Connect with us
Tech News

Sakti! Sony Umumkan Sensor Kamera IMX586 Beresolusi 48 MP

Sony terus berlari di industri sensor lensa gambar CMOS. Terbaru, mereka telah memperkenalkan Sony IMX586 yang memiliki resolusi 48 MP Quad Bayer.

Updated

Bisa dibilang Sony adalah salah satu perusahaan teknologi yang tak hanya kuat di industri elektronik, tetapi juga kuat di industri sensor lensa gambar CMOS untuk perangkat mobile. Seperti yang kalian ketahui, tak sedikit produsen smartphone yang mengadopsi sensor lensa gambar racikan Sony.

Nah! Terkait dengan hal itu, Sony pun tak pernah berhenti untuk menelurkan sensor lensa gambar yang andal. Terbaru, raksasa elektronik asal Jepang ini telah memperkenalkan sensor lensa gambar terbarunya, Sony IMX586 yang memiliki resolusi hingga 48 MP.

Diperkirakan akan mulai diadopsi oleh sejumlah produsen smartphone pada awal September 2018, sensor gambar CMOS ini memiliki ukuran 0,8 μm. Sony juga sesumbar bahwa jumlah piksel yang meningkat akan mampu menciptakan foto berkualitas tinggi, bahkan ketika perangkat menggunakan digital zoom.

Dijabarkan oleh Sony lewat rilis resminya bahwa IMX586 mengimplementasikan array Quad Bayer 2×2 pixel. Ini artinya akan menghasilkan empat piksel secara bersama-sama yang setara dengan sensor 12 MP dengan ukuran piksel 1,6 μm.

Keunggulan lainnya, sensor lensa gambar ini juga mampu menciptakan foto atau video malam hari yang terlihat lebih cerah dengan meminimalisir noise. Pada siang hari atau pada kondisi lingkungan yang cukup terang, grid akan kembali ke pemprosesan sinyal yang biasa, yakni mencapai 48 MP secara real-time.

Baca juga

Pada dasarnya sensor lensa gambar ini adalah penerus dari sensor 40 MP yang ada di dalam Huawei P20 Pro, yang juga mengemas pengaturan Quad Bayer. Besar kemungkinan, smartphone pertama yang akan mengadopsi kamera 48 MP adalah Sony Xperia XZ3 yang akan diperkenalkan di IFA 2018.

Comments

Populer