Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Review

Review OnePlus 3T

Updated

Tiap merilis smartphone baru, kami termasuk salah satu yang menanti dan tertarik untuk melihat bakal sehebat apa smartphone besutan OnePlus. Mirip seperti Apple, hampir setiap smartphone yang dirilis OnePlus adalah perangkat flagship. Bahkan di tahun 2016 kemarin, OnePlus sukses merilis dua smartphone flagship, yakni OnePlus 3 dan OnePlus 3T.

Kelebihan

Makin ngebut. OnePlus 3 adalah smartphone dengan jeroan kelas atas seperti CPU Snapdragon 820. Seakan tidak puas, OnePlus menciptakan OnePlus 3T dengan prosesor yang lebih kencang, yakni Snapdragon 821 (2,35 GHz). Sementara kapasitas RAM-nya masih sama-sama 6 GB, namun kapasitas storage selain tersedia 64 GB, juga tersedia 128 GB.

Dengan prosesor yang lebih baru, performa OnePlus 3T pun jadi lebih ngebut dibanding OnePlus 3. Kami membandingkannya dengan mengadu benchmark menggunakan AnTuTu. Hasilnya OnePlus 3T berhasil meraih skor 161 ribu poin, sedangkan OnePlus 3 hanya 140 ribu poin saja. Sebagai pembanding, Google Pixel yang notabene lebih mahal, hanya berhasil meraih skor 138 ribu poin.

Duet kamera 16 MP. Bukan sekadar memberikan peningkatan pada prosesor saja, tapi OnePlus juga meningkatkan resolusi kamera depan OnePlus 3T. Mungkin karena ada di bawah naungan OPPO, maka OnePlus tak ragu menyematkan kamera depan 16 MP pada OnePlus 3T. Resolusi tersebut sama seperti resolusi kamera utamanya.

Dengan resolusi kamera setinggi itu, kami merasa sangat puas saat berfoto selfie atau wefie. Ya, kualitas fotonya terang meski fitur beautify-nya tak selengkap smartphone khusus selfie seperti OPPO F1s, Vivo V5, atau ASUS ZenFone Selfie. Sementara kamera utamanya, meski memiliki resolusi sama, tapi punya kualitas lebih baik dari kamera depannya. Yang jelas, kedua kamera OnePlus 3T memuaskan!

Banderol bersaing. Bicara smartphone flagship, harga yang dipatok untuk OnePlus 3T ini tergolong terjangkau. Smartphone kencang berkualitas merek lain semisal Samsung Galaxy S7, Google Pixel, atau ASUS ZenFone 3 Deluxe dibanderol dengan harga di atas Rp9 juta. Tapi tidak dengan OnePlus 3T yang bisa dibeli mulai harga Rp6 jutaan saja.

Desain masih elegan. Desain OnePlus 3 dan OnePlus 3T 100 persen sama. Dimensinya sama, bobotnya sama, penempatan tombolnya sama, pun begitu dengan material metal yang digunakan. Bedanya hanya pada warnanya saja, dimana OnePlus 3T kini agak lebih kecokelatan. Kami simpulkan desain OnePlus 3T masih terlihat elegan untuk saat ini dan tentunya masih terasa licin.

Nihil bloatware. Unit OnePlus 3T yang kami miliki datang dengan OxygenOS terbaru yang sayangnya masih berbasis Android 6.0.1. Katanya OnePlus sudah mulai menggulirkan update Android Nougat sejak tahun baru kemarin, tapi kami belum kebagian. Terlepas dari OS-nya, kami menyukai kecepatan UI yang ditawarkan. Di dalamnya sudah ter-install Google Play dan asyiknya kami tidak menemukan satu pun bloatware yang mengganggu.

Baterai mumpuni. Berbekal dimensi dan bobot yang sama, OnePlus sukses menyematkan kapasitas baterai yang lebih besar pada OnePlus 3T. Baterainya meningkat dari yang tadinya 3.000 mAh pada OnePlus 3 menjadi 3.400 mAh pada OnePlus 3T. Baterai ini setidaknya menghasilkan screen-on-time lima jam ke atas.

Tidak ketinggalan, fitur quick charging bernama Dash Charge juga tetap ada. Namun karena baterainya lebih besar, durasi pengisian kini agak lebih lama. Dari yang sebelumnya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit, kini menjadi 1,5 jam. Sama halnya VOOC milik OPPO, Dash Charge milik OnePlus 3T terasa sangat cepat.

Kekurangan

Tidak bergaransi. Selepas “minggatnya” OnePlus dari tanah air, praktis unit yang dijual di sini berstatus garansi internasional. Karenanya, kita sebagai pengguna patut was-was kalau-kalau terjadi kerusakan yang mengharuskannya masuk ruang servis. Dengan kata lain, setidaknya kita harus menyiapkan dana ekstra jika ingin mereparasi di jasa servis non resmi tanah air.

Tanpa headset. Lagi-lagi sama halnya OnePlus 3, unit OnePlus 3T dipasarkan tanpa kehadiran headset. Padahal boks penjualan, charger, serta kabel data yang disertakan tergolong berkualitas. Tentunya tanpa kehadiran headset, kita harus menyiapkan dana tambahan untuk membelinya guna mendengarkan musik atau bertelepon dengan nyaman.

Kesimpulan

Bagi kami, peningkatan yang dibawa OnePlus 3T tak terlalu signifikan ketimbang OnePlus 3. Pasalnya OnePlus 3 saja sudah terasa begitu kencang. Tapi kalau sebelumnya Anda belum pernah menggunakan OnePlus 3 dan memang sedang mencari smartphone flagship berkualitas, maka OnePlus 3T adalah satu rekomendasi terbaik dari kami.

Video review

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

Menjelang akhir September 2019 ini Samsung kembali memperkaya portofolio lini Galaxy A Series. Ya! Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini...

xiaomi mi 9 lite xiaomi mi 9 lite
Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite

Xiaomi secara resmi telah merilis smartphone barunya, Mi 9 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk menggaet pengguna kelas menengah ini datang...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A20s

Galaxy A Series lainnya dari Samsung yang bakal melenggang dalam waktu dekat adalah Galaxy A20s. Ya! Smartphone ini datang sebagai...

Harga HP4 days ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 7.2

HMD Global telah memperkenalkan smartphone Nokia terbarunya di ajang IFA 2019 lalu. Ya! Ada Nokia 6.2 dan Nokia 7.2. Tentu...

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi realme XT

realme sudah secara resmi merilis realme XT. Smartphone ini datang dengan dukungan empat kamera (quad-camera) 64 MP dan sudah ditenagai...

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Nova 5T

Smartphone mid-range dari Huawei yang tak kalah menarik adalah nova 5T. Ya! Smartphone ini datang dengan dukungan SoC Kirin 980...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A5 2020

Selain OPPO A9 2020, OPPO juga punya OPPO A5 2020. Smartphone yang ditujukan untuk entry-level ini pun punya desain dan...

Harga Samsung A30s Harga Samsung A30s
Harga HP7 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A30s

Selain Galaxy A50s, Samsung juga punya Galaxy A Series lainnya yang tak kalah menarik khususnya untuk sisi harga dan spesifikasi,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!