Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Fitur

Duel HP Resmi Snapdragon 855, ZenFone 6 vs Reno 10x Zoom

OPPO boleh bangga pernah merilis OPPO Reno 10x Zoom yang ditenagai Snapdragon 855 di pasar Indonesia. Nah! Menjelang akhir tahun ini, ASUS membuat gebrakan di Indonesia dengan merilis ASUS ZenFone 6.

Updated

Bisa dibilang, OPPO adalah pabrikan smartphone global pertama yang memboyong perangkatnya dengan chipset Snapdragon 855 ke Indonesia. Smartphone tersebut adalah OPPO Reno 10x Zoom. Ya! Punya dukungan chipset papan atas buatan Qualcomm, tentu saja smartphone ini begitu piawai melahap semua aplikasi berat yang dijalankan.

Seperti yang sudah kita tahu bersama, OPPO Reno 10x Zoom tiba di Indonesia pada bulan Juni 2019. Setelah itu, tidak ada lagi smartphone unggulan yang datang dengan Snapdragon 855, hingga akhirnya ASUS memboyong ASUS ZenFone 6 ke Indonesia pada pertengahan bulan November 2019.

Ya! ASUS ZenFone 6 juga sudah ditenagai Snapdragon 855. Namun, jika kalian tertarik untuk membeli salah satu dari kedua smartphone tersebut, mana yang akan kalian pilih? Jika bingung, mari kita ulas kedua smartphone tersebut, mulai dari desain, dukungan hardware dan tentu saja dukungan kamera yang disematkan.

Layar dan dan desain

OPPO Reno 10x Zoom datang dengan dimensi berukuran 162 x 77,2 x 9,3 mm dan bobotnya seberat 210 gram. Sementara, ASUS ZenFone 6 memiliki dimensi berukuran 159,1 x 75,4 x 9,2 mm dengan bobot seberat 190 gram. Ya! Bisa dibilang ASUS ZenFone 6 memiliki bodi sedikit lebih kecil ketimbang OPPO Reno 10x Zoom.

Nah! Untuk panel layarnya, OPPO Reno 10x Zoom sudah AMOLED dengan ukuran 6,6 inci. Sementara, ZenFone 6 menggunakan panel IPS LCD dengan ukuran layar 6,4 inci. Keduanya memiliki resolusi yang sama, yakni sudah FullHD+ dan layarnya juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 6.

Karena OPPO Reno 10x Zoom datang dengan layar AMOLED, mereka telah menyelipkan sensor pemindai sidik jari di dalam layar. Sedangkan ASUS menyematkan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkatnya. Ya! Keduanya juga datang dengan layar bebas notch dan punch hole.

Persamaan lainnya, kedua smartphone ini juga memiliki bodi bagian belakang yang telah dilapisi kaca anti gores. Ya! Baik OPPO Reno 10x Zoom maupun ZenFone 6, bodi bagian belakangnya sudah diproteksi dengan Corning Gorilla. Sementara, bingkai smartphone ini terbuat dari material alumunium yang kokoh.

ASUS ROG Phone 2Black Shark 2 Pro

Hardware

Seperti yang telah disinggung di atas, OPPO Reno 10x Zoom dan ASUS ZenFone 6, sama-sama dipacu dengan chipset papan atas milik Qualcomm, yakni Snapdragon 855. Lalu, bagaimana dengan dukungan hardware lainnya, seperti RAM, internal storage dan baterai yang dibenamkan?

Nah! Chipset Snapdragon 855 yang ada di dalam Reno 10x Zoom ditemani RAM sebesar 8 GB dan internal storage berkapasitas 256 GB. Tak perlu cemas, smartphone unggulan milik OPPO ini juga datang dengan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 256 GB.

Sementara, ASUS ZenFone 6 yang dpasarkan di Indonesia datang dengan RAM sebesar 6 GB dan internal storage berkapasitas 128 GB. Nah! Sama seperti Reno 10x Zoom, ZenFone 6 juga masih dibekali dengan slot microSD untuk menampung data tambahan. Hanya saja, kapasitasnya bisa mencapai 1 TB.

Baterai adalah salah satu hardware terpenting yang ada di dalam sebuah smartphone. Untuk hal ini, OPPO Reno 10x Zoom datang dengan baterai berkapasitas 4.065 mAh. Smartphone ini juga sudah mendukung fitur pengisian cepat alias fast charging 20W (VOOC Flash Charge).

Sedangkan ZenFone 6 punya baterai sedikit lebih besar, yakni 5.000 mAh. Ada juga dukungan fast charging 18W (Quick Charge 4.0). Namun satu hal yang menarik, ASUS juga melengkapi smartphone unggulannya ini dengan fitur reverse charging 10W sehingga ASUS ZenFone 6 bisa menjadi “powerbank” untuk smartphone lainnya.

realme X2 ProRedmi Note 8 Pro

Kamera

Sudah barang tentu, dukungan kamera yang ada pada sebuah smartphone juga menjadi daya tarik tersendiri. Nah! Berbicara mengenai hal ini, OPPO Reno 10x Zoom sudah dipersenjatai dengan tiga kamera belakang. Sementara, pada bagian depannya, ada satu kamera dengan desain pop-up seperti sirip hiu.

Berbeda dengan OPPO Reno 10x Zoom, ASUS ZenFone 6 datang dengan dua kamera. Uniknya, kamera yang ada pada ZenFone 6 dapat berputar hingga 180 derajat. Ya! Datang dengan desain Flip Camera, kamera tersebut dapat berfungsi ganda, yakni sebagai kamera belakang dan juga sebagai kamera depan.

Konfigurasi tiga kamera belakang yang ada pada OPPO Reno 10x Zoom adalah 48 MP sebagai lensa utama yang ditemani Periscope 13 MP sebagai lensa telefoto yang dukung 5x optical zoom dan OIS. Terakhir, 8 MP sebagai lensa ultra-wide. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0.

Sementara, dua kamera yang ada pada ASUS ZenFone 6, masing-masing memiliki resolusi 48 MP dengan aperture f/1.8 dan 13 MP sebagai lensa ultra-wide. ASUS juga turut menyelipkan Dual LED flash yang ditempatkan di antara kedua kamera yang disematkan.

Harga OPPO Reno 10x Zoom dan ASUS ZenFone 6

Disokong dengan hardware yang keren dan punya serangkaian fitur yang ciamik, memang pantas jika OPPO Reno 10x Zoom dan ASUS ZenFone 6 ditempatkan sebagai smartphone flagship. Sudah barang tentu, datang sebagai smartphone falgship alias unggulan, harganya juga tidak bisa dibilang murah.

Nah! Buat kalian yang kepincut dengan OPPO Reno 10x Zoom, smartphone ini sekarang dibanderol dengan harga Rp10.499.000. Sedangkan bagi kalian yang tertarik untuk membeli ASUS ZenFone 6, smartphone ini masih “fresh from the oven”, dibanderol seharga Rp6.999.000.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer