Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Duel Ponsel Rp1 Jutaan, Pilih realme C3 atau Redmi 8?

realme pada bulan Februari ini telah meluncurkan smartphone entry-level terbaru, realme C3. Jauh sebelum itu, Redmi juga telah meluncurkan Redm 8 di pasar Indonesia. Ya! Dijual seharga Rp1 jutaan, mana yang kalian ingin pinang?

Updated

realme di pasar Indonesia kembali membuat kejutan dengan memperkenalkan smartphone entry-level terbarunya, realme C3. Ya! Penerus realme C2 ini hadir di pasar Indonesia dibanderol dengan harga Rp1 jutaan dan sudah dibekali chipset Helio G70.

Nah! Jika berbicara smartphone yang dibanderol seharga Rp1 jutaan, Redmi juga tak kalah mengejutkan dengan memperkenalkan Redmi 8. Ya! Redmi yang berada di bawah payung Xiaomi memperkenalkan Redmi 8 pada awal bulan Desember 2019.

realme C3 dijual seharga Rp1 jutaan, begitu juga Redmi 8. Nah! Dari kedua smartphone entry-level ini, mana yang ingin kalian pinang? Jika bingung, ada baiknya kalian membaca artikel ini. Ya! Kali ini DroidLime akan mengulas beberapa daya tarik dari kedua smartphone tersebut, hingga ditutup dengan harga yang ditawarkan.

Helio G70 vs Snapdragon 439

Berbicara dapur pacu, realme C3 datang dengan SoC Helio G70 yang digarap oleh MediaTek. Ya! Bisa dibilang, inilah smartphone pertama di Indonesia yang datang dengan chipset Helio G70. Sementara, Redmi 8 dibekali dengan chipset Snapdragon 439. Meskipun begitu, baik Helio G70 maupun Snapdragon 439, keduanya punya fabrikasi 12 nm.

Baik realme C3, maupun Redmi 8, masing-masing punya dukungan CPU yang sama, yakni Octa-core. Hanya saja, CPU yang ada pada Helio G70 memiliki konfigurasi 2 x Cortex-A75 2.0 GHz + 6 x Cortex-A55 1.7 GHz. Sementara, konfigurasi CPU yang ada pada Snapdragon 439 adalah 4 x Cortex-A53 1.95 GHz + 4 x Cortex-A53 1.45 GHz.

Bagiamana dengan dukungan GPU-nya? realme C3 dibekali GPU Mali-G52 2EEMC2, sementara Redmi 8 dibekali dengan GPU Adreno 505. Nah! Untuk catu daya, baik realme C3 maupun Redmi 8, keduanya masing-masing dibekali baterai 5.000 mAh. Namun, realme C3 punya fitur Reverse Charging, sedangkan Redmi dibekali fast charging 18W.

realme C3 datang dengan dukungan RAM sebesar 3 GB yang dipadukan dengan internal storage 32 GB. Sementara, Redmi 8 selain punya konfigurasi RAM 3 GB + ROM 32 GB, smartphone ini juga hadir dengan varian RAM sebesar 4 GB yang dipasangkan dengan ROM 64 GB.

Tiga kamera vs dua kamera

realme C3 yang datang ke pasar Indonesia boleh lebih dibanggakan. Bagaimana tidak! Ditujukan untuk pengguna smartphone entry-level, realme C3 telah dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang. Sementara, Redmi 8 harus puas dengan dukungan dua kamera di bagian belakang.

Tiga kamera belakang yang ada pada realme C3 memiliki susunan lensa makro 2 MP yang berpasangan dengan lensa utama (wide-angle) 12 MP dan lensa portrait 2 MP dengan aperture f/2.4. Sedangkan Redmi 8 punya dual-camera belakang yang memiliki konfigurasi 12 MP + 2 MP.

Bagimana dengan kamera depan untuk kebutuhan foto selfie atau video call? realme C3 dibekali dengan kamera depan 5 MP yang punya aperture f/2.4. Sementara, Redmi 8 dibekali dengan kamera depan yang memiliki sensor 8 MP dan aperture alias bukaan lensa f/2.0.

IPS LCD 6,5 inci vs 6,22 inci

Nah! Lagi dan lagi, realme C3 kembali unggul dibandingkan dengan Redmi 8 di sektor layar. Ya! Sama-sama menggunakan panel layar IPS LCD, realme C3 punya ukuran layar jauh lebih lebar. realme C3 memiliki layar berukuran 6,5 inci, sementara Redmi 8 ukuran layarnya hanya 6,22 inci.

Meski sama-sama memiliki resolusi HD+, kedua layar smartphone ini punya aspek rasio berbeda. Ya! realme C3 punya aspek rasio 20:9, sementara Redmi 8 hanya punya aspek rasio 19:9. Baik realme C3 maupun Redmi 8, keduanya juga dipercantik dengan poni tetesan air di bagian atas layarnya.

Sementara itu, untuk melindungi layarnya, realme C3 telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Redmi 8 dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Nah! Untuk bagian belakangnya, kedua smartphone ini datang dengan panel plastik polikarbonat. Hanya saja, realme C3 dipercantik dengan Sunrise Design yang tidak meninggalkan sidik jari.

Datang sebagai perangkat yang ditujukan untuk pengguna entry-level, kedua smartphone ini juga disokong dengan fitur pembaca sidik jari. Ya! Baik realme maupun Redmi, keduanya menempatkan fitur keamanan biometrik tersebut di bagian belakang perangkat.

Harga realme C3 dan Redmi 8

Ditawarkan secara flash sale mulai tanggal 25 Februari, realme C3 dibanderol dengan harga Rp1.549.000. Ya! Saat diperkenalkan, smartphone ini dtawarkan dengan harga normal Rp1.699.000 dengan RAM 3 GB + ROM 32 GB. Program flash sale-nya akan digelar lewat e-commerce Lazada, Akulaku dan tentunya realme.com/id.

Sementara, Redmi 8 yang sudah diperkenalkan sejak awal bulan Desember tahun lalu, di pasar Indonesia dijual dengan harga Rp1.699.000 untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB. Sementara, untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB ditawarkan dengan harga Rp1.799.000.

realme C3 punya dua pilihan warna, yakni Frozen Blue dan Blazing Red. Sementara, Redmi 8 datang dengan pilihan warna Onyx Black, Ruby Red dan Sapphire Blue. Baik realme C3 maupun Redmi 8, keduanya punya kemampuan Splash Resistant alias tahan cipratan air.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4

OPPO kembali menggebrak pasar smartphone kelas menengah di Indonesia dengan meluncurkan OPPO Reno4. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 720G dibanderol...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer