Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Nokia 6 vs Nokia 5 vs Nokia 3, Apa Bedanya?

Updated
harga nokia 5

Tahun 2017 mutlak menjadi tahun kebangkitan bagi Nokia. Lantaran mereka berhasil merilis tiga smartphone sekaligus. Diawali dengan rilisnya Nokia 6 pada awal bulan Januari, disusul dengan rilisnya Nokia 5 serta Nokia 3 pada MWC beberapa minggu yang lalu. Belum lagi ada Nokia 3310, si ponsel legendaris.

Melihat spesifikasi yang dibawa, tiga smartphone Android Nokia tidak dapat disebut smartphone flagship seperti Huawei P10 atau pun LG G6. Mungkin saja Nokia ingin bersaing pada segmen kelas menengah. Lantas apa saja perbedaan Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3? Anda akan mengetahuinya setelah menyimak ulasan berikut ini.

Desain dan material

Di antara ketiga smartphone ini, Nokia 6 lah yang memiliki dimensi paling besar. Diketahui Nokia 6 memiliki ukuran dimensi 154 x 75,8 x 8,4 mm, sementara Nokia 5 diurutan kedua dengan dimensi 149,7 x 72,5 x 8,55 mm, dan Nokia 3 memilik dimensi hanya 143,4 x 71,4 x 8,48 mm.

Untuk urusan material, Nokia 6 dan Nokia 5 sama-sama menggunakan bahan full-metal, sedangkan Nokia 3 menggunakan metal hanya di bagian depan saja sementara bahan polycarbonate untuk bagian belakang. Kesimpulannya, Nokia 6 dan Nokia 5 terlihat lebih primum dan berkelas ketimbang Nokia 3 yang terlihat sedikit ringkih. Walau sebenarnya itu tergantung dari selera pembeli.

Tampilan

Selanjutnya kita akan membahas pada sisi tampilan ketiga smartphone ini. Melihat dimensi yang dihadirkan sudah jelas Nokia 6 memiliki ukuran layar yang paling besar dan Nokia 3 yang paling kecil. Nokia 6 datang dengan layar berukuran 5,5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan kerapatan layar 403 ppi.

Sementara Nokia 5 memiliki layar 5,2 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel dengan kerapatan layar 282 ppi dan Nokia 3 menggunakan layar berukuran 5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel dengan kerapatan layar 284 ppi.

Kesemuanya mengunakan layar IPS LCD yang terkenal dengan kecerahannya. Meski begitu, hanya Nokia 6 yang sudah menggunakan resolusi layar Full HD. Sedangkan Nokia 5 dan Nokia 3 masih menggunakan resolusi HD.

Hardware

Pada sisi hardware, Nokia 6 dan Nokia 5 terlihat mirip karena sama-sama menggunakan processor Snapdragon 430. Namun, Nokia 6 memiliki RAM yang lebih besar yakni 3 GB atau 4 GB serta penyimpanan internal 32 GB dan 64 GB. Sedangkan Nokia 5 hanya memiliki RAM 2 GB dan memori internal 16 GB.

Berbeda dengan Nokia 6 dan Nokia 5, Nokia 3 hadir mengusung prosesor MediaTek 6737 dengan RAM 2 GB serta memori internal 16 GB. Di atas kertas Snapdragon 430 jauh lebih ngebut dibanding MediaTek 6737. Satu lagi, Nokia 6 dan Nokia 5 memiliki pemindai sidik jari. Sedangkan Nokia 3 tidak memilikinya. Sangat disayangkan untuk smartphone yang lahir tahun 2017.

Software

Pada bagian software, kami akui tidak ada perbedaan di antara ketiga smartphone ini. Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 sama-sama menggunakan OS Android terbaru Nougat 7.1. Selain itu, pihak Nokia menyatakan bahwa tidak ada bloatware pada sistem UI yang mereka kembangkan.

Kamera

Nokia 6 hadir dengan kamera belakang 16 MP dengan aperture f/2.0 plus fitur PDAF dan dual-tone LED flash. Begitu pula dengan Nokia 5 hadir dengan dual-tone LED flash, namun kalah pada besaran sensor kameranya yang hanya 13 MP dengan aperture f/2.0. Sementara Nokia 3 menggunakan kamera belakang 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0 plus LED flash.

Sedangkan untuk kamera selfie, ketiganya sama-sama menggunakan kamera beresolusi 8 MP yang menawarkan autofocus serta memiliki lensa wide-angle untuk menangkap foto narsis Anda. Ada pula fitur beautify sederhana untuk mempercantik wajah.

Harga

Melihat spesifikasi yang dihadirkan, jelas Nokia 6 memiliki harga paling mahal. Smartphone ini dibanderol dengan harga retai Rp3,1 jutaan. Nokia 5 yang berada di tengah-tengah dibanderol dengan harga Rp2,7 jutaan. Sedangkan Nokia 3 dengan spesifikasi paling rendah ditawarkan seharga Rp1,9 juta.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer