Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Snapdragon 835 Vs Exynos 8895, Mana Lebih Oke?

Updated

Rilisnya Samsung Galaxy S8 dan S8+ mengisyaratkan adanya dua chipset tercepat untuk saat ini. Apa lagi kalau bukan Snapdragon 835 dan Samsung Exynos 9 series (8895). Lalu siapa yang lebih cepat dan lebih canggih di antara keduanya? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Ukuran dan kecepatan

Kedua processor ini sama-sama menawarkan peningkatan 30 persen untuk kecepatan dan 40 persen untuk penghematan daya. Snapdragon 835 dan Exynos 8895 memiliki ukuran yang super kecil yakni 10nm saja.  Ukuran yang kecil ini membawa banyak keuntungan untuk sisi desain dan dapur pacu. Seperti desain yang lebih tipis hingga kapasitas baterai yang lebih besar.

Snapdragon 835 dan Exynos 8895 memiliki arsitektur octa-core yang terdiri dari empat core bertenaga tinggi untuk meningkatkan kecepatan dan empat core untuk menghemat daya. Untuk kecepatan clock tentu keduanya memiliki nilai yang berbeda namun kami pikir perbedaan tersebut tak akan terlalu terasa.

GPU

Dalam beberapa tahun terakhir, Qualcomm (Adreno) dan ARM (Mali) terus meningkatkan performa GPU, mengingat teknologi VR yang semakin banyak digemari oleh pengguna gadget. Snapdragon 835 menggunakan GPU Adreno 540 sementara Exynos 8895 menggunakan GPU Mali G71.

Adreno 540 diklaim lebih cepat 25 persen dari pedahulunya, Adreno 530. Sementara Mali G71 lebih gila lagi karena mengalami peningkatan yang signifikan, yakni lebih cepat 60 persen dari seri GPU sebelumnya.

Kecepatan internet

Tak hanya mengalami peningkatan di sisi dapur pacu saja, keduanya juga membawa peningkatan di sisi koneksi internet. Seperti yang dilansir oleh PhoneArena, Snapdragon 835 dan Exynos 8895 mengalami peningkatan kecepatan internet hingga 1 Gbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload serta LTE Cat.16. Super cepat bukan?

Dukungan kamera

Di sisi kamera kami rasa Exynos 8895 lebih superior dari pada Snapdragon 835 lantaran Exynos 9 mendukung 28 MP untuk single kamera dan 28 MP+16 MP untuk dual-camera. Sedangkan Snapdragon 835 mendukung dual-camera beresolusi hanya 16 MP saja. Namun sungguh disayangkan Samsung Galaxy S8 tidak menggunakan teknologi dual-camera tersebut.

Pengisian daya

Kedua chipset ini hadir dengan tekonologi fast charging terbaru, yakni Quick Charge 4.0 pada Snapdragon 835 dan Adaptive Fast Charger pada Exynos 8895. Setelah dites keduanya memiliki kecepatan pengisian daya yang sama.

Snapdragon 835 dan Exynos 8895 juga dilengkapi dengan fitur wireless charging dengan teknologi yang berbeda. Exynos 8895 menggunakan standar QI dan PMA, sedangkan Snapdragon 835 menggunakan teknologi Qualcomm WiPower. Mana yang lebih baik? Kami rasa keduanya sama-sama baik.

Keamanan

Seperti yang kita ketahui keduanya mendukung fitur keaman super canggih yaitu pemindai iris mata dan pengenal wajah. Selain itu, Snapdragon 835 juga menjanjikan deteksi malware otomatis dan otentikasi transaksi untuk pembayaran mobile. Exynos 8895 juga menawarkan fitur yang sama, namun dilengkapi dengan fitur tambahan seperti hardware crypto accelerator dan flash memory protector.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kami mengambil kesimpulan bahwa kedua chipset ini memiliki kekuatan dan kecepatan yang sangat identik. Karena itulah Samsung mau menggunakannya. Namun jika harus memilih mana yang lebih baik, di atas kertas Exynos 8895 menawarkan fitur lebih kaya.

Karena selain memiliki nilai lebih di sisi kamera dan GPU, Exynos 9 bersifat eksklusif yang mana hanya smartphone Samsung saja yang dapat menggunakan chipset tersebut. Namun untuk mengetahui pasti perbedaan performanya, kami juga akan mengujinya saat Galaxy S8 sudah resmi dijual nanti.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer