Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Perbedaan Galaxy S8 dan S8+ Menurut Rumor yang Beredar

Updated

Belakangan ini rumor tentang Samsung Galaxy S8 sedang ramai dibicarakan. Mulai dari desain, hardware, hingga teknologi yang diusung. Smartphone flagship milik Samsung ini dikabarkan akan diperkenalkan pada akhir Maret dan resmi diperjualbelikan pada April nanti.

Samsung Galaxy S8 sendiri akan tersedia dalam dua varian, yaitu Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+. Agar tidak penasaran, kami akan mengulas perbedaan antara Samsung Galaxy S8 dengan Samsung Galaxy S8+ sesuai dengan rumor dan spekulasi yang beredar sejauh ini.

Desain

Keduanya diprediksi akan datang dengan desain yang sama. Walaupun besar kemungkinan pasti ada perbedaan ukuran, mengingat adanya embel-embel Plus yang dibawa. Dari bocoran gambar desain yang kami terima, keduanya hadir dengan bezel super tipis tanpa adanya tombol fisik home pada bagian depan. Sementara sensor pemindai sidik jari diletakan disamping kamera belakang smartphone.

Tak hanya itu saja, rumornya kedua smartphone ini juga akan dibekali dengan pemindai iris mata yang diklaim dapat bekerja dengan sangat cepat. Dan untuk smartphone sekelas ini, kami yakin Samsung akan memberikan sertifikasi IP68 dengan kemampuan tahan air dan debu.

Layar

Menurut informasi yang kami dapat, Samsung Galaxy S8 dikabarkan menggunakan layar berukuran 5,8 inci sementara Samsung Galaxy S8+ menggunakan layar berukuran jumbo, 6,2 inci. Meski berbeda ukuran, keduanya diprediksi akan menggunakan layar lengkung alias edge yang mirip seperti pendahulunya, Samsung Galaxy S7 Edge.

Tak hanya itu saja, Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ diprediksi datang mengusung layar beresolusi Quad HD dengan kerapatan layar super tinggi. Namun, karena ukuran S8+ yang lebih besar, kami rasa ketajamannya pasti akan sedikit kalah dibanding Samsung Galaxy S8 meski tak akan terlalu terlihat.

Kamera

Semua orang dibuat penasaran dengan kecanggihan kamera milik Samsung Galaxy S8. Apakah kameranya sebagus Samsung Galaxy S7 atau justru lebih keren? Dari salah satu sumber terpercaya, kami mendapatkan informasi bahwa keduanya datang dengan kamera belakang beresolusi 12 MP dengan bukaan lensa f/1.7 plus fitur-fitur kamera terbaru milik Samsung. Tapi hingga sekarang kami pun belum tahu fitur baru apa yang Samsung maksud.

Untuk kamera selfie, kedua smartphone ini menggunakan kamera beresolusi 8 MP yang memiliki kemampuan pemindaian iris mata dan autofocus. Pada intinya, Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ memiliki kualitas kamera yang sama, tidak seperti kamera iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang punya perbedaan jumlah kamera.

Hardware

Sama seperti kameranya, kemungkinan besar keduanya memiliki jeroan yang sama. Berdasarkan rumor yang beredar, dua smartphone ini hadir dengan dua varian prosesor, yaitu Qualcomm Snapdragon 835 dan Exynos 8895, tergantung pada daerah pemasarannya.

Untuk RAM, informasinya masih simpang siur, ada yang memprediksi 4 GB, adapula yang mengatatakan 6 GB, bahkan ada juga yang mengatakan 8 GB. Sehingga kamipun masih belum tahu betul mana yang benar. Terlepas dari besaran RAM yang dibawa, banyak yang sependapat bahwa keduanya datang dengan memori internal sebesar 64 GB dan slot microSD.

Untuk baterai, kemungkinan besar akan ada perbedaan di antara keduanya. Dikabarkan Samsung Galaxy S8 menggunakan baterai 3.000 mAh dan Samsung Galaxy S8+ menggunakan baterai 3.500 mAh. Meski beda kapasitas, baterainya sama-sama mendukung fast charging.

Software

Pada sisi software, kami yakin keduanya akan datang dengan software Android terbaru Nougat yang dibalut Grace UX milik Samsung. Selain itu, kami sangat penasaran dengan asisten suara bernama Bixby yang akan disematkan pada kedua smartphone ini. Konon katanya, Bixby lebih canggih dari Google Assitant. Untuk diketahui, Bixby adalah fitur asisten suara buatan Samsung.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kami menyimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki rupa yang sangat identik. Walapupun ukuran fisik dan resolusi yang sedikit lebih besar pada seri Plus-nya. Selain itu, kemampuan kamera dan hardware juga nampak sama, kecuali kapasitas baterai yang berbeda. Jadi, bisa diketahui kalau perbedaan mencolok hanya akan terasa pada dimensi layar dan kapasitas baterainya saja.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP3 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer