Connect with us
UX370-JOE
Tech News

MediaTek Helio P60 Sudah Melenggang, Punya Kinerja Setara Snapdragon 660

Droidlime.com,

/

MediaTek Helio P60

Pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 yang digelar beberapa waktu lalu di Barcelona, MediaTek telah memperkenalkan chipset terbarunya, Helio P60. Tak perlu menunggu lama, kini chipset tersebut diluncurkan secara resmi oleh MediaTek di Cina.

Salah satu aspek menarik yang turut dibenamkan oleh MediaTek ke dalam Helio P60 adalah kemampuan artificial intelligent. Selain itu, chipset ini juga sudah melewati manufaktur dengan fabrikasi 12 nm dari TSMC. Digadang-gadang, inilah chipset pertama dengan fabrikasi 12 nm dan memiliki efesiensi yang lebih baik dari fabrikasi 14 nm.

Menurut beberapa laporan, MediaTek juga berencana untuk terus menggunakan fabrikasi 12 nm untuk semua chipset premiumnya hingga nantinya mereka membuat lompatan ke 7 nm di tahun 2019. Tentu saja, gebrakan yang dilakukan oleh MediaTek tak bisa dipandang sebelah mata oleh para kompetitornya, termasuk Qualcomm.

MediaTek Helio P60 2

Seperti ditulis oleh Gizmochina, salah satu petinggi MediaTek menyebutkan bahwa Helio P60 ini sangat berkaitan dengan efesiensi. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni Helio P30, Helio P60 mampu mengurangi konsumsi daya hingga 25 persen.

Tentu saja hal ini dianggap penting. Pasalnya, Helio P60 akan menjadi salah satu chipset higg-end yang ditawarkan oleh MediaTek di tahun ini. Hal ini juga mengindikasikan, Helio P60 nantinya akan bercokol di perangkat kelas menengah ke atas yang cukup sering berurusan dengan game dan aplikasi berkinerja tinggi.

Helio P60 sendiri terdiri dari empat core Cortex A73 dan empat core Cortex A53. Keduanya memiliki clock speed hingga 2 GHz. SoC ini juga dilengkapi dengan triple-core ISP dan dual-core APU (AI Processing Unit) yang berguna menangani fitur modern yang memerlukan AI, AR dan VR dengan mudah.

Setelah strateginya gagal di tahun lalu, MediaTek berharap bisa bangkit kembali di tahun ini lewat Helio P60. Mereka juga berharap, beberapa pabrikan besar smartphone di Cina, seperti OPPO, Meizu dan Xiaomi mau mengadopsi chipset terbaru ini.

Baca juga

Pertanyaannya, apakah nantinya para penggila gadget masih memiliki minat yang tinggi untuk membeli smartphone yang di dalamnya bercokol Helio P60? Sekadar informasi untuk Anda, MediaTek pun pernah sesumbar bahwa Helio P60 buatannya memiliki kinerja yang hampir setara dengan Snapdragon 660. Kami tunggu komentar Anda.

Advertisement
Comments
Tech News

OnePlus 6 Mungkin Meluncur Pertengahan Mei 2018

Published

on

OnePlus 6 Leakz
OnePlus terus menggoda penggila gadget dengan perangkat andalannya yang tahun ini dipastikan akan meluncur, yakni OnePlus 6. Meskipun banyak yang menduga smartphone ini akan meluncur pada awal bulan depan, namun tak sedikit yang menduga, OnePlus akan mengulur waktu peluncuran hingga pertengahan bulan Mei 2018. Ya! Dugaan yang menyebutkan bahwa perusahaan yang dipimpin oleh Pete Lau ini akan menggelontorkan OnePlus 6 pada pertengahan bulan depan bisa jadi tepat. Seperti ditulis oleh salah satu media di India, OnePlus 6 akan diluncurkan pada tanggal 18 Mei 2018. Tak hanya itu, diperkirakan OnePlus 6 akan dipasarkan di negara tersebut dengan harga berkisar Rs 40.000...
Continue Reading
Tech News

Mengejutkan! ASUS Boyong ZenFone 5Q ke Pasar Indonesia

Published

on

ASUS ZenFone 5Q Indonesia
Tak hanya sekadar meluncurkan ZenFone Max Pro M1 dan ZenFone Max M1, ASUS juga membuat kejutan di pasar Indonesia dengan memboyong ZenFone 5Q. Seperti kita ketahui, ZenFone 5Q adalah ZenFone 5 Lite yang diperkenalkan oleh ASUS pertama kali pada ajang MWC 2018 pada akhir Februari lalu di Barcelona. Salah satu daya tarik dari smartphone ini adalah dukungan dual-camera belakang dan dual-camera depan yang disematkan. Ya! ASUS ZenFone 5Q memang dipersenjatai dengan empat kamera sekaligus. Tak hanya itu, smartphone ini juga dikemas dengan desain yang begitu menarik. ASUS mengemas ZenFone 5Q dengan bentang layar berukuran 6 inci FullHD+ dan memiliki aspek...
Continue Reading
Tech News

ASUS ZenFone Max Pro M1 Resmi Meluncur, Harga Menggiurkan

Published

on

ASUS ZenFone Max Pro M1 1
ASUS akhirnya secara resmi mengumumkan harga dari smartphone terbarunya yang masuk ke dalam lini ZenFone Max, yakni ZenFone Max Pro M1 yang dipasarkan di Indonesia. Ada tiga varian ASUS ZenFone Max Pro M1 yang ditawarkan, yakni RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan RAM 6 GB + ROM 64 GB. Satu persamaan yang dihadirkan, ZenFone Max Pro M1 ini diperkuat dengan chipset Snapdragon 636 yang sudah melewati proses fabrikasi 14nm dan di dalamnya sudah disokong dengan CPU Kryo 260 yang memadukan empat inti Cortex-A73 dan empat inti Cortex-A53 serta GPU Adreno 509....
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer