Connect with us
Featured

Bocoran Harga dan Spesifikasi Galaxy Note 9 Jelang Rilis

Tanggal 9 Agustus 2018, Samsung akan memperkenalkan Galaxy Note 9. Beberapa bulan belakangan ini, rumornya pun begitu gencar di internet. Dan inilah beberapa rumor yang kemungkinan bakal jadi kenyataan!

Updated

Peluncuran Samsung Galaxy Note 9 tinggal menghitung hari. Ya! Smartphone premium kedua milik Samsung yang akan muncul di tahun ini rencananya baru akan diperkenalkan pada tanggal 9 Agustus 2018 nanti di New York, Amerika Serikat.

Sebagai smartphone unggulan, tentu saja Note 9 sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh pecinta gadget di banyak negara, termasuk Indonesia. Bahkan beberapa bulan belakangan ini, bocoran mengenai Galaxy Note 9 terus menghiasi dunia maya.

Tak hanya soal desain dan spesifikasi yang menarik untuk kita ketahui, beberapa rumor lainnya seperti  dukungan kamera, kapasitas baterai, pilihan warna yang ditawarkan, hingga S-Pen yang mengalami peningkatan juga ikut-ikutan diungkap.

Diperkenalkan lebih cepat

Desas-desus pertama tentang kemunculan Galaxy Note 9 adalah rumor yang menyebutkan bahwa smartphone besutan Samsung tersebut akan muncul lebih cepat. Ya! Seperti yang kita ketahui bersama, Samsung memperkenalkan Galaxy Note 8 menjelang akhir Agustus 2017.

Namun saat rumor ini pertama kali muncul, Samsung belum mau berbicara banyak perihal kapan Galaxy Note 9 bakal diperkenalkan. Akhirnya, teka-teki itu pun terjawab ketika Samsung secara resmi mengumumkan bahwa Galaxy Note 9 akan meluncur pada tanggal 9 Agustus 2018.

Memang terbukti, Samsung memperkenalkan Galaxy Note 9 lebih cepat. Bahkan, Samsung sendiri sudah mengonfirmasi bahwa sehari setelah diperkenalkan, Galaxy Note 9 akan langsung ditawarkan secara pre-order di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Desain mirip Note 8

Pemberitaan mengenai Galaxy Note 8 yang ditulis oleh The Investor menyebutkan bahwa layar Galaxy Note 9 akan lebih besar ketimbang pendahulunya, Galaxy Note 8. Namun jika diperhatikan lebih detail, perbedaannya sangat kecil.

Disebut-sebut, Galaxy Note 9 akan memiliki bentang layar berukuran 6,38 inci, naik sedikit dari Note 8 yang memiliki bentang layar berukuran 6,32 inci. Layar Super AMOLED dengan resolusi Quad HD juga akan dibuat melengkung di kedua sisi dan aspek rasionya masih sama, yakni 18,5:9.

Pada panel bagian belakangnya, Samsung akan memuat dukungan dual-camera yang diposisikan secara horisontal. Berbeda dengan Galaxy Note 8, pemindai sidik jari yang ada pada Galaxy Note 9 kini digeser dan diletakkan tepat di bawah dual-camera belakang.

Spesifikasi dan dukungan kamera

Ditempatkan sebagai smartphone unggulan, sudah barang tentu Samsung akan meracik Galaxy Note 9 dengan dukungan hardware yang mumpuni. Beredar kabar, Samsung akan mempersenjatai smartphone ini dengan chipset papan atas, yakni Qualcomm Snapdragon 845 dan Exynos 9810.

Ya! Mirip dengan Galaxy S9 dan S9+ yang diperkenalkan pada awal tahun ini, Galaxy Note 9 yang dipacu oleh chipset Snapdragon 845 akan dipasarkan di Amerika Serikat dan Cina. Di luar kedua negara tersebut, Samsung akan memasarkan Galaxy Note yang diotaki Exynos 9810.

Tak hanya powerlfull di sisi otaknya, Samsung juga akan melengkapi smartphone ini dengan RAM dan ROM berkapasitas besar. Disebut-sebut, Galaxy Note 9 akan disokong dengan RAM 6 GB atau 8 GB dan storage internal berkapasitas hingga 512 GB.

Tak kalah menarik adalah kapasitas baterai yang disematkan. Ya! Galaxy Note 9 akan datang dengan baterai berkapasitas jumbo, yakni 4.000 mAh. Jelas, ada peningkatan kapasitas baterai yang disematkan jika dibandingkan dengan Note 8 yang hanya ditopang baterai berkapasitas 3.300 mAh.

Lantas, bagaimana dengan dukungan kameranya? Seperti sudah disebutkan di atas, Galaxy Note 9 akan disokong dengan dual-camera belakang. Diperkirakan, dual-camera serta fitur pendukung yang ada pada Galaxy Note 9 tak berbeda jauh dengan dual-camera yang ada pada Galaxy S9+.

Artinya, Samsung juga akan melengkapi dual-camera Galaxy Note 9 dengan kemampuan Dual Aperture. Begitu pun dengan dukungan kamera depannya, Galaxy Note 9 akan dibekali dengan selfie-camera yang memiliki resolusi 8 MP. Tak ketinggalan, AR Emoji juga akan melengkapi fitur kamera yang ada.

S-Pen Bluetooth dan fitur pendukung

Seperti juga Galaxy Note 8, Samsung pun akan melengkapi Galaxy Note 9 dengan S Pen. Menariknya, pena digital yang akan disisipkan ke dalam Galaxy Note 9 ini sudah memiliki peningkatan, yakni dukungan konektivitas Bluetooth.

Tentu saja, bukan tanpa alasan Samsung membekali S Pen yang ada pada Galaxy Note 9 dengan dukungan Bluetooth. Diperkirakan, S Pen ini tidak lagi sekadar pena digital biasa, namun sudah memiliki beragam fungsi, salah satunya untuk mengoperasikan Galaxy Note 9 secara remote dan juga mengontrol musik.

Berbicara tentang baterai, Samsung mungkin juga akan meluncurkan pengisian daya secara nirkabel yang memiliki kemampuan lebih cepat. Informasi mengenai hal itu pun terungkap dari daftar FCC yang menyebutkan adanya perangkat charger nirkabel dengan nomor model EP-N6100.

Disebutkan, charger nirkabel tersebut mendukung input 12 volt dan 2,1 ampere. Perangkat tersebut sedikit berbeda dengan charger nirkabel 9 volt dan 1,67 ampere (nomor model EP-N5100) yang diluncurkan oleh Samsung bersama dengan Galaxy S9 dan S9+ di awal tahun ini.

Pengisi daya yang lebih cepat mungkin bukan satu-satunya aksesori pengisian daya nirkabel yang tersedia untuk Note 9. Pasalnya, cuitan Roland Quandt via Twitter mengungkapkan soal Wireless Charger Duo. Ya! Pengisi daya buatan Samsung ini dirancang untuk mengisi baterai smartphone sekaligus smartwatch.

Bukan Samsung jika mereka tidak melengkapi smartphone premium miliknya dengan sertifikasi IP68. Besar kemungkinan, sertifikasi anti air dan debu ini juga akan disisipkan ke dalam Galaxy Note 9. Tak ketinggalan, smartphone ini juga diperkirakan masih memiliki lubang jack audio 3,5mm.

Galaxy Note 9 diharapkan datang dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dan memiliki antarmuka Samsung Experience. Rumor lainnya menyebutkan, Galaxy Note 9 juga akan tiba dengan dukungan Bixby 2.0, voice assistant terbaru yang terus dikembangkan oleh Samsung.

Perkiraan harga dan warna

Bakal diperkenalkan pada tanggal 9 Agustus 2018, tentu saja tak sedikit pecinta gadget yang penasaran dengan harga Galaxy Note 9. Dugaan sementara, Samsung akan melepas Galaxy Note 9 dengan harga paling murah, yakni US$950 atau mulai Rp13 jutaan.

Baca juga

Soal warna, Samsung memang salah satu produsen smartphone yang mulai gemar menghadirkan perangkatnya dalam balutan warna yang beragam. Tak hanya warna hitam dan abu-abu, Samsung juga diperkirakan akan menghadirkan Note 9 dalam balutan warna ungu, biru dan coklat.

Comments

Populer