Connect with us
ROG 5
Fitur

5 Smartphone dengan Kamera Selfie Tersembunyi

Dengan motivasi ingin menciptakan smartphone dengan layar penuh tanpa adanya notch, kelima smartphone ini terpaksa menyembunyikan kamera depannya. Penasaran?

Updated

Hadirnya konsep desain baru pada layar smartphone memunculkan beragam teknologi-teknologi baru yang sangat canggih. Mulai dari layar berponi, hingga terciptanya sensor keamanan sidik jari dalam layar dikarenakan tak ada ruang lagi untuk menaruh tombol fisik pada bagian depan.

Konsep layar fullview merembet dan memengaruhi bagian lainnya. Seperti halnya lima smartphone berikut ini. Dengan motivasi ingin menciptakan smartphone dengan layar penuh tanpa adanya notch, kelima smartphone ini terpaksa menyembunyikan kamera depannya. Penasaran smartphone apa saja yang kami maksud? Inilah daftarnya.

OPPO Find X

Melalui rilisnya Find X, OPPO menjadi produsen pertama yang membawa konsep desain semacam ini. Kedatangan smartphone ini ke dunia menimbulkan decak kagum, pasalnya desain smartphone ini seolah berasal dari masa depan.

Pada bagian depan terbentang layar super lega berukuran 6,4 inci dimana 93,8 persen diisi oleh layar, tak ada tombol dan tak ada kamera depan. OPPO menyembunyikan kamera depan tersebut pada layer kedua yang akan muncul ketika pengguna membuka aplikasi kamera atau ketika membuka kunci lewat bantuan 3D face recognition.

Vivo Nex S

Tidak hanya menciptakan teknologi sensor sidik jari dalam layar, Vivo pun ikut serta merilis smartphone super minim bezel. Smartphone yang berhasil mereka rilis dengan konsep seperti itu adalah Vivo Nex S.

Tidak main-main, Vivo menyajikan layar berukuran 6, 59 inci tanpa keberadaan kamera depan apalagi tombol fisik home. Untuk urusan kamera depan, Vivo Nex S menyembunyikannya ke dalam smartphone.

Ketika pengguna membuka aplikasi kamera dan berada pada mode selfie, kamera akan nongol dari sudut kiri smartphone. Pun demikian ketika pengguna menutup aplikasi, maka kamera akan tenggelam dan kembali ke tempatnya secara otomatis. Vivo Nex S juga tidak dibekali sensor 3D face recognition dan menggantinya dengan sensor keamanan sidik jari dalam layar.

Xiaomi Mi Mix 3

Sejak tahun 2015 lalu, seri Mi Mix besutan Xiaomi menonjolkan sisi layar dan menjadikannya nilai jual utama. Jika di masa lalu, Xiaomi harus menaruh kamera Mi Mix di bagian bawah, kini Xiaomi memilih untuk menerapkan konsep kamera sliding mirip seperti OPPO Find X.

Bedanya, kamera depan Xiaomi Mi Mix 3 tidak membuka secara otomatis seperti pada OPPO Find X, pengguna dapat melakukan slide secara manual. Ketika melakukan slide, maka smartphone bakal langsung membuka aplikasi kamera dan fokus pada sektor selfie.

Dengan konsep semacam ini, Xiaomi Mi Mix 3 menawarkan layar berukuran 6,39 inci dimana 93,4 persen bagian depan smartphone ini dikuasai oleh layar. Pengguna juga disediakan sensor keamanan 3D face recognition yang diletakkan berdampingan dengan kamera depan.

Honor Magic 2

Anak perusahaan Huawei yakni Honor secara mengejutkan merilis smartphone flagship dengan harga yang cukup mahal. Mungkin ini kali pertama bagi Honor dalam hal merilis smartphone dengan harga di atas Rp5 juta.

Smartphone yang kami maksud adalah Honor Magic 2. Membawa nama magic, keajaiban apa yang disajikan smartphone ini? Pada bagian depan, Honor Magic 2 menampilkan layar berukuran 6,4 inci dengan bezel sangat tipis tanpa notch, tanpa kamera depan.

Untuk itulah, Honor Magic 2 mengusung konsep sliding kamera depan, dimana pengguna dapat melakukan slide secara manual ketika ingin berselfie. Menariknya, Honor Magic 2 menawarkan tiga kamera depan dengan kualitas yang mumpuni.

Lenovo Z5 Pro

Sempat mengalami kevakuman, Lenovo kembali menunjukkan kemampuannya. Kali ini, produsen yang berhasil mengakuisisi Motorola tersebut menghadirkan smartphone futuristik, Lenovo Z5 Pro. Smartphone ini menyajikan layar berukuran 6,39 inci dengan bezel super tipis di semua sisi.

Saking tipisnya, tak terlihat keberadaan kamera depan yang biasanya nangkring di jidat smartphone. Ya! Lenovo menghadirkan konsep sliding dan menempatkan kamera depan pada bagian tersebut. Konsep sliding yang dihadirkan Lenovo bekerja secara manual. Lenovo Z5 Pro sepertinya tidak menghadirkan fitur 3D face recognition, namun smartphone ini sudah dibekali fitur fingerprint dalam layar.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Series

ASUS secara resmi telah memasarkan ASUS ROG Phone 5 di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 888 ini dijual mulai...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy M Series di pasar Indonesia. Smartphone tersebut datang dengan nama Samsung Galaxy M62 yang punya...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10S

Secara resmi Xiaomi telah memboyong Redmi Note 10S ke pasar Indonesia pada tanggal 18 Mei lalu. Penjualan smartphone tersebut baru...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer