Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Si Cantik OPPO Find X Remuk di Tangan YouTuber JerryRig

Tak mau kalah gengsi dengan sejumlah pabrikan smartphone yang merilis perangkat premium, OPPO pun unjuk gigi dengan menghadirkan OPPO Find X. Namun, durabilitas smartphone ini masih perlu dipertanyakan.

Updated

OPPO, pabrikan smartphone asal Cina pada tanggal 19 Juni 2018 lalu telah memperkenalkan smartphone Find Series terbarunya, yakni OPPO Find X di Paris, Perancis. Tak perlu menunggu lama, OPPO pun memboyong smartphone unggulannya ini ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Diperkenalkan di pasar Indonesia pada tanggal 18 Juli 2018, OPPO memasarkan Find X dengan harga yang terbilang mengejutkan, yakni Rp12.999.000. Namun sekali lagi harga yang ditawarkan terbilang wajar, sebab OPPO menghadirkan Find X untuk menyasar orang-orang berkantong tebal.

Jika melihat spessifikasi yang ditawarkan, smartphone ini memang tak kalah menggiurkan. Otaknya saja disokong chipset kelas atas buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Selain itu, Find X yang masuk ke Indonesia memiliki RAM sebesar 8 GB dan ROM 256 GB, serta VOOC Flash Charging.

Tak berhenti sampai di situ, OPPO juga melengkapi Find X dengan kamera belakang yang memiliki konfigurasi 16 MP + 20 MP dengan sensor IMX 519+ dan IMX 376k. Kamera depannya juga tak kalah menarik, yakni 25 MP dengan sensor IMX 576.

Nah! Nilai jual yang ditawarkan oleh OPPO terhadap smartphone buatannya ini adalah sistem kamera pop-up. Ya! Seluruh kamera yang disematkan memang sengaja disembunyikan dan jika ingin digunakan, pengguna harus menampilkannya dengan model naik turun.

Berkat keberhasilannya ini, OPPO pun bisa menyajikan Find X dengan layar super penuh. OPPO Find X sendiri datang dengan layar AMOLED berukuran 6,42 inci FullHD+ dan sudah memiliki aspek rasio 19:9. OPPO pun tidak mengemas layar Find X dengan poni alias notch.

Lantas, bagaimana dengan durabilitasnya? Adalah kanal YouTube JerryRigEverything yang harus diberikan acungan jempol karena berani menguji langsung ketahanan OPPO Find X. Seperti biasa, seluruh proses uji ketahanan dilakukan mulai dari menggores layar, menggores bodi, hingga membengkokkan.

Proses pertama, yakni menggores layar. Diproteksi dengan Gorilla Glass 5, layar Find X baru bisa bisa tergores dengan jelas pada tekanan level ke-7. Meskipun sebenarnya pada tekanan level ke-6, layar Find X sudah sedikit tergores.

Tak hanya di layar, proses uji ketahanan goresan juga dilakukan di seluruh bodi. Dikemas dengan material kaca yang solid, memang tak mudah untuk menggores smartphone ini. Namun, bingkainya yang terbuat dari logam sangat mudah untuk digores.

Selanjutnya, uji goresan juga dilakukan terhadap sejumlah modul yang terpasang, mulai dari kamera depan dan belakang, speaker, hingga tombol Power dan Volume. Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone premium lainnya, modul-modul tersebut juga mudah tergores.

Proses uji ketahanan terus berjalan, kali ini layar Find X diuji ketahananya terhadap panas. Dibakar sekitar satu menit, layar Find X sempat muncul bercak berwarna putih yang tidak langsung hilang begitu saja. Tentu saja timbul pertanyaan soal kekuatan layar AMOLED yang terpasang pada Find X.

Baca juga

Terakhir adalah uji kelenturan. Sangat mengejutkan, smartphone ini mudah sekali untuk dibengkokkan. Layar depannya pun langsung bermasalah, begitu juga bodi belakangnya. Bisa disimpulkan, Find X yang dibanderol hampir Rp13 juta, kekuatan bodinya masih perlu dipertanyakan.

Comments

Populer