Connect with us
MaxProM1
Tech News

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 670, Ini Kelebihannya

Qualcomm kembali menggebrak pasar chipset global dengan menghadirkan Snapdragon 670. Satu hal yang menarik, inilah chipset pertama dari keluarga Snapdragon 600 Series yang telah dibekali AI Engine.

Updated

Setelah mengahdirkan chipset mobile terbaru yang ditujukan untuk smartphone kelas menengah, Qualcomm kembali membuat kejutan. Kali ini, produsen chipset mobile asal Amerika Serikat tersebut merilis Snapdragon 670 yang merupakan keluarga baru dari Snapdragon 600 Series.

Bisa dikatakan, kehadiran Snapdargon 670 ini juga menjadi penerus dari Snapdragon 660. Hanya saja, chipset terbaru ini memiliki beberapa kesamaan dengan Snapdragon 710 ketimbang pendahulunya. Ya! Snapdragon 670 juga dilengkapi CPU Octa-core terkait dengan performa dan efisiensi daya.

Perpaduannya, 2x Kryo 360 + 6x Kryo 360. Dua core Kryo 360 menggunakan Cortex-A75, sedangkan enam core lainnya menggunakan desain arsitektur Cortex-A55. Berbeda dengan Snapdragon 710, dua core Snapdragon 670 berjalan pada kecepatan 2,0 GHz, sementara enam core lainnya berjalan pada 1,7 GHz.

Qualcomm sendiri mengklaim bahwa Snapdragon 670 menawarkan kinerja 25% lebih baik daripada Snapdragon 660. Keuntungan utama dari chipset terbaru ini dibandingkan pendahulunya adalah proses produksi LPP 10nm. Hal ini membawa dampak pada perolehan efesiensi daya yang signifikan.

Selain itu, Qualcomm juga mengumumkan GPU baru yang terintegrasi dengan Snapdragon 670, yakni Adreno 615. Sedangkan ISP yang digunakan adalah Spectra 250 yang menawarkan pengaturan kamera tunggal 25 MP atau 16 MP untuk kamera ganda.

Oleh karena itu, jangan berharap kalian menemukan fitur-fitur yang biasanya disematkan oleh Qualcomm pada chipset kelas atas yang dikembangkannya. Misalnya, perekaman video HDR tidak tersedia dan begitu juga dukungan untuk layar QHD+.

Perbedaan lainnya antara Snapdragon 670 dengan Snapdragon 710 adalah dukungan modem yang disematkan. Qualcomm masih memuat modem Snapdragon X12 LTE seperti yang juga sering kita lihat pada Snapdragon 660.

Terakhir, Snapdragon 670 telah dibekali dengan AI Engine baru sehingga bisa menyajikan fitur AI yang lebih baik. Seperti kita ketahui bersama, beberapa chipset yang masuk ke dalam lini Snapdragon 600 series tidak pernah mendapat dukungan AI Engine.

Baca juga

Saat ini Snapdragon 670 telah tersedia dan Qualcomm menyerahkan sepenuhnya kepada para produsen smartphone untuk mengdopsinya. Tentu saja, kita sebagai konsumen akan menunggu, siapa yang akan pertama kali menyisipkan chipset tersebut ke dalam smartphone buatannya.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.