Connect with us
ROGP2
Fitur

Dua Jagoan Akhir Tahun, Huawei Mate 30 Pro vs ASUS ZenFone 6

Dua smartphone flagship terbaru akhirnya melantai resmi di pasar Indonesia. Keduanya adalah Huawei Mate 30 Pro dan ASUS ZenFone 6. Datang sebagai “dua jagoan” di akhir tahun 2019, mana yang kalian ingin pinang?

Updated

Huawei sudah secara resmi mengumumkan kehadiran smartphone flagship terbarunya, Huawei Mate 30 Pro di Indonesia. Ya! Datang sebagai smartphone yang ditujukan untuk konsumen kelas atas, smartphone ini dibanderol secara pre-order dengan harga Rp12.499.000.

Huawei tidak sendirian memboyong flagship terbarunya ke Indonesia. Ada juga ASUS yang memboyong ASUS ZenFone 6. Ya! ASUS ZenFone 6 ini pun disodorkan untuk mereka penyuka smartphone flagship, karena ditenagai chipset Snapdragon 855 dan dibanderol dengan harga Rp6.999.000.

Harus diakui, sama-sama datang sebagai smartphone unggulan, keduanya memiliki perbedaan harga yang signifikan. Jadi, bagi kalian penggemar smartphone flagship, ingin meminang yang mana? Kalian tak perlu bingung, mari kita ulas kedua smartphone tersebut.

Kirin 990 vs Snapdragon 855

Seperti yang sudah kita tahu bersama, Huawei membekali Mate 30 Pro dengan chipset Kirin 990 yang punya fabrikasi 7nm+. Sementara, ASUS yang kita kenal piawai dalam meracik laptop, membekali ASUS ZenFone 6 dengan chipset Snapdragon 855, bukan Snapdragon 855+.

Kirin 990 yang ada di dalam tubuh Mate 30 Pro memiliki CPU Octa-core dengan konfigurasi dua inti Cortex-A76 2,86 GHz ditambah dua inti Cortex-A76 2,09 GHz dan empat inti Cortex-A55 1,86 GHz. Selain itu, chipset ini juga sudah terintegrasi dengan GPU Mali-G76 MP16.

Sedangkan Snapdragon 855 yang ada di dalam ZenFone 6 juga memiliki CPU Octa-core. Hanya saja konfigurasi adalah satu inti Kryo 485 2,84 GHz yang dipadukan dengan tiga inti Kryo 485 2,42 GHz dan empat inti Kyro 485 1,78 GHz. Chipset ini terintegrasi dengan GPU Adreno 640 untuk mendongkrak kinerja grafisnya.

Bagaiaman dengan dukungan memorinya? Huawei Mate 30 Pro yang masuk ke Indonesia datang dengan RAM sebesar 8 GB yang dipadukan internal storage berkapasitas 256 GB. Huawei juga masih menyelipkan slot untuk menampung NM (Nano Memory) hingga 256 GB yang berbagi wadah dengan kartu SIM.

Nah! ASUS ZenFone 6 yang datang ke Indonesia ditawarkan dengan RAM sebesar 6 GB dan internal storage berkapasitas 128 GB. Bagi kalian yang ingin memperluas kapasitas penyimpanan data, ASUS masih menyertakan slot microSD dedicated yang mampu menampung data tambahan hingga 1 TB.

Baterai 4.500 mAh vs 5.000 mAh

Baik Huawei Mate 30 Pro maupun ASUS ZenFone 6, keduanya telah dibekali catu daya berkapasitas besar alias baterai jumbo. Ya! Mate 30 Pro datang dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh, sedangkan ASUS ZenFone 6 punya baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Datang dengan baterai berkapasitas besar, keduanya juga sudah dibekali fitur yang menarik. Baterai yang ada pada Mate 30 Pro telah dibekali fast charging 40W, sementara ZenFone 6 punya fast charging 18W (Quick Charge 4.0). Namun, Huawei sedikit lebih unggul karena punya fitur fast wireless charging 27W.

Satu hal yang tak bisa dilupakan, keduanya sudah dilengkapi fitur reverse charging. Ya! Kedua smartphone ini bisa dijadikan sebagai “powerbank” untuk mengisi daya smartphone lainnya. Tak ketinggalan, Huawei juga menyisipkan fitur reverse wireless charging, sehingga bisa mengisi daya perangkat lainnya secara nirkabel.

Empat kamera vs dua kamera

Datang sebagai smartphone unggulan, tentu saja yang juga patut kalian ketahui adalah dukungan kamera yang disematkan ke dalam kedua smartphone ini. Huawei Mate 30 Pro datang dengan empat kamera belakang. Sementara, ASUS hanya dibekali dua kamera dengan desain Flip Camera alias kamera yang dapat berputar hingga 180 derajat.

Konfigurasi empat kamera belakang yang ada pada tubuh Huawei Mate 30 Pro adalah 40 MP dengan aperture f/1.6 yang berfungsi sebagai kamera utama, 8 MP dengan aperture f/2.4 sebagai lensa telefoto, 40 MP dengan aperture f/1.8 sebagai lensa ultra-wide dan lensa 3D ToF.

Bagaimana dengan konfigurasi dua kamera yang dimiliki oleh ZenFone 6? Ya! ASUS melengkapi smartphone flagship buatannya ini dengan kamera utama 48 MP yang memakai sensor Sony IMX586. Sementara, kamera satunya lagi adalah lensa ultra-wide dengan resolusi 13 MP.

Mengusung desain Flip Camera, dua kamera yang dimiliki oleh ASUS ZenFone 6 tidak hanya berfungsi sebagai kamera utama, tetapi juga punya fungsi sebagai kamera depan alias selfie-camera. Ya! ASUS merancang dua kamera dalam satu modul ini bisa berputar hingga 180 derajat.

Sedangkan Mate 30 Pro dibuat oleh Huawei masih membawa dukungan kamera depan. Ya! Untuk kebutuhan foto selfie dan vdeo call, Huawei menyematkan kamera depan 32 MP dengan dukungan aperture f/2.0. Tidak ketinggalan, Huawei juga menyisipkan lensa 3D ToF di bagian depan.

Empat kamera yang ada pada Mate 30 Pro juga dilengkapi dengan dual-LED dual-tone flash. Tidak ketinggalan, kamera yang ada pada smartphone ini masih diramu secara khusus oleh Huawei yang bermitra dengan Leica. Sementara, ZenFone 6 hanya menyodorkan dual-LED flash yang ditempatkan disela-sela dua kamera yang ada.

Lihat juga:

ASUS ROG Phone 2 Black Shark 2 Pro

Layar dan desain

Berbicara mengenai layar, Mate 30 Pro datang dengan layar OLED berukuran 6,53 inci dan punya resolusi 1176 x 2400 piksel. Sementara, ASUS ZenFone 6 masih percaya diri dengan panel IPS LCD yang memiliki ukuran 6,4 inci dengan resolusi FullHD+ alias 1.080 piksel.

Mate 30 Pro punya aspek rasio 18,5:9, sementara ZenFone 6 Pro 19.5:9. Meski begitu, kedua layar smartphone ini sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 6. Baik Huawei maupun ASUS juga melengkapi smartphone buatannya itu dengan layar yang mendukung DCI-P3 dan HDR10.

Namun, daya tarik dari Mate 30 Pro, smartphone ini punya layar yang melengkung di sudut 88 derajat di sisi kanan dan kirinya. Ya! Huawei menyebutnya sebagai Horizon Display. Sedangkan ZenFone 6 yang tidak punya kamera depan, menawarkan layar yang begitu luas dan bezel tipis (NanoEdge) dengan rasio screen-to-body mencapai 92%.

Karena ada perbedaan panel layar yang digunakan, kedua smartphone ini juga memiliki teknologi pemindai sidik jari yang berbeda. Huawei Mate 30 Pro datang dengan pemindai sidik jari di bawah layar, sementara ZenFone 6 dibekali dengan pemindai sidik konvensional yang ada di bagian belakang perangkat. 

Panel belakang kedua smartphone ini juga sudah dibalut dengan kaca anti gores yang diproteksi dengan Gorilla Glass dari Corning. Satu hal yang juga terlihat berbeda, Huawei menempatkan empat kamera belakang ke dalam satu modul berbentuk lingkaran yang terlihat begitu mencolok.

Harga dan ketersediaan

Seperti yang sudah diinformasikan, Huawei Mate 30 Pro ditawarkan perdana secara pre-order dengan harga Rp12.499.000. Bagi kalian yang tertarik untuk melakukan pre-order, bisa langsung datang ke Huawei Experience Store atau beberapa toko yang sudah ditunjuk mulai tanggal 15 November 2019.

Sementara ASUS ZenFone 6 dengan harga yang sangat mengejutkan, yakni hanya Rp6.999.000. Smartphone ini pun sudah bisa kalian beli secara langsung mulai tanggal 15 November 2019 melalui toko offline di Erafone atau membeli secara online di ASUS Official Store di Eraspace.com atau Tokopedia.com.

ROGP2
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo S1 Pro

vivo telah mengumumkan vivo S1 Pro dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp3,9 juta. Ya! Ini adalah penerus dari vivo...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 5s

realme membuat kejutan dengan mengahdirkan realme 5s. Dibanderol dengan harga mulai dari 1.9 juta, smartphone ini datang dengan spesifikasi chipset...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo S5

vvo baru saja merilis smartphone kelas menengah terbarunya. Ya! Smartphone tersebut datang dengan nama vivo S5 yang disokong dengan Snapdragon...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y12

Meramaikan pasar spesifikasi smartphone yang ditujukan untuk konsumen entry-level, vivo punya vivo Y12 dengan harga Rp1,8 jutaan. Smartphone ini datang...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Y9s

Huawei secara resmi telah memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, Huawei Y9s. Smartphone ini datang ditenagai chipset Kirin 710F dan punya kamera...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Xaomi Redmi Note 8T

Redmi Note 8T secara resmi telah diperkenalkan oleh Xiaomi. Dijual dengan harga mulai dari Rp2.8 juta, smartphone ini identik dengan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10

Xiaomi Mi Note 10 adalah smartphone versi global dari Mi CC9 Pro yang hanya dijual di Cina. Dengan harga mulai...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi CC9 Pro

Mi CC9 Pro sudah secara resmi diperkenalkan oleh Xiaomi. Smartphone ini datang dengan dukungan lima kamera belakang 108 MP dan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!