Connect with us
MaxProM1
Tech News

MediaTek Helio P60 Sudah Melenggang, Punya Kinerja Setara Snapdragon 660

Updated

Pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 yang digelar beberapa waktu lalu di Barcelona, MediaTek telah memperkenalkan chipset terbarunya, Helio P60. Tak perlu menunggu lama, kini chipset tersebut diluncurkan secara resmi oleh MediaTek di Cina.

Salah satu aspek menarik yang turut dibenamkan oleh MediaTek ke dalam Helio P60 adalah kemampuan artificial intelligent. Selain itu, chipset ini juga sudah melewati manufaktur dengan fabrikasi 12 nm dari TSMC. Digadang-gadang, inilah chipset pertama dengan fabrikasi 12 nm dan memiliki efesiensi yang lebih baik dari fabrikasi 14 nm.

Menurut beberapa laporan, MediaTek juga berencana untuk terus menggunakan fabrikasi 12 nm untuk semua chipset premiumnya hingga nantinya mereka membuat lompatan ke 7 nm di tahun 2019. Tentu saja, gebrakan yang dilakukan oleh MediaTek tak bisa dipandang sebelah mata oleh para kompetitornya, termasuk Qualcomm.

Seperti ditulis oleh Gizmochina, salah satu petinggi MediaTek menyebutkan bahwa Helio P60 ini sangat berkaitan dengan efesiensi. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni Helio P30, Helio P60 mampu mengurangi konsumsi daya hingga 25 persen.

Tentu saja hal ini dianggap penting. Pasalnya, Helio P60 akan menjadi salah satu chipset higg-end yang ditawarkan oleh MediaTek di tahun ini. Hal ini juga mengindikasikan, Helio P60 nantinya akan bercokol di perangkat kelas menengah ke atas yang cukup sering berurusan dengan game dan aplikasi berkinerja tinggi.

Helio P60 sendiri terdiri dari empat core Cortex A73 dan empat core Cortex A53. Keduanya memiliki clock speed hingga 2 GHz. SoC ini juga dilengkapi dengan triple-core ISP dan dual-core APU (AI Processing Unit) yang berguna menangani fitur modern yang memerlukan AI, AR dan VR dengan mudah.

Setelah strateginya gagal di tahun lalu, MediaTek berharap bisa bangkit kembali di tahun ini lewat Helio P60. Mereka juga berharap, beberapa pabrikan besar smartphone di Cina, seperti OPPO, Meizu dan Xiaomi mau mengadopsi chipset terbaru ini.

Baca juga

Pertanyaannya, apakah nantinya para penggila gadget masih memiliki minat yang tinggi untuk membeli smartphone yang di dalamnya bercokol Helio P60? Sekadar informasi untuk Anda, MediaTek pun pernah sesumbar bahwa Helio P60 buatannya memiliki kinerja yang hampir setara dengan Snapdragon 660. Kami tunggu komentar Anda.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.