Connect with us
ROG
Berita

Catat! Ini Tanggal Peluncuran Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro

Keluar dari mulut Dr. Wang Chenglu, Presiden Huawei Consumer Business Software, disebutkan bahwa Mate 30 dan Mate 30 Series akan meluncur pada tanggal 19 September 2019. Kedua smartphone ini akan ditenagai Kirin 990.

Updated

Setelah Samsung merilis Note10 Series, kini kita menunggu raksasa teknologi asal Cina, Huawei yang bakal menyegarkan kembali keluarga Mate, top-of-the-line smartphone miliknya. Ya! Kita sudah tahu sedikit tentang Mate 30, serta saudara kandungnya Pro dan Lite.

Lantas, kapan smartphone flagship milik Huawei itu akan diluncurkan? Desas-desus yang beredar, Huawei akan merilis Mate 30 dan Mate 30 Pro pada tanggal 19 September 2019 secara resmi di Eropa. Informasi ini keluar langsung dari Dr. Wang Chenglu, Presiden Huawei Consumer Business Software.

Tidak hanya sekadar menyebut tanggal peluncuran, Dr. Wang juga menyebutkan chipset yang akan bercokol di dalam tubuh Mate 30 dan Mate 30 Pro. Disebutkan, chipset yang akan disematkan oleh Huawei ke dalam tubuh Mate 30 dan Mate 30 Pro adalah HiSilicon Kirin 990.

Tentu saja chipset Kirin 990 ini akan meningkatkan efisiensi energi sebagai salah satu fitur sorotannya. Satu hal yang cukup menarik, sebelumnya beredar rumor bahwa Huawei akan memuat Kirin 985 ke dalam tubuh Mate 30 Series. Namun, Dr. Wang mungkin berbicara tentang chipset yang sama, hanya dengan nama pemasaran yang berbeda.

Ditambah, peningkatan daya memang sangat masuk akal. Pasalnya, chipset baru yang dikembangkan oleh Huawei ini, terlepas dari penamaannya disebut-sebut sebagai yang pertama diproduksi melalui fabrikasi EUV 7 nanometer lewat mesin yang dimiliki oleh TSMC.

Kemungkinan dipasarkan sebagai 7 nanometer +, EUV juga menambah kepadatan transistor 20 persen lebih besar dan mungkin akan lebih hemat daya. Diharapkan, chipset ini juga membawa modem 5G. Meski begitu, informasi ini masih sedikit kabur, karena sumber lain mengklaim varian Mtae 30 5G yang terpisah akan tiba sekitar bulan Desember 2019.

Bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa Mate 30 Pro akan datang dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inci dan punya refresh rate 90 Hz. Selain itu, smartphone ini juga akan dilengkapi pengisian daya 55W, pembaca sidik jari di bawah layar dan potongan poni yang cukup besar.

Kemungkinan, poni yang cukup besar sengaja tetap ada untuk menempatkan beberapa sensor di dalamnya, salah satunya adalah sensor pemindai wajah. Selain itu, rumor lainnya juga mengatakan bahwa Mate 30 Pro akan punya dua sensor kamera 40 MP di bagian belakang, sebagai bagian dari modul kamera melingkar.

Sebagian besar dari informasi hardware yang disebutkan di atas juga berlaku untuk P30. Sedangkan versi Lite, tentunya punya dukungan hardware yang sangat berbeda, namun pasti ada peningkatan di tahun ini dibandingkan generasi sebelumnya yang meluncur pada tahun lalu.

Lantas, bagaimana dengan sistem operasi yang akan disematkan ke dalam Mate 30 Series? Seperti yang kita tahu, Huawei baru saja memperkenalkan sistem operasi buatannya sendiri, HarmonyOS. Disebut-sebut yang kemungkinan besar akan memakai sistem operasi ini adalah Mate 30 Lite.

Baca juga

Sementara, Mate 30 dan Mate 30 Pro akan tetap memakai Android, sistem operasi buatan Google. Jika benar Mate 30 Lite akan memakai HarmonyOS, tentu saja ini akan menarik dan sekaligus menjadi pembuktian bagi Huawei atas sistem operasi terbarunya itu. Bagimana menurut kalian?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifkasi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro

Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ke pasar Indonesia. Kedua smartphone ini diklaim oleh Xiaomi...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A21s. Ditenagai Exynos 850, smartphone ini hadir untuk menjangkau konsumen...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer