Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Fitur

Pilih Smartphone Compact atau Layar Lega?

Ada sejumlah pabrikan smartphone yang menawarkan perangkatnya dengan layar compact dan ada juga yang dibuat dengan layar lega. Dari kedua desain tersebut, mana yang kalian suka?

Updated

Kita sudah melewati tahun 2018 dan kini menginjak tahun 2019. Seperti yang kita tahu, di tahun 2018 lalu tak sedikit smartphone baru yang dihadirkan. Dari sekian banyak smartphone yang ditawarkan, masih ada yang dibuat dengan desain compact dan ada juga yang dibuat dengan desain layar lega.

Ya! Bisa dikatakan desain yang dibuat oleh banyak pabrikan smartphone tersebut tidak terlepas dari keinginan penggunya. Tak sedikit orang yang masih menginginkan smartphone dengan layar compact, tetapi masih banyak juga yang ingin memiliki smartphone dengan layar lebih lebar.

Untuk urusan kemudahaan penggunaan, setiap orang tentu punya pendapat dan selera masing-masing. Nah! Tak ada salahnya jika kini kita membandingkan smartphone layar compact dengan smartphone layar lega. Mana yang kalian pilih? Baca terus ulasan ini hingga selesai.

Smartphone layar compact

Smartphone yang masuk kategori layar compact umumnya menyuguhkan desain layar yang tidak terlalu besar. Biasanya berada pada rentang ukuran 4 inci hingga 5 inci. Berikut ini beberapa keuntungan jika kalian menggunakan smartphone dengan layar compact, antara lain:

1. Mudah digenggam

Bagaimanapun kondisinya, smartphone dengan ukuran dimensi yang kecil bakal memberikan handling yang nyaman. Genggaman terasa sangat erat dan kalian bisa mendapatkan proses pengoprasian smartphone yang sangat mudah, terutama dengan satu tangan saja.

2. Portabilitas tinggi

Membawa smartphone yang memiliki layar compact terasa mudah alias tidak ribet. Kalian pun bisa menempatkan smartphone tersebut ke dalam saku celana. Tak hanya itu, risiko smartphone jatuh dari saku pun sangat kecil.

3. Minim kerusakan layar

Ada kalanya smartphone mengalami tragedi menyakitkan, seperti jatuh ataupun terbentur saat kalian gunakan. Smartphone dengan layar compact plus bezel yang masih tebal tidak terlalu punya risiko besar mengalami kerusakan.

Meskipun demikian, smartphone dengan layar compact juga punya kekurangan, yakni tampilan yang kurang memukau. Bagi kalian yang suka bermain game atau memutar film, jangan berharap menemukan tampilan yang nyaman jika menggunakan smartphone dengan layar compact.

Smartphone layar lega

Smartphone layar lega biasanya dikemas dengan ukuran layar lebih dari 5 inci. Seperti juga smartphone layar compact, smartphone yang dikemas dengan layar lega juga menawarkan beberapa kelebihan dan keunggulan, diantaranya:

1. Tampilan mempesona

Layar yang lega berhasil menyulap smartphone menjadi lebih mempesona dan sedap dipandang. Umumnya, smartphone yang mengusung layar lega memiliki bezel super tipis. Sehingga memberikan kesan futuristik dan modern.

2. Gaming-friendly

Bentangan layar yang luas sangat menguntungkan bagi para gamer. Selain mendukung tampilan yang lebih jelas, tajam dan berkualitas, layar yang luas memudahkan pemain game untuk menekan tombol kontrol serta pergerakan tangan pun terasa lebih lincah.

3. Menunjang multimedia

Selain bermain game, kebutuhan multimedia seperti menonton film terasa lebih nikmat pada smartphone dengan layar lega. Apalagi jika layarnya sudah mendukung fitur HDR10 yang mampu memproduksi tampilan super kece.

4. Multi-tasking

Layar yang lebar juga akan mendukung kegiatan multi-tasking. Menjalankan dua aplikasi sekaligus terasa sangat responsif pada layar yang lega. Bahkan ukuran aplikasi dapat diatur sesuai dengan kemauan kita. Fitur semacam ini tentu kurang efisien ketika dijalankan pada smartphone layar compact.

Meski begitu, ada dua kekurangan dari smartphone yang dikemas dengan layar lega. Pertama, smartphone yang memiliki layar lega tentu saja sulit untuk digenggam atau dioperasikan dengan satu tangan. Selain itu, risiko kerusakan juga lebih besar.

Baca juga

Itulah beberapa hal yang patut kalian tahu jika menggunakan smartphone dengan layar compact dan layar lega. Nah! Setelah melihat keuntungan dan kekurangannya, mana yang kalian suka, pilih smartphone layar compact atau yang lega? Kami tunggu pendapat kalian lewat kolom komentar di bawah ini.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer