Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

POLLING: Pilih Xiaomi Mi A2 atau Mi A2 Lite? Ini Perbedaannya

Xiaomi telah merilis Mi A2 dan Mi A2 Lite. Tentu saja, keduanya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan yang dikemas oleh Xiaomi terhadap kedua smartphone Android One terbarunya itu?

Updated

Mengambil tempat di Madrid, Spanyol, akhirnya Xiaomi menepati janjinya untuk merilis Xiaomi Mi A2 dan Xiaomi Mi A2 Lite. Keduanya datang dengan sistem operasi Android murni alias Android One (Android 8.1 Oreo) yang dikembangkan oleh Google.

Meski begitu, kedua smartphone ini dibangun oleh Xiaomi dengan serangkai perbedaan. Tak hanya ukuran layar, smartphone ini juga memiliki otak yang berbeda. Apakah hanya itu? Bagi kalian yang bingung, bisa membaca artikel ini lebih lanjut.

Layar 5,99 inci vs 5,84 inci

Tentu saja, Xiaomi Mi A2 adalah smartphone yang datang dengan ukuran layar lebih besar, yakni 5,99 inci. Sedangkan Mi A2 Lite sedikit lebih kecil, yakni hanya 5,84 inci. Meski begitu, masing-masing sudah memiliki resolusi FullHD+.

Xiaomi Mi A2 memiliki aspek rasio 18:9, sedangkan Mi A2 Lite 19:9. Ya! Perbedaan aspek rasio ini karena layar Mi A2 Lite oleh Xiaomi dikemas dengan poni alias notch, sedangkan Mi A2 memiliki tampilan layar tanpa poni.

Untuk panel bagian belakang, Xiaomi juga mengemas keduanya dengan desain yang terlihat berbeda. Mi A2 memiliki desain antena di bagian atas dan bawah dengan bentuk “U” (U-Shaped). Sedangkan Mi A2 Lite memiliki desain lawas seperti kebanyakan smartphone Xiaomi kelas entry-level.

Kamera Mi A2 lebih unggul

Perbedaan lainnya yang juga mesti kalian tahu adalah dukungan kamera yang disematkan oleh Xiaomi ke dalam Mi A2 dan Mi A2 Lite. Jika Mi A2 punya kamera depan 20 MP, Mi A2 Lite hanya dilengkapi dengan kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP.

Berbeda resolusi kamera depan, kedua perangkat ini juga memiliki dual-camera utama yang tidak sama. Mi A2 datang dengan dual-camera yang memiliki konfigurasi 12 MP + 20 MP. Sedangkan Mi A2 Lite hanya disokong dual-camera 12 MP + 5 MP.

Masih soal kamera yang disematkan, Xiaomi juga membenamkan beberapa hal menarik ke dalam dual-camera yang ada pada Mi A2. Sebut saja, lensa utamanya (12 MP) memiliki ukuran piksel 1,2 um dan lensa sekunder (20 MP) dengan ukuran 2um Super Pixel.

Selain itu, kedua kamera utamanya tersebut juga dilengkapi dengan bukaan yang sama, yakni f/1.75. Sedangkan kamera depan Mi A2 juga dilengkapi dengan sensor Sony IMX376 plus 4500k Selfie-light. Persamaannya, semua kamera yang ada pada Mi A2 dan Mi A2 Lite sama-sama dilengkapi teknologi AI.

Beda chipset, beda baterai

Dijadikan amunisi utama yang lebih powerfull, Mi A2 mempunyai otak yang lebih gesit ketimbang Mi A2 Lite. Lihat saja, Xiaomi berani untuk membenamkan Snapdragon 660 AIE ke dalam Mi A2. Sedangkan Mi A2 Lite hanya dipacu dengan Snapdragon 625.

Soal RAM yang disematkan, Xiaomi juga membedakan. Mi A2 memiliki opsi RAM 4 GB dan 6 GB, sedangkan Mi A2 Lite datang dengan opsi RAM 3 GB dan 4 GB. Begitu juga dengan storage-nya. Mi A2 ada tiga opsi yang disediakan, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Sedangkan Mi A2 Lite hanya 32 GB dan 64 GB.

Tak hanya chipset, RAM, dan storage, Xiaomi juga memuat kapasitas baterai yang berbeda. Jika Mi A2 hanya dilengkapi baterai berkapasitas 3.010 mAh, Mi A2 Lite justru datang dengan catu jauh lebih besar, yakni 4.000 mAh.

Harga selisih Rp1 jutaan

Memiliki serangkaian perbedaan, tentu saja Xiaomi juga akan menjual kedua perangkat tersebut dengan harga yang berbeda-beda. Dimulai dari Mi A2, smartphone ini dijual mulai dari harga € 249 atau sekitar Rp4,2 juta. Sedangkan Mi A2 Lite dibanderol mulai dari harga € 179 atau sekitar Rp3 juta.

Varian lengkapnya!

Xiaomi Mi A2:

  • RAM 4 GB + ROM 32 GB: € 249 atau sekitar Rp4,2 juta
  • RAM 4 GB + ROM 64 GB: € 279 atau sekitar Rp4,7 juta
  • RAM 6 GB + ROM 128 GB: € 349 atau sekitar Rp5,9 juta

Xiaomi Mi A2 Lite:

  • RAM 3 GB + ROM 32 GB: € 179 atau sekitar Rp3 juta
  • RAM 4 GB + ROM 64 GB: € 229 atau sekitar Rp3,8 juta

Pilih Xiaomi A2 atau Mi A2 Lite?

 

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP3 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer