Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Punya Kamera 48 MP, Pilih Mana OPPO Reno2 atau Huawei nova 5T?

Di pasar Indonesia ada dua smartphone baru yang sudah resmi dipasarkan, yakni Huawei nova 5T dan OPPO Reno2. Keduanya datang dengan dukungan empat kamera belakang 48 MP. Lantas dari keduanya, mana yang tertarik untuk kalian beli?

Updated

Huawei secara resmi telah memasarkan smartphone kelas menengah ke atas terbarunya di pasar Indonesia. Ya! Smartphone tersebut adalah Huawei nova 5T. Smartphone ini datang dengan dukungan empat kamera di bagian belakang, dimana kamera utamanya memiliki sensor 48 MP.

Nah! Tidak lama setelah kehadiran nova 5T, OPPO membuat kejutan dengan memperkenalkan OPPO Reno2. Ya! Smartphone ini pun datang dengan empat kamera di bagian belakang. Lensa utamanya juga memiliki resolusi 48 MP dengan sensor Sony IMX586.

Seperti yang kita tahu, Huawei nova 5T yang ditenagai chipset Kirin 980 dibanderol dengan harga Rp6.899.000. Sementara, OPPO membanderol OPPO Reno2 dengan harga yang terbilang mengejutkan, yakni 7.999.000. Lantas, dari keduanya mana yang menarik untuk kalian beli?

Layar dan desain

Bisa dibilang, Huawei nova 5T kalah telak dengan OPPO Reno2 dalam hal panel layar yang digunakan. Ya! nova 5T datang dengan panel IPS LCD, sementara Reno2 sudah lebih maju untuk memakai panel layar AMOLED, meskipun resolusi layar yang ditawarkan sama, yakni FullHD+ alias 1.080p+.

Huawei nova 5T punya layar berukuran 6,26 inci dengan aspek rasio 19,5:9 dan screen-to-body hanya mencapai 84,2 persen. Sementara, OPPO Reno2 datang dengan layar sedikit lebih lebar, yakni 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9. Selain itu, layar OPPO Reno2 juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 6.

Perbedaan lainnya, Huawei masih suka dengan layar punch-hole untuk memuat kamera depan. Sementara, layar OPPO Reno tidak punya poni dan juga punch-hole. Ya! Untuk kamera depannya, OPPO mengambil model pop-up dengan desain mirip sirip hiu a.k.a shark fin.

Nah! Panel bagian belakang Huawei nova 5T dibuat lebih menarik dengan balutan kaca yang punya efek kilauan untuk memantulkan cahaya. Apalagi untuk pilihan warna Midsummer Purple, Huawei menyematkan logo nova yang terlihat sangat keren ditambah efek 3D yang ditimbulkan.

Sementara, OPPO Reno2 punya panel belakang yang terkesan minimalis, meskipun sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5. Empat kamera belakang yang dimiliki oleh OPPO Reno2 disusun secara vertikal dan ditempakan di tengah, sementara empat kamera yang dimiliki nova 5T ditempakan di pojok kiri atas.

Performa perangkat

Seperti yang telah disebutkan, Huawei nova 5T telah ditenagai chipset yang dikembangkan oleh Huawei sendiri, yakni Kirin 980. Ya! Chipset ini juga dijebloskan oleh Huawei ke dalam jajaran smartphone unggulannya, seperti Huawei P30 dan Huawei P30 Pro.

Kirin 980 yang ada di dalam tubuh nova 5T juga menyertakan GPU Mali-G76 MP10. Sementara untuk memorinya, Huawei telah menyematkan RAM sebesar 8 GB serta internal storage berkapasitas 128 GB. Satu hal yang perlu diingat, nova 5T tidak punya slot microSD untuk menampung data tambahan.

Bagaimana dengan OPPO Reno2? Untuk medorong performanya, OPPO telah mempercayakan SoC Snapdragon 730G sebagai dapur pacu dari Reno2. Besarn RAM yang disematkan sama, yakni 8 GB. Tetapi, Reno2 punya kapasitas internal storage yang terbilang besar, yakni 256 GB. Selain itu, Reno2 juga masih dilengkapi dengan slot microSD.

Untuk catu daya, Huawei nova 5T telah dibekali baterai berkapasitas 3.750 mAh dan juga menyertakan fitur pengisian cepat alias fast charging 22,5W. OPPO Reno2 jauh lebih besar, yakni 4.000 mAh. Selain itu, OPPO juga menyertakan fitur pengisian cepat lewat teknologi yang dikembangkannya sendiri, yakni VOOC Flash Charge 3.0 20W.

Empat kamera belakang

Baik Huawei nova 5T maupun OPPO Reno2, keduanya sama-sama punya empat kamera (quad-camera) belakang dan lensa utamanya punya resolusi 48 MP. Ya! Kedua pabrikan smartphone asal Cina tersebut juga percaya diri untuk menggunakan sensor IMX586 kepunyaan Sony.

Tiga susunan kamera lainnya yang dimiliki oleh nova 5T memiliki konfigurasi 16 MP sebagai lensa ultra-wide, 2 MP sebagai lensa makro dan 2 MP sebagai lensa kedalaman. Sementara, pada OPPO Reno2 ada 13 MP sebagai lensa ultra-wide, 8 MP sebagai lensa telefoto dan 2 MP lensa portrait.

Bagaimana dengan kamera depannya? Seperti yang sudah disebutkan, nova 5T memuat lensa kamera depan ke dalam punch-hole yang diposisikan sudut kiri atas. Ya! Huawei membenamkan kamera depan dengan resolusi 32 MP. OPPO yang punya desain “Shark Fin Pop-up Camera” hanya membenamkan lensa dengan resolusi 16 MP.

Satu hal yang menarik, baik nova 5T maupun Reno2, keduanya dapat kalian gunakan untuk memotret di malam hari. Ya! Huawei telah membenamkan fitur AIS Super Night Mode. Sementara, OPPO Reno2 telah dibekali fitur Ultra Dark Mode. Tetapi menariknya, untuk kebutuhan video recording, OPPO Reno2 sudah punya fitur Ultra Steady Video.

Lihat juga smartphone 48 MP lainnya:

OPPO A9 2020realme 5 Pro

Perangkat lunak

Tak perlu khawatir, meskipun Huawei masih bermasalah dengan pemerintah Amerika Serikat, Huawei nova 5T sudah datang dengan sistem operasi Android 9 Pie berbaju EMUI 9.1 dan dilengkapi dengan serangkaian aplikasi dari Google. Tak hanya itu, smartphone ini juga datang dengan fitur yang banyak dicari orang, yakni NFC.

OPPO pun juga datang dengan sistem operasi yang sama, yakni Android 9 Pie. Hanya saja, bajunya memakai ColorOS 6. OPPO juga menjanjikan pada bulan Desember tahun ini, Reno2 akan sudah menerima Android 10 dan tentunya dengan antarmuka yang juga baru, yakni ColorOS 7.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP1 week ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer