Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Tips

Cara Install GCam di ASUS Zenfone Max Pro M1 Tanpa Root

Ternyata sangat mudah untuk memasang Google Camera modifikasi ke dalam smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1. Hal itu bisa kalian lakukan tanpa harus nge-root. Bagaimana caranya?

Updated

Google Camera modifikasi menjadi salah satu alternatif aplikasi kamera untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik dibanding aplikasi kamera bawaan. Meski tidak benar-benar mirip seperti kamera di Google Pixel 2, nyatanya beberapa fitur unggulan bisa digunakan di Google Camera modifikasi, seperti potrait mode dan HDR enchance.

Sebelumnya, kami pernah membagikan bagaimana cara instal Google Camera di Xiaomi Redmi 5A. Tutorial kembali berlanjut dengan menggunakan smartphone mid-range terbaru buatan ASUS, yakni ZenFone Max Pro M1.

Jika smartphone kalian sudah di-root, mungkin caranya akan lebih mudah. Di sini kami akan memberikan tutorial untuk menginstall Google Camera modifikasi di ZenFone Max Pro M1 tanpa perlu root. Ya! Kalian tak perlu nge-root!

Google Camera di ZenFone Max Pro M1

Mengaktifkan Camera2API

Karena aplikasi Google Camera membutuhkan akses Camera2API, pertama-tama kalian harus lebih dulu mengaktifkannya. Untungnya untuk mengaktifkan Camera2API di dalam smartphone besutan ASUS ini sangat mudah. Kalian hanya perlu masuk ke fastboot.

Untuk bisa mengeksekusi perintah lewat fastboot, pastikan komputer atau laptop sudah ada file ADB platform-tools terbaru dan pindahkan di tempat yang mudah ditemukan. Aktifkan juga fitur USB debugging di smartphone yang bisa ditemukan di menu “Developer Option”.

Selanjutnya, kalian bisa matikan smartphone dan nyalakan kembali dengan menekan tombol Power dan Volume bagian bawah (Volume Down) bersamaan. Saat masuk ke Mode Recovery, pilih menu “Reboot to bootloader”. Jika sudah masuk, hubungkan smartphone ke komputer dengan kabel data.

Buka folder ADB platform tools yang sudah didownload tadi. Selanjutnya tekan Shift lalu klik kanan dan pilih menu “Open PowerShell window here” atau Open Command Prompt Here.

Untuk mengetahui smartphone berhasil terhubung atau tidak, masukan perintah di bawah ini:

  • Windows Command Prompt: fastboot devices
  • Windows PowerShell: .\fastboot devices
  • macOS or Linux Terminal: ./fastboot devices

Jika sudah terhubung, masukan kode berikut untuk mengaktifkan Camera2API:

  • Windows Command Prompt: fastboot oem enable_camera_hal3 true
  • Windows PowerShell: .\fastboot oem enable_camera_hal3 true
  • macOS or Linux Terminal: ./fastboot oem enable_camera_hal3 true

Jika muncul pesan “Okay”, kalian bisa segera restart smartphone. Nantinya, secara otomatis Camera2API yang ada pada ASUS ZenFone Max Pro M1 sudah berhasil diaktifkan. Langkah selanjutnya adalah menginstall Google Camera.

Install Google Camera

Masuk ke halaman https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/ dan pilih salah satu apikasi Google Camera modifikasi yang ingin didownload. Lewat toturial ini kami merekomendasikan aplikasi buatan Arnova.

Kalian bisa memilih versi stable dengan tulisan merah atau yang tercetak tebal. Jika aplikasinya sudah didownload, kalian bisa segera menginstall aplikasi tersebut ke dalam smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1.

Jika telah terinstall, buka aplikasi Google Camera dan berikan perizinan yang diminta. Kini, Google Camera sudah bisa kalian gunakan untuk memotret objek yang diinginkan. Oh ya jangan lupa, kalian bisa segera mengaktifkan fitur HDR+ enchanced.

Berikut ini kami perlihatkan beberapa contoh foto yang diambil menggunakan Google Camera modifikasi yang terpasang di ASUS ZenFone Max Pro M1. Selamat mencoba!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer