Connect with us
Tech News

MediaTek Rilis Helio P90, Punya AI yang Lebih Powerfull

MediaTek kembali membuat kejutan di penghujung tahun ini dengan memperkenalkan chipset terbarunya, Helio P90. Ditujukan untuk smartphone kelas menengah, chipset ini digadang-gadang sudah punya AI yang lebih powerfull.

Updated

Awal bulan ini MediaTek telah melontarkan panahnya ke ring 5G dengan memperkenalkan chipset modem M70. Direncanakan, chipset modem tersebut akan digarap oleh TSMC dan akan dirilis pada tahun depan. Tak berhenti sampai disitu, kali ini MediaTek membuat kejutan dengan merilis Helio P90.

Disitat dari Android Central, SoC ini mencakup prosesor Octa-core yang dilengkapi dengan dua inti Cortex-A75 dengan clock speed 2,2 GHz dan terkait dengan performa. Sisanya, enam inti Cortex-A55 yang akan berjalan pada clock speed 2 GHz.

Berbeda dengan Kirin 980 yang sudah menggunakan teknologi fabrikasi 7 nanometer, MediaTek mengembangkan chipset ini dengan teknologi fabrikasi 12 nanometer. Selain itu, chipset untuk smartphone kelas menengah ini juga sudah dilengkapi dengan GPU PowerVR GM 9446.

MediaTek pun sesumbar bahwa dukungan GPU yang disematkan itu sudah memiliki peningkatan kinerja hingga 50 persen dibandingkan dengan yang ada pada Helio P70. Tak ketinggalan, MediaTek juga sudah menyisipkan kemampuan AI ke dalam Helio P90.

Disebutkan, chipset ini mampu menawarkan unit pemprosesan AI multi-core (APU) dengan menyediakan empat kali performa AI yang ditemukan pada SoC Helio P60 dan Helio P70. APU sendiri akan digunakan untuk membuat fotografi lebih berkulitas yang nantinya bisa tersedia untuk smartphone terjangkau.

Penegasan lainnya MediaTek juga mengungkapkan abhwa Helio P90 ini sudah mendukung kamera tunggal hingga 48 MP. Sedangkan dalam pengaturan kamera ganda, komposisinya adalah 24 MP + 16 MP. Ada juga fitur slow-mo 480fps lewat kamera 16 MP dan dapat terintegrasi dengan Google Lens.

Baca juga

Lantas, siapa pabrikan smartphone pertama yang akan menjajal Helio P90 ini? Sayangnya MediaTek masih belum mau mengatakan hal itu. Hanya saja, mereka berharap chipset ini bisa digunakan oleh pabrikan smartphone yang mau ekspansi besar-besar ke pasar Amerika Serikat.

Comments

Populer