Connect with us
MaxProM1
Tech News

Kenalan Lebih Dekat dengan Kirin 980

Chipset Kirin 980 telah dipakai oleh dua pabrikan smartphone, yakni Huawei dan Honor. Dibedah oleh AnandTech, rupanya jeroan chipset ini memiliki tata letak komponen yang berbeda daripada pendahulunya.

Updated

SoC Kirin 980 yang jadi otak dari Huawei Mate 20 Series dan Honor Magic 2 adalah chipset yang diproduksi dengan fabrikasi 7nm. Ya! Chipset tersebut punya fabrikasi lebih kecil ketimbang SoC Kirin 970 yang dikembangkan dengan fabrikasi 10nm.

Huawei mengklaim bahwa Kirin 980 punya ukuran 30 persen lebih kecil dari pendahulunya. Hal ini pun dibuktikan lewat sebuah foto yang beredar di internet yang disebarluaskan oleh Chiprabel dan sekaligus mengungkap penempatan beberapa komponen yang diletakkan berbeda yang diungkap oleh AnandTech.

Disebutkan Kirin 980 memiliki ukuran 74,13 milimeter persegi. Di sudut kiri atas, SoC menampilkan dukungan GPU Mali-G76 MP10. GPU ini sendiri menjanjikan kinerja 50 persen lebih baik daripada pendahulunya, yakni Mali-G72 MP12 yang ada pada Kirin 970.

Selain itu, Kirin 980 adalah SoC pertama dari HiSilicon yang telah mengadopsi teknologi DynamicIQ baru dari ARM yang memungkinkan chipset dibangun dengan desain serbaguna. Sedangkan CPU Cortex A76 Quad-core disusun dalam dua pasang dan disisipkan dengan DynamicIQ Shared Unit (DSU).

Clock speed yang ditawarkan juga berbeda, yakni hingga 2,6 GHz dan 1,92 GHz. Setiap core dari kedua pasangan juga dilengkapi dengan cache L2 512KB. Di kedua sisi DSU adalah Cortex A55 Quad-core dengan clock speed hingga 1,8 GHz. Ada juga cache L3 4 MB yang disisikan ke DSU.

Dari foto chipset tersebut, kita juga bisa melihat penempatan RAM LPDDR4X dan Kirin 980 adalah SoC pertama yang memiliki memori 2.133 Mhz. Hal menarik lainnya dari tata letak yang diperlihatkan adalah bahwa NPU Dual-core untuk menangani beberapa tugas yang berkaitan dengan AI tidak dapat kita lihat.

Ya! Itu seharusnya ada pada Kirin 980, tetapi sepertinya posisi NPU Dual-core sulit untuk diidentifikasi. Meski begitu, Huawei pun pernah sesumbar bahwa dukungan NPU yang ada pada Kirin 980 memiliki kemampuan dua kali lebih cepat daripada NPU yang ada pada Kirin 970.

Baca juga

Aplikasi benchmarking AnTuTu sendiri telah mengakui bahwa Mate 20, Mate 20 Pro dan Mate 20 X yang punya otak Kirin 980 jadi smartphone Android dengan performa terbaik di bulan Oktober 2018. Ketiganya berhasil mengalahkan sejumlah smartphone flagship yang diperkuat Snapdragon 845.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.