Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Pertempuran 4 Smartphone Rp1 Jutaan di Awal Tahun 2020

Tak sedkit orang yang masih mencari-cari smartphone seharga Rp1 jutaan. Di awal tahun ini, setidaknya ada empat smartphone yang dibanderol seharga Rp1 jutaan di pasar Indonesia. Keempatnya adalah realme 5i, realme C3, Galaxy A01 dan Redmi 8A Pro.

Updated

Tidak hanya diramaikan dengan perangkat unggulan dan kelas menengah, pasar smartphone di Indonesia juga masih dijejali dengan perangkat yang ditujukan untuk entry-level. Pertempuran di segmen ini pun terbilang menarik di awal tahun 2020 ini karena setidaknya ada tiga pabrikan yang ikut berkompetisi.

Pertama, ada realme yang meluncurkan realme 5i pada bulan Januari dan dilanjutkan dengan peluncuran realme C3 pada bulan Februari. Selain itu, ada juga Samsung yang cukup mengejutkan memboyong Samsung Galaxy A01 ke pasar Indonesia. Terakhir adalah Xiaomi yang baru saja merilis Redmi 8A Pro.

realme 5i (3 GB/32 GB & 4 GB/64 GB)

realme 5i

realme memboyong realme 5i ke pasar Indonesia dengan membawa tagline “Quad Camera Battery Hero”. Smartphone ini juga melengkapi lini realme 5 Series yang sebelumnya sudah melenggang di pasar Indonesia, yakni realme 5, realme 5 Pro dan realme 5s.

Satu hal yang mengejutkan, dibanderol seharga Rp1 jutaan, realme 5i telah dibekali chipset Snapdragon 665. Ini adalah chipset yang juga dipakai oleh Xiaomi dan dimuat ke dalam Redmi Note 8. Snapdragon 665 yang ada pada realme 5i berpasangan dengan RAM 3 GB dan 4 GB serta internal storage 32 GB dan 64 GB.

Sebenarnya, ada varian realme 5i yang lebih tinggi, yakni RAM 4 GB dan internal storage 128 GB. Oleh realme, varian ini dijual dengan harga Rp2 jutaan. Sementara itu, untuk sektor tampilan, smartphone ini punya layar berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+ dan panel layar yang dipakai adalah IPS LCD.

Punya layar IPS LCD, realme memuat fitur pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat. Di bagian belakangnya, realme juga memuat empat buah kamera yang disusun vertikal dan diletakkan di pojok kiri atas. Keempat lensa yang dibenamkan adalah lensa utama 12 MP, lensa ultra-wide 8 MP, lensa makro 2 MP dan lensa bokeh 2 MP.

Bagaimana dengan kamera depannya untuk kebutuhan foto selfie? realme 5i hanya dibekali kemera depan tunggal 8 MP yang dimuat ke dalam poni berbentuk tetesan air. Nah! Untuk catu daya, smartphone ini telah dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur pengisian daya 10W.

Harga Rp1.699.000 (3 GB/32 GB) & Rp1.999.000 (4 GB/64 GB)

realme C3

Disegmen smartphone seharga Rp1 jutaan, realme kembali membuat kejutan dengan memboyong realme C3 pada bulan Februari lalu. Dikatakan oleh realme saat peluncuran realme C3, bahwa smartphone ini datang sebagai penerus realme C2 yang berhasil menarik perhatian pencinta gadget di Indonesia.

Datang sebagai smartphone yang ditujukan untuk memanjakan pengguna entry-level, realme C3 telah dibekali dengan chipset Helio G70 dari MediaTek. Di dalam bodi smartphone ini juga telah ditanam RAM sebesar 3 GB yang berpasangan dengan internal storage 32 GB serta slot microSD yang berdiri sendiri alias dedicated.

Sama seperti realme 5i, realme juga mengemas realme C3 dengan panel layar IPS LCD. Ukuran layarnya adalah 6,5 inci dengan resolusi HD+. Tidak ketinggalan, realme juga melengkapi smartphone ini dengan fitur keamanan pemindai sidik jari yang dimuat di bagian belakang perangkat.

realme 5i datang dengan dukungan tiga kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan. Ketiga kamera yang ada di bagian belakang memliki konfigurasi lensa utama 12 MP yang diapit lensa makro 2 MP dan lensa portrait 2 MP. Sementara, kamera depannya 5 MP yang dilengkapi dengan panoselfie dan AI portrait beautifacation.

Nah! Yang tak kalah menarik dari smartphone yang punya kemampuan tahan cipratan air ini adalah dukungan catu dayanya. realme C3 oleh realme telah dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dan smartphone ini pun bisa dijadikan sebagai powerbank untuk mengisi baterai smartphone lain.

Harga: Rp1.549.000 (3 GB/32 GB)

Samsung Galaxy A01

Tidak mau ketinggalan untuk ikut meramaikan pasar smartphone Rp1 jutaan, Samsung di awal tahun ini telah merilis Samsung Galaxy A01. Masuk resmi ke pasar Indonesia di akhir Februari, Samsung memang sepertinya tidak mau gembar-gembor untuk menghadirkan Galaxy A01.

Berbicara mengenai dukungan chipset yang disematkan, Galaxy A01 telah dibekali SoC Snapdragon 439 dengan GPU Adreno 505, sama seperti yang ada di dalam tubuh Redmi 8. Sementara itu, untuk memori, smartphone ini punya RAM sebesar 2 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 16 GB. Galaxy A01 punya baterai 3.000 mAh.

Smartphone yang berjalan dengan antarmuka One UI 2.0 berbasis Android 10 ini telah dibekalai dengan dua kamera di bagian belakang. Konfigurasinya adalah lensa utama 13 MP dengan aperture f/2.2 dan lensa kedalaman 2 MP dengan aperture f/2.4. Sementara, di bagian depan ada lensa 5 MP untuk foto selfie.

Untuk urusan tampilan, Samsung meramu Galaxy A01 ini dengan layar PLS TFT berukuran 5,7 inci. Resolusinya adalah 720 x 1.520 piksel dengan aspek rasio 19:9. Cangkang belakang smartphone ini juga terbuat dari plastik polikarbonat dan tidak punya sensor pemindai sidik jari.

Harga: Rp1.499.000 (2 GB/16 GB)

Redmi 8A Pro

Amunisi terbaru dari Xiaomi untuk bertempur di pasar smartphone Rp1 jutaan di Indonesia adalah Redmi 8A Pro yang diperkenalkan di awal April ini. Xiaomi juga mengatakan bahwa smartphone ini hadir untuk melengkapi Redmi 8 dan Redmi 8A yang sudah diperkenalkan di Indonesia pada akhir tahun lalu.

Redmi 8A Pro datang dengan sejumlah peningkatan spesifikasi. Kini, smartphone tersebut punya dukungan dua kamera di bagian belakang. Lensa utamanya adalah 13 MP dengan aperture f/2.2 yang ditemani lensa bokeh 2 MP dengan aperture f/2.0.

Tidak ketinggalan, kedua kamera belakang yang disematkan juga sudah dibekali serangkaian fitur menarik, seperti AI Scene Detections, AI Portrait, AI Beautify, mode HDR. Selain itu, Xiaomi juga memperkaya smartphone entry-level barunya ini dengan kemampuan pemndai gambar via Google Lens.

Untuk tampilan bagian depan, Redmi 8A Pro punya layar berukuran 6,22 inci dengan resolusi HD+. Sekilas, tampangnya mirip dengan dengan Redmi 8A dan bagian atas layrnya masih dihasi poni waterdrop yang memuat lensa kamera depan dengan sensor 8 MP.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Xiaomi mempercayakan Snapdragon 439 untuk chipsetnya. Di dalamnya juga terpasang RAM hingga 3 GB yang dipasangkan dengan internal storage berkapasitas 32 GB. Sama seperti suadaranya, Redmi 8 dan Redmi 8A, Redmi 8A Pro juga ditopang baterai 5.000 mAh dengan pengsian cepat 18W.

Harga: Rp1.599.000 (2 GB/32 GB) & Rp1.699.000 (3 GB/32 GB)

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 20 Pro

Amunisi terbaru dari realme untuk memanjakan para realme Fans yang gemar bermain game mobile, realme telah meluncurkan realme narzo 20...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 months ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer