Connect with us
FX516
Berita

Samsung Jual Galaxy J8 di Indonesia, Apa Istimewanya?

Samsung belum lama ini telah merilis Galaxy J8 di pasar Indonesia. Ditempatkan ke dalam kelas mid-to-low, smartphone ini juga memiliki empat daya tarik. Apa saja?

Updated

Kembali meramaikan pasar smartphone di Indonesia, Samsung belum lama ini telah merilis Galaxy J8. Ditempatkan sebagai smartphone yang dijual “ramah dikantong”, Samsung Galaxy J8 akan menyasar anak-anak muda alias millenials yang produktif.

Untuk itulah, Galaxy J8 hadir dengan beragam daya tarik, mulai dari desain, hardware yang dibenamkan, hingga kemampuan kameranya. Lantas, seperti apa Samsung meramu smartphone yang dibanderol seharga Rp3.999.000 ini?

Aspek rasio layar kekinian

Jika diperhatikan, Samsung sudah berani tampil beda untuk mengemas Galaxy J Series terbarunya, termasuk Galaxy J8. Layar smartphone ini memiliki ukuran 6 inci dengan teknologi panel Super AMOLED dan aspek rasio sudah 18,5:9. Sayangnya, resolusi smartphone ini masih HD+.

Samsung sepertinya belum pintar meracik bezel bawah Galaxy J8. Ya! Bezel bagian bawah masih terlihat tebal, meskipun Samsung tidak memuat tombol apa pun di sana. Begitu juga dengan bezel bagian atasnya yang dimanfaatkan untuk menempatkan modul kamera depan, earpiece, LED flash dan beberapa sensor.

Pada panael bagian belakang, Samsung memuat dual-camera belakang yang ditempatkan tepat ditengah-tengah secara vertikal. Tepat di sampingnya ada sebuah LED flash dan di bagian bawah dari dual-camera, kalian bisa menemukan sensor pemindai sidik jari.

Kamera depan dengan LED flash

Entah ditujukan untuk pengguna selfie atau bukan, Samsung memang tak menyebutkan secara detail target pengguna Galaxy J8. Faktanya, Samsung melengkapi smartphone ini dengan dukungan kamera depan yang memiliki resolusi 16 MP plus LED flash dengan aperture f/1.9.

Tentu saja, ukuran resolusi kamera depan Galaxy J8 masih kalah dengan yang dimiliki OPPO F7 atau Vivo V9 yang memang ditargetkan untuk penyuka foto selfie. Meski begitu, 16 MP plus LED flash dirasa sudah lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas selfie yang menyenangkan di lingkungan minim cahaya.

Tak kalah menarik dengan kamera depan, Samsung juga membekali Galaxy J8 dengan dukungan dual-camera belakang. Adapun konfigurasinya adalah 16 MP sebagai lensa utama yang memiliki bukaan f/1.7 dan 5 MP sebagai lensa kedua yang memiliki bukaan f/1.9.

Tak berhenti sampai disitu, Samsung juga melengkapi dual-camera belakang yang disematkan dengan kemampuan untuk menciptakan foto bokeh. Ada juga dukungan live focus yang berfungsi untuk mengatur depth of field secara manual sebelum atau sesudah pemotretan.

Keamanan ganda

Berbicara soal keamanan perangkat, Samsung memang tak main-main. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini benar-benar meramu Galaxy J8 dengan sistem keamanan terpadu. Tak hanya menyematkan sensor fingerprint, tetapi juga memuat teknologi face recognition.

Untuk sistem keamanan biometrik fingerprint alias pemindai sidik jari, Samsung meletakkan sensornya di bagian belakang perangkat, tepat di bawah dual-camera. Sedangkan untuk face recognition, Samsung memanfaatkan dukungan kamera depan yang disematkan.

Sistem keamanan lainnya yang turut dimuat oleh Samsung adalah Secure Folder. Jelas, dari namanya sistem keamanan ini sengaja dihadirkan untuk melidungi seluruh data pengguna yang tersimpan di dalam Galaxy J8.

Jeroan dan pilihan warna

Ditempatkan di kelas mid-to-low, Samsung membekali Galaxy J8 dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed 1,8 GHz. Kinerja prosesor yang terpasang juga ditopang RAM sebesar 3 GB dan storage berkapasitas 32 GB.

Untuk memanjakan pengguna yang suka menyimpan dokumen di smartphone, Samsung juga melengkapi Galaxy J8 dengan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 256 GB. Jika dirasa masih kurang, Samsung juga menawarkan Samsung Cloud hingga 15 GB.

Baca juga

Untuk catu daya, smartphone ini datang dengan baterai yang tidak bisa dilepas (non-removable) dengan kapasitas 3.500 mAh. Ada tiga pilihan warna Galaxy J8 yang ditawarkan oleh Samsung untuk konsumennya di Indonesia, yakni Gold, Black, dan Violet.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer