Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Samsung Galaxy S8 vs Xiaomi Mi 6, Siapa Lebih Unggul?

Updated

Sama-sama rilis di bulan April 2017, Samsung Galaxy S8 dan Xiaomi Mi 6 diprediksi akan menguasai pasar penjualan smartphone tahun ini. Sebagai smartphone flagship, Samsung Galaxy S8 dan Xiaomi Mi 6 menawarkan beragam fitur dan teknologi canggih. Lalu mana yang lebih baik, Samsung Galaxy S8 atau Xiaomi Mi 6? Temukan jawabanya pada ulasan berikut ini.

Desain

Lebih dulu rilis, Samsung Galaxy S8 menawarkan pengalaman baru bagi pengguna smartphone dengan menghadirkan desain super cantik. Samsung menyebutnya dengan istilah Infinity Display. Ya, dengan rasio layar 18: 9, Samsung Galaxy S8 memiliki ukuran layar memanjang 5,8 inci.

Sementara Xiaomi Mi 6 datang dengan desain konvesional, layarnya berukuran 5,15 inci dengan rasio layar 16:9, tidak memanjang seperti Samsung Galaxy S8 ataupun LG G6. Sekilas, desainnya mirip dengan Huawei P10. Bezel atas dan bawah juga terbilang lebar.

Di sisi desain, harus diakui bahwa Samsung Galaxy S8 jauh lebih unggul dari Xiaomi Mi 6. Desain Samsung Galaxy S8 lebih futuristik, mewah, serta lain dari pada yang lain. Walapun desain Xiaomi Mi 6 juga masih terlihat menarik, terlebih dengan pilihan warna biru mengkilap yang menambah kesan elegan. Namun, perlu dicatat bahwa Anda tak akan menemukan desain Galaxy S8 pada smartphone lain.

Dapur pacu

Samsung Galaxy S8 yang dijual di Indonesia diotaki prosesor Exynos 8895 yang dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB. Dengan dapur pacu ini, Samsung sempat menyabet gelar smartphone tercepat versi AnTuTu dengan skor benchmark 174.155 poin.

Namun, Xiaomi Mi 6 mengambil alih gelar tersebut. Ya dengan dapur pacu super gahar yakni prosesor Snapdragon 835 dan RAM 6 GB, Xiaomi Mi 6 mencetak skor AnTuTu hingga 180.000 poin.

Di atas kertas, dapur pacu dan performa Xiaomi Mi 6 lebih unggul dari Samsung Galaxy S8. Walaupun, itu tak bisa jadi patokan utama dalam menentukan performa keduanya dalam pengunaan sehari-hari.

Kamera

Meski datang dengan desain baru, nyatanya Samsung Galaxy S8 tak menghadirkan teknologi kamera baru. Ya, Samsung Galaxy S8 memiliki kamera belakang dual pixel beresolusi 12 MP yang kualitasnya mirip  seri pendahulunya, Samsung Galaxy S7. Sementara kamera selfie-nya beresolusi 8 MP.

Sedangkan Xiaomi Mi 6 menawarkan kamera berteknologi baru yakni dual-camera belakang beresolusi 12 MP+12 MP dan kamera depan 8 MP. Pada sektor kamera, kami rasa Xiaomi Mi 6 menyuguhkan kamera yang lebih menarik ketimbang Samsung Galaxy S8. Ditambah lagi, di tahun 2017 hampir semua smartphone flagship menggunakan dual-camera dan entah mengapa Samsung Galaxy S8 tak mengikuti tren tersebut.

Kelengkapan fitur

Sebagai smartphone jagoan Samsung saat ini, Samsung Galaxy S8 datang dengan segudang fitur kece seperti pemindai iris mata, pengenal wajah, sensor sidik, asisten pintar bernama Bixby serta yang paling keren adalah Samsung Dex, fitur yang dapat menghubungkan smartphone dengan komputer secara realtime. Tak hanya itu saja, Samsung Galaxy S8 juga dibekali fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP68.

Sementara Xiaomi Mi 6 tak menawarkan banyak fitur, hanya fitur wajib seperti sensor sidik jari serta fitur tambahan splash resistant, yang berarti Xiaomi Mi 6 hanya tahan terhadap cipratan air. Jika smartphone tenggelam di dalam air sudah dipastikan smartphone akan mengalami kerusakaan. So, untuk fitur yang diusung, sudah sangat jelas jika Xiaomi Mi 6 kalah telak dari Samsung Galaxy S8.

Baterai

Hal yang tak kalah penting dari sebuah smartphone adalah baterai. Samsung Galaxy S8 menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Sementara Xiaomi Mi 6 datang baterai berkapasitas 3.350 mAh. Keduanya sama-sama mendukung fitur pengisian daya cepat.

Kami belum tahu pasti mana yang lebih baik dan tahan lama. Tapi kalau diprediksi, baterai Mi 6 mungkin bakal lebih awet. Penyebabnya adalah dimensi layar Galaxy S8 yang lebih besar, resolusi lebih tinggi, dan fitur yang lebih banyak.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer