Connect with us
ROG 5
Fitur

Vivo V5 Plus Vs OPPO F3 Plus, Perfect Selfie atau Selfie Expert?

Updated

Beberapa waktu yang lalu kita sempat dikagetkan dengan video perselisihan antara sales OPPO dan Vivo. Dua vendor asal Cina ini memang sedang bersaing untuk menghadirkan smartphone spesialis selfie. Persaingan bisnis yang ketat menjadi pemicu utama konflik ini terjadi.

Namun kami ingin menyikapi masalah tersebut dengan cara yang lebih etis, yakni membandingkan kedua smartphone andalan mereka saat ini: Vivo V5 Plus dan OPPO F3 Plus. Mengusung tagline “perfect selfie” dan “selfie expert”, kira-kira mana yang lebih baik?

Kamera

Sesuai dengan tagline yang diusung, sisi kamera menjadi bagian paling penting serta nilai jual utama dari kedua smartphone ini. Lebih dulu rilis Vivo V5 Plus datang dengan dual kamera depan beresolusi 20 MP+8 MP.

Kamera depan 20 MP berfungsi untuk mengambil ketajaman objek, sedangkan kamera depan 8 MP memiliki fungsi untuk mendeteksi kedalaman gambar. Salah satu fitur andalan Vivo V5 Plus adalah selfie bokeh. Selain itu, Vivo V5 Plus hadir dengan kamera belakang beresolusi 16 MP yang kualitasnya juga terbilang keren.

Sedangkan OPPO F3 Plus hadir dengan dual kamera beresolusi 16 MP+8 MP. Kamera depan beresolusi 16 MP diklaim mampu memberikan efek kedalaman terbaik. Sementara kamera 8 MP dikhusukan untuk memotret ala wefie karena memiliki wide angel super lebar. Tak kalah dengan Vivo V5 Plus, dual kamera OPPO F3 Plus juga mampu memberikan efek bokeh.

Pada sisi kamera, si selfie expert dan si perfect selfie sama-sama kuat, namun OPPO F3 Plus memiliki nilai lebih berkat adanya wide angle super lebar. Karena itu kita bisa memotret lebih seru jika sedang bersama atau hangout bareng teman.

Desain

Pada bagian desain sekilas keduanya benar-benar mirip. Terlepas dari siapa yang meniru dan ditiru keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Vivo V5 Plus hadir dengan ukuran 5,5 inci sementara OPPO F3 Plus hadir dengan ukuran 6.0 inci, mana yang lebih nyaman?

Kami pikir keduanya sama-sama nyaman, tergantung selera konsumen. Kalau untuk handling memotret selfie, ukuran 5,5 inci lebih bersahabat dan nyaman. Selain itu keduanya juga sudah menggunakan bahan full-metal mate yang tak mudah kotor dan terjiplak sidik jari.

Dapur Pacu

Walau berstatus smartphone selfie, keduanya diracik dengan dapur pacu yang lumayan ngebut. Vivo V5 Plus ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 625 berkecepatan 2,0 GHz yang ditemani RAM 4 GB, sementara OPPO F3 Plus ditenagai processor kelas menengah tertinggi untuk saat ini yakni Qualcomm Snapdragon 653 dan RAM sebesar 4 GB.

Di atas kertas OPPO F3 Plus3 lebih ngebut dibanding Vivo V5 Plus. Skor AnTuTu dari kedua smartphone ini juga berbeda jauh. Vivo V5 Plus menghasilkan angka 60 ribu dan OPPO F3 Plus 90 ribu. Jadi, untuk urusan performa, kecepatan, dan ketahanan gaming kami lebih condong ke OPPO F3 Plus.

Baterai

Terakhir kita akan membahas sisi daya pada kedua smartphone ini. Vivo V5 Plus datang dengan baterai berkapasitas 3.160 mAh dengan fitur fast charging Quick Charge 3.0. Sedangkan OPPO F3 Plus memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan fitur fast charging bernama VOOC.

Jika dilihat dari angka kapasitas yang dibawa kami rasa OPPO F3 Plus mampu bertahan lebih lama ketimbang Vivo V5 Plus. Ditambah lagi adanya fitur VOOC yang diklaim tidak akan menimbulkan efek panas saat pengisian daya dan lebih cepat daripada Quick Charge 3.0.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Series

ASUS secara resmi telah memasarkan ASUS ROG Phone 5 di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 888 ini dijual mulai...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy M Series di pasar Indonesia. Smartphone tersebut datang dengan nama Samsung Galaxy M62 yang punya...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10S

Secara resmi Xiaomi telah memboyong Redmi Note 10S ke pasar Indonesia pada tanggal 18 Mei lalu. Penjualan smartphone tersebut baru...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer