9 ke pasar Indoensia. Sudah bukan rahasia lagi jika smartphone ini dijadikan pengganti dari seri OPPO F7 yang juga diperkenalkan pada tahun ini.

Namun OPPO bukan sekadar meramu OPPO F9 sebagai smartphone kelas menengah biasa. Ya! Bisa dibilang ada beberapa peningkatan yang dilakukan oleh OPPO, seperti dukungan VOOC Flash Charge dan dual-camera belakang yang disematkan.

Selain itu, OPPO juga mengemas OPPO F9 dengan desain poni yang unik. Ya! Poninya tidak terlihat seperti kebanyakan smartphone pada umumnya. Poni yang ada pada OPPO F9 dibentuk seperti tetesan air dan OPPO menyebutnya “waterdrop”.

Layar 6,3 inci FullHD+

Sedikit lebih lebar dari OPPO F7, OPPO mengemas layar OPPO F9 dengan ukuran 6,3 inci FullHD+. Ya! Aspek rasio yang dimiliki juga sudah menganut tren kekinian, 19,5:9. OPPO pun mengklaim screen-to-body yang dimiliki mencapai 90,8%.

Seperti telah disinggung di atas, OPPO F9 punya potongan poni yang unik. Poninya ini jika kita perhatikan memang seperti tetasan air yang jatuh dari atas. Di area ini, OPPO menyisipkan kamera depan dan juga beberapa sensor pendukung.

Jika bagian depannya memiliki poni yang unik, OPPO juga mengemas panel belakang dengan desain yang tak kalah menarik. Tekstur warna gradasi yang dibuat menggunakan teknologi Gradient Spraying sehingga lebih berkilau dan pola tesselation atau grafisnya membentuk poligon yang sedap dipandang mata.

Pada panel belakang, OPPO juga melapisi bodi OPPO F9 dengan plastik polikarbonat. Ada dukungan dual-camera belakang yang ditemanai dengan sebuah LED flash. Selain itu, OPPO juga menyisipkan pemindai sidik jari yang diposisikan di tengah bersanding dengan logo khas OPPO.

VOOC Flash Charge

Berbicara soal jeroan yang disematkan, OPPO memang masih membekali OPPO F9 dengan chipset yang ada di dalam bodi OPPO F7. Chipset yang dipasang adalah MediaTek Helio P60 Octa-core dengan clock speed 2,0 GHz yang dipadukan GPU Mali-G72 MP3 untuk grafisnya.

Tak ketinggalan, untuk mendongkrak kinerja chipset yang dibenamkan, OPPO juga melengkapi OPPO F9 dengan RAM sebesar 4 GB dan storage berkapasitas 64 GB. Jika kalian beranggapan kapasitas storage internalnya kecil, masih bisa diperluas menggunakan slot microSD.

Nah! OPPO F9 datang dengan kapasitas baterai standar, yakni hanya 3.500 mAh. Namun menariknya, OPPO telah membekali smartphone ini dengan teknologi VOOC Flash Charge, pengisian ulang cepat dengan tegangan rendah yang dikembangkan oleh OPPO sendiri.

Saat diluncurkan, OPPO menegaskan bahwa OPPO F9 adalah smartphone pertama di kelas menengah yang disokong VOOC Flash Charge. Sebelumnya, teknologi pengisian ulang cepat ini hanya bisa ditemukan di smartphone buatan OPPO yang masuk kelas flagship, salah satunya OPPO Find X.

Dual-camera 16 MP + 2 MP

Untuk uruasan fotografi, OPPO juga melengkapi OPPO F9 dengan dukungan dual-camera belakang. Konfigurasinya adalah 16 MP dengan aperture f/1.8 + 2 MP dengan aperture f/2.4 yang berlaku sebagai lensa dengan kemampuan depth sensor.

Tak berbeda dengan OPPO F7, OPPO juga melengkapi dukungan kamera belakangnya ini dengan fitur AI Scene Recognition. Sedangkan untuk kamera depannya, OPPO membenamkan lensa dengan resolusi 25 MP yang sudah dilengkapi AI Beauty Technology 2.0.

Bisa dibilang, OPPO memang belum mau “move on” untuk menghadirkan smartphone yang ditujukan untuk pasar penyuka selfie. Mereka pun sesumbar bahwa OPPO akan terus menyajikan perangkat seperti ini, dimana orang-orang yang suka narsis terus tumbuh.

Dukungan Color OS 5.2

Jika OPPO F7 datang dengan Color OS 5.0 berbasis Android 8.0 Oreo, OPPO telah memberikan peningkatan yang cukup signifikan pada OPPO F9. Ya! Smartphone ini datang dengan antarmuka Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo.

OPPO juga menyisipkan fitur Smart Bar ke dalam OPPO F9. Fitur ini memberi kemudahan bagi pengguna untuk membalas chat ataupun membaca notifikasi tanpa harus keluar ke Home Screen. Fitur ini hadir di samping layar, dan bisa diaktifkan atau nonaktifkan sesuai kebutuhan pengguna.

Soal keamanan, OPPO tak hanya membekali smartphone ini dengan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat. Ada juga fitur face unlock yang terintegrasi dengan kamera depan. Dukungan lainnya adalah Triple Slot, dua baki untuk kartu SIM dan satu baki untuk kartu microSD.

Harga dan ketersediaan

Jika kalian tertarik untuk meminangnya, OPPO menjual OPPO F9 seharga Rp4.299.000. Ada dua warna yang ditawarkan, yakni Sunrise Ride yang terinspirasi dari warna alami matahari terbit dan Twilight Blue, matahari terbenam. Penawaran perdana dibuka dalam bentuk pre-order hingga akhir bulan ini.

Pada bulan September 2018 nanti, OPPO juga berjanji untuk merilis dua varian tambahan OPPO F9, yakni Starry Purple dan varian OPPO F9 6GB. Tentu saja, varian F9 6GB juga menarik untuk kita tunggu, pasalnya smartphone ini sudah bisa dipastikan bakal lebih bertenaga.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer