Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Fitur

Punya Chipset Sama, Pilih ASUS ROG Phone 2 atau OnePlus 7T?

ASUS punya ROG Phone 2, sementara OnePlus baru saja merilis OnePlus 7T. Keduanya sama-sama ditenagai chipset Snapdragon 855+. Jika diminta memilih, mana yang kalian akan beli dari keduanya?

Updated

OnePlus secara resmi telah memperkenalkan OnePlus 7T di India. Hanya saja, pabrikan smartphone asal Cina yang dipimpin oleh Pete Lau ini tidak mengumumkan varian “Pro”. Meski begitu, OnePlus 7T datang dengan chipset yang tentu saja menawarkan performa dan kinerja tercepat.

Ya! OnePlus 7T datang dengan chipset Snapdragon 855+. Ini adalah chipset yang juga dipakai oleh ASUS pada smartphone gaming terbarunya, ASUS ROG Phone 2. Tentu saja, kehadiran kedua smartphone ini sangat menarik, terutama bagi mereka yang suka dengan smartphone permium.

Lantas dari keduanya, OnePlus 7T atau ASUS ROG Phone 2 yang benar-benar menarik? Untuk itu, kami memutuskan untuk membandingkan spesifikasi kedua smartphone tersebut agar kalian dapat memahami yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Desain

Harus diakui, OnePlus 7T memang memiliki desain konvensional. Meski begitu, OnePlus sudah berhasil membuat smartphone barunya itu dengan bezel yang sangat tipis di sekitar layar. Selain itu, layar OnePlus 7T juga dipercantik dengan poni “tetesan air”. Sementara, panel belakang yang dilapisi kaca membuat smartphone ini lebih elegan.

Di sisi lain, ROG Phone 2 yang diramu oleh ASUS memiliki desain gaming-centric yang agresif. Kalian bisa menemukan lampu RGB dan desain yang semuanya terasa elegan. ROG Phone 2 juga membawa fitur yang sangat bagus untuk para gamer, seperti Air Triggers dan dukungan untuk aksesoris tambahan.

Layar

OmePlus 7T dan ASUS ROG Phone 2, masing-masing memiliki panel layar yang jempolan. OnePlus 7T hadir dengan salah satu kecerahan puncak tertinggi, yakni mencapai 1.000 nits serta mebawa standar HDR10+. Di sisi lain, ROG Phone 2 menawarkan refresh rate 120 Hz dan sensor sentuh 240 Hz.

Itulah sebabnya ROG Phone 2 lebih cocok untuk para gamer. Meski tidak memiliki HDR10+ seperti OnePlus, smartphone gaming buatan ASUS tersebut tetap menawarkan reproduksi warna yang luar biasa berkat cakupan DCI-P3 yang lebih tinggi. Bahkan ROG Phone 2 dilengkapi dengan speaker stereo yang lebih baik.

Spesifikasi & software

OnePlus 7T dan ASUS ROG Phone 2 dilengkapi dengan chipset top-tier yang sama, yakni Snapdragon 855+ dari Qualcomm. Ya! Chipset ini memiliki kinerja grafis dan frekuensi clock tertinggi pada platform mobile generasi terakhir, yakni mencapai 2,96 GHz.

Perbedaannya dari kedua smartphone ini justru ada pada konfigurasi memori yang dijebloskan. OnePlus 7T memiliki RAM tertinggi, yakni 8 GB yang dipadukan dengan internal storage 256 GB. Sementara, ROG Phone 2 memiliki RAM hingga 12 GB dan penyimpanan internal hingga 1 TB dengan UFS 3.0.

Di sini jelas, ASUS lebih unggul karena memiliki RAM dan ROM jumbo. Selain itu, smartphone gaming buatan ASUS tersebut juga telah dilengkapi sistem pendinginan yang lebih baik serta memungkinkan peralihan antara antarmuka pengguna Android biasa dan UI khusus untuk bermain game yang lebih optimal.

Kamera

harga oneplus 7t

Ya! Bisa dibilang dari sektor layar dan hardware, ASUS ROG Phone 2 jadi smartphone yang paling menarik. Akan tetapi tidak dari sektor kamera. OnePlus 7T terbilang unggul untuk urusan memotret, karena telah dilengkapi kamera utama 48 MP dan punya dukungan OIS. OnePlus 7T juga punya lensa telefoto 12 MP dan lensa ultra-wide 16 MP.

Sementara, ROG Phone 2 hanya punya dua kamera di bagian belakang, tanpa zoom dan tanpa OIS. Jadi sangat mengecewakan jika kita berbicara tentang ponsel pintar andalan. OnePlus 7T bahkan hadir dengan aperture fokus yang lebih terang untuk sensor utama, sehingga dapat menangkap lebih banyak cahaya untuk pemotretan low-light.

Baterai

Kamera adalah titik kuat OnePlus 7T, tetapi ROG Phone 2 punya dukungan baterai yang jauh lebih besar. Ya! Kapasitas baterai ROG Phone 2 memang lebih cocok untuk pengguna tingkat lanjut, sesi bermain game yang lebih lama dan semua pengguna potensial yang ingin melupakan pengisi daya setidaknya untuk satu hari penuh.

ASUS ROG Phone 2 punya baterai berkapasitas 6.000 mAh. Ini menjadikan ROG Phone 2 sebagai salah satu flagship terbaik dalam hal masa pakai baterai. Bahkan, ASUS juga menyediakan fitur pengisian cepat 30W dan punya fitur reverse charging 10W, sehingga bisa dijadikan “powerbank” untuk ponsel pintar lainnya.

Harga

Lantas dari perbandingan ini, siapakah pemenangnya? Tidak mudah untuk menentukan hal itu. Semuanya kembali bagimana cara kalian menggunakan sebuah smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Jika lebih menyukai kinerja yang unggul dan daya tahan baterai yang lama, jelas pilihannya adalah ROG Phone 2.

Tetapi, jika kalian menginginkan dukungan kamera dan desain terbaik, OnePlus 7T cocok untuk kebutuhan hal itu. Nah! Berbicara soal harga, tentu saja OnePlus 7T jauh lebih murah ketimbang ROG Phone 2. Ya! OnePlus 7T dibanderol mulai dari Rp7,5 juta, sementara ROG Phone 2 paling murah ditawarkan seharga Rp14 juta.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer