Harga dan Spesifikasi Nokia 6

Now Reading
Harga dan Spesifikasi Nokia 6

Spesifikasi
Harga

Rp3,1 jutaan

Bodi

154 mm x 75.8 mm x 8.4 mm, 169 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1.4 GHz

GPU

Adreno 505

RAM

4 GB

Storage

64 GB, microSD up to 256 GB

Layar

IPS 5.5 inci (1.920 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 3

Kamera

16 MP & 8 MP

Baterai

3.000 mAh (fast charging)

Sistem Operasi

Android 7.0 Nougat

Jaringan

Dual-SIM 4G LTE

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass

Lainnya

Fast charging

Meski awalnya HMD Global dikabarkan akan memperkenalkan Nokia D1C dan E1 pada ajang MWC 2017, ternyata secara mengejutkan perusahaan satu ini malah meluncurkan smartphone Nokia bersistem operasi Android perdananya di Cina. Smartphone ini dinamai Nokia 6. Bahkan smartphone yang satu ini baru dijual secara eksklusif di Cina melalui toko online populer JD.com.

Bodi elegan dan kokoh

Sebagai debut pertamanya di Cina sekaligus di dunia, HMD Global merancang Nokia 6 dengan desain yang tidak sembarangan. Mereka membuat bodi Nokia 6 menggunakan solid block yang berasal dari bahan logam Aluminium seri 6000 yang kuat dan kokoh. Selain itu, proses penempaan setiap satu unit Nokia 6 ini membutuhkan waktu sekitar 55 menit. Karenanya tak heran jika desainnya terlihat elegan.

Kamera 16 MP dan 8 MP

Nokia dikenal sebagai produsen ponsel yang memerhatikan sektor kamera. Nokia 6 sendiri telah dilengkapi dengan kamera beresolusi 16 MP yang dibekali aperture f/2.0, Phase Detection Autofocus, dan dual-tone LED flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi yang tergolong besar, yakni 8 MP dengan aperture f/2.0 yang dapat mengakomodasi foto selfie dan wefie dengan optimal.

Fingerprint yang cepat

Dalam rangka mengikuti tren yang sedang populer saat ini, HMD Global menyematkan sensor fingerprint. Sensor ini diletakkan menyatu dengan tombol home yang memudahkan penggunanya dalam membuka kunci smartphone, mengaktifkan aplikasi, dan menjalankan beberapa fungsi dengan cepat hanya menempelkan jarinya pada tombol home.

RAM 4 GB dan storage 64 GB

Dalam kemunculan perdananya, HMD Global mencoba memasukkan hardware yang menarik pada Nokia 6. Hal ini terlihat dengan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Meskipun prosesornya bukan kelas atas, namun berkat kombinasinya dengan hardware lain, membuatnya memiliki kinerja mumpuni untuk kebutuhan komunikasi dan media sosial harian.

Penggunaan prosesor kelas entry ini pun dinilai wajar, mengingat Nokia 6 adalah debut penanda kembalinya Nokia di industri smartphone tahun ini. Nantinya pun Nokia bakal menghadirkan smartphone Android lainnya yang tentunya bakal dibekali dengan hardware lebih canggih serta teknologi lebih kekinian.

Android 7.0 Nougat

Perangkat yang satu ini telah dibekali dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Hal ini sangat menarik karena diawal kemunculannya, smartphone Android Nokia telah menggunakan sistem operasi yang bisa dibilang masih baru diluncurkan. Beberapa fitur keren yang hadir pada Android 7.0 Nougat terdiri dari multiwindows yang memungkinkan dua aplikasi dapat dijalankan secara bersama pada satu layar, 1.500 emoji baru, peningkatan daya tahan baterai dengan Doze, dan masih banyak lagi.

Layar IPS Full HD

Layar sentuhnya memiliki lebar 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan berteknologi IPS. Dengan hadirnya teknologi ini memungkinkan penggunanya dapat melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat. Sementara itu, HMD Global juga menyematkan lapisan kaca antigores Corning Gorilla 3 untuk meminimalisir terjadinya lecet pada permukaan layar Nokia 6.

Harga Nokia 6

Tak ketinggalan, dukungan dua slot kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, USB On-the-Go, jack audio 3,5mm, audio Dolby ATMOS, dan baterai 3.000 mAh dengan fitur fast charging telah hadir dalam Nokia 6. Sebagai awalan, Nokia 6 akan dijual secara eksklusif di Cina dengan harga yang mencapai 1.699 Yuan atau sekitar Rp3,1 jutaan, dan juga ke negara lainnya.

Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
62%
Mau
24%
Biasa Aja
8%
Payah!
5%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna iPhone 6 dan Xiaomi Redmi 3 Pro. Senang dengan dunia web dan teknologi, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.
16 Comments
Leave a response

Leave a Response