Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Tech News

Sistem Operasi Bikinan Huawei Meluncur Juni 2019?

Setelah Google tidak lagi mengizinkan Huawei untuk memakai Android, raksasa teknologi asal Cina ini mengembangkan HongMeng OS. Direncanakan, sistem operasi mobile besutan Huawei ini akan melenggang pada bulan Juni 2019.

Updated

Perang dagang Amerika Serikat dan Cina terus bergejolak. Seperti yang kita tahu, perselisihan kedua negara besar tersebut, membuat Huawei menuai akibatnya. Ya! Raksasa teknologi asal Cina tersebut kini “dijauhi” oleh sejumlah perusahaan besar asal Amerika Setelah, seperti Google misalnya.

Google yang berbasis di Mountain View, Amerika Serikat kini tidak lagi mengizinkan sistem operasi mobile yang dikembangkannya, yakni Android untuk dipakai oleh Huawei. Nah! Terkait dengan hal itu, Huawei pun tidak tinggal diam. Mereka berencana untuk meluncurkan OS baru pada bulan Juni 2019.

Disebut-sebut, sistem operasi mobile yang kabarnya sudah masuk dalam tahap pengembangan akan datang dengan nama HongMeng OS. Namun muncul pertanyaan besar yang dimiliki oleh banyak orang, yakni mengenai dukungan aplikasi yang ditawarkan oleh HongMeng OS.

Untuk mengatasi hal tersebut, Huawei mengatakan bahwa sistem operasi buatannya ini akan kompatibel dengan semua aplikasi Android. Selain itu, HongMeng OS juga dapat dikompilasi ulang untuk mendongkrak kinerjanya.

Terkait bagaimana Huawei akan mendistribusikan aplikasi-aplikasi yang kompatibel dengan HongMeng OS setelah Play Store tidak ada, bisa kita lihat bahwa mereka merangkul Aptoide. Selain itu, Huawei sepertinya juga mempersiapkan Huawei App Gallery sebagai marketplace utamanya.

Hingga saat ini, Android yang dikembangkan oleh Google memang jadi sistem operasi mobile yang paling eksis di industri gadget. Rival terakhir yang bisa kita lihat untuk melawan Android adalah Tizen OS yang dikembangkan oleh Samsung.

Lantas, apakah HongMeng OS nantinya dapat menggantikan Android dan Windows sekaligus untuk semua perangkat yang dibuat oleh Huawei? Tentu saja tak sedikit yang berharap, Huawei mampu mengatasi semua masalah yang sedang dihadapi, termasuk pengembangan HongMeng OS.

Baca juga

Huawei memang sedang mengalami kesulitan, dan sepertinya mereka memiliki rencana besar untuk membuat ekosistem sendiri. Jika hal ini berhasil dilakukan oleh Huawei, tentu saja ini tamparan keras yang harus dihadapi sejumlah perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah kadung memutus kerja sama.

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer