Connect with us
ROG 5
Fitur

7 Masalah yang Terjadi pada Samsung Galaxy S8

Updated

Tak ada produk yang sempurna di dunia ini. Mungkin kata itulah yang cocok untuk menggambarkan smartphone flagship teranyar buatan Samsung. Walau dibuat dengan teknologi canggih plus beragam fitur keren, nyatanya tak membuat Samsung Galaxy S8 terhindar dari masalah.

Bahkan tak sedikit pengguna melaporkan keluhannya melalui berbagai forum. Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini adalah tujuh masalah yang sejauh ini terjadi pada Samsung Galaxy S8 dan S8+ beserta cara mengatasinya.

Layar kemerahan

Semenjak resmi dijual di Indonesia pada tanggal 2 Mei lalu, pengguna dikagetkan dengan fenomena layar merah pada Samsung Galaxy S8. Ternyata, masalah ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, pengguna dari belahan dunia lain juga mengalami hal yang sama.

Mendengar persoalan tersebut, pihak Samsung menjelaskan bahwa layar kemerahan bukanlah sebuah kerusakan atau kecacatan produk, melainkan berasal dari software Samsung Galaxy S8. Jadi untuk menangani masalah ini, Samsung akan memberikan update software.

WiFi bermasalah

Tak hanya layar yang kemerahan, beberapa pengguna Samsung Galaxy S8 juga mengalami masalah pada WiFi putus-nyambung. Terdengar fatal memang, mengingat WiFi adalah salah satu fitur yang sering digunakan. iPhone 6 pun pernah mengalami hal ini.

Dan lagi-lagi, masalah ini terjadi karena software Samsung Galaxy S8, bukan hardware-nya. Masalah ini dapat diatasi dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Backup dan pilih Reset Network Settings. Namun jika WiFi masih bermasalah juga, pengguna harus meng-update software terbaru.

Wireless charging tidak bekerja

Ini bukan pertama kalinya Samsung menciptakan smartphone dengan fitur wireless charging. Namun, kami mendapat informasi bahwa ada beberapa pengguna yang tidak dapat mengisi daya dikarenakan Samsung Galaxy S8 yang mereka miliki tidak bisa terhubung dengan wireless charger.

Sayangnya, hingga saat ini Samsung belum memberikan penjelasan perihal masalah ini. Namun jika boleh memprediksi, masalah ini bukan timbul dari sisi smartphone melainkan dari wireless charger yang sudah tidak kompatibel dengan sistem Samsung Galaxy S8. Jadi, masalah ini bisa diatasi dengan membeli wireless charger versi terbaru yang kompatibel dengan Samsung Galaxy S8.

Tampilan aplikasi terpotong

Samsung Galaxy S8 hadir dengan layar yang tak lazim, yakni ber-aspect ratio 18,5: 9. Sementara kebanyakan aplikasi dirancang untuk smartphone dengan aspect ratio 16: 9. Jadi, ketika pengguna membuka aplikasi tertentu akan ada bar hitam di tepi atas dan bawah.

Tentu saja hal ini kurang sedap dipandang, apalagi jika digunakan untuk bermain game. Namun masalah ini dapat diatasi dengan cara pergi ke menu Settings -> Display -> Full Screen App -> lalu aktifkan aplikasi yang ingin dijalankan dalam mode full-screen. Kini bar hitam itu akan hilang. Namun saat mengaktifkan mode full-screen, secara otomatis tampilannya akan terpotong.

Suara speaker berubah setelah terendam air

Smartphone jagoan Samsung ini juga dibekali fitur tahan air dan debu bersertifkasi IP68 sehingga pengguna dapat membawa smartphone ini ketika hujan atau menenggelamkannya di dalam air. Meski begitu, beberapa orang melaporkan bahwa speaker mengalami distorsi suara seusai terendam air.

Namun tenang, masalah ini dapat diatasi hanya dengan mengeringkan Samsung Galaxy S8 serta jangan gunakan speaker selama satu hingga dua jam. Speaker akan normal kembali ketika Samsung Galaxy S8 sudah dalam keadaan benar-benar kering.

Smartphone freeze

Sebagai smartphone flagship, Samsung Galaxy S8 diracik dengan dapur pacu super ngacir. Namun, faktanya tak membuat Samsung Galaxy S8 terbebas dari masalah seperti ini. Mungkin pengguna menginstal aplikasi yang buruk atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan sehingga pengunaan RAM menjadi tinggi, akibatnya mengalami freeze.

Untuk mengatasinya, pengguna dapat me-restart Samsung Galaxy S8. Sebagai catatan, masalah ini sangat jarang terjadi, mungkin hanya 1 dari 1000 pengguna yang mengalaminya.

Bodi belakang mudah pecah

Agar terlihat mewah dan kinclong, Samsung Galaxy S8 menggunakan bodi berbahan kaca berlapis Gorilla Glass 5. Tapi sayangnya bodi smartphone ini tetap rentan retak atau pecah ketika pengguna tak sengaja menjatuhkannya dari ketinggian tertentu. Satu-satunya solusi adalah dengan memasang casing atau pelindung khusus untuk Samsung Galaxy S8.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 hours ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

Mi 11 Lite adalah seri Mi 11 terbaru yang telah diluncurkan oleh Xiaomi di pasar Indonesia. Punya desain yang begitu...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Series

ASUS secara resmi telah memasarkan ASUS ROG Phone 5 di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 888 ini dijual mulai...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy M Series di pasar Indonesia. Smartphone tersebut datang dengan nama Samsung Galaxy M62 yang punya...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10S

Secara resmi Xiaomi telah memboyong Redmi Note 10S ke pasar Indonesia pada tanggal 18 Mei lalu. Penjualan smartphone tersebut baru...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer