Connect with us
ROG-Zephyrus-G14
Fitur

Duel Snapdragon 730G, Pilih OPPO Reno2 atau Xiaomi Mi Note 10 Pro?

OPPO pada tahun lalu telah merilis OPPO Reno2. Sementara itu, Xiaomi telah resmi memboyong Mi Note 10 Pro ke Indonesia. Keduanya memakai chipset yang sama, Snapdragon 730G. Lantas, kalian lebih tertarik membeli yang mana?

Updated

OPPO, pabrikan smartphone asal Cina begitu getol menelurkan banyak smartphone pada tahun 2019 lalu. Bahkan, tak sedikit smartphone yang dikembangkan oleh OPPO diboyong ke pasar Indonesia. Nah! Salah satu smartphone yang diboyong oleh OPPO ke Indonesia adalah OPPO Reno2.

Seperti yang kita tahu, OPPO Reno2 adalah penerus dari OPPO Reno yang juga meluncur pada tahun 2019. Namun, ada beberapa peningkatan yang dimuat oleh OPPO ke dalam OPPO Reno2. Tidak hanya pada sektor kameranya, tetapi juga menyasar ke chipset yang digunakan. Ya! OPPO Reno2 datang dengan chipset Snapdragon 730G.

Meskipun OPPO lebih dulu memakai Snapdragon 730G, Xiaomi rupanya tak mau ketinggalan. Pabrikan smartphone yang juga berasal dari negara yang sama dengan OPPO ini memuat Snapdragon 730G ke dalam Xiaomi Mi Note 10 Pro. Ya! Smartphone ini pun sudah melenggang resmi di awal tahun ini di pasar Indonesia.

Sama-sama dibekali Snapdragon 730G

Akhirnya, kita pun melihat bahwa OPPO Reno2 dan Xiaomi Mi Note 10 Pro, masing-masng telah dibekali dengan chipset yang sama yang dibuat oleh Qualcomm, Snapdragon 730G. Ya! Chipset ini sebelumnya juga sudah digunakan lebih dahulu oleh Samsung ke dalam Galaxy A80 yang juga meluncur resmi di Indonesia pada tahun lalu.

Chipset Snapdragon 730G yang ada pada Reno2 ditemani oleh RAM sebesar 8 GB dan internal storage berkapasitas 256 GB. Meski punya kapasitas penyimpanan internal yang terbilang besar, OPPO masih menyelipkan slot untuk menampung microSD hingga 256 GB.

Sementara itu, chipset Snapdragon 730G yang ada pada Xiaomi Mi Note 10 Pro juga ditemani dengan RAM dan intarenal storage yang sama. Ya! Xiaomi merancang Mi Note 10 Pro dengan RAM 8 GB dan internal storage 256 GB. Hanya saja, smartphone ini tidak punya slot untuk menampung microSD.

Nah! Berbicara mengenai catu daya, OPPO Reno2 hanya dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh yang dilengkapi fitur fast charging VOOC Flash Charge 3.0 30W. Sedangkan Mi Note 10 Pro telah dibekali baterai berkapasitas yang jauh lebih “jumbo”, yakni 5.260 mAh dengan fitur fast charging 30W.

Empat kamera belakang vs lima kamera belakang

Seperti yang sudah kita tahu bersama, untuk urusan memotret, OPPO melengkapi OPPO Reno2 dengan empat kamera di bagian belakang. Konfigurasinya terdiri dari lensa utama 48 MP yang berpasangan dengan 13 MP sebagai lensa telefoto, 8 MP sebagai lensa ultra-wide dan 2 MP sebagai lensa monokrom.

Nah! Disektor ini, Xiaomi memang lebih unggul. Ya! Mi Note 10 Pro telah dipersenjatai dengan lima kamera d bagian belakang. Inilah smartphone Xiaomi pertama yang punya dukungan lima kamera dan lensa utamanya juga memiliki sensor yang ciamik. Bagaimana tidak, Mi Note 10 Pro datang dengan lensa utama 108 MP.

Ya! Lensa utama 108 MP yang ada pada Xiaomi Mi Note 10 Pro ini memakai sensor ISOCELL Bright HMX dari Samsung. Sedangkan empat lensa lainnya memiliki konfigurasi 12 MP sebagai lensa telefoto, 5 MP sebagai lensa telefoto, 20 MP sebagai lensa ultra-wide dan 2 MP sebagai lensa makro.

Untuk kebutuhan video call dan selfie, OPPO Reno2 telah dilengkapi dengan kamera depan 16 MP dengan mekanisme pop-up yang memiliki desain sirip hiu. Sedangkan Xiaomi melengkapi Mi Note 10 Pro dengan kamera depan 32 MP yang ditampung dalam poni dengan desain waterdrop.

Sama-sama memakai panel layar AMOLED

Jika berbicara mengenai sektor layar, baik OPPO Reno2 maupun Xiaomi Mi Note 10 Pro, keduanya sudah memakai panel layar AMOLED. Reno2 datang dengan layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi FullHD+, sementara Mi Note 10 Pro punya layar berukuran 6,47 inci dengan resolusi yang sama, yakn FullHD+.

Datang sebagai smartphone kelas menengah ke atas, tentu saja kedua pabrikan smartphone ini tidak mengabaikan perlindungan layar yang digunakan. Layar OPPO Reno2 telah dilapisi Corning Gorilla Glass 6, sementara Xiaomi hanya melapisi layar Mi Note 10 Pro dengan Corning Gorilla Glass 5.

Satu hal yang tidak kalah menarik dari OPPO Reno2, layar smartphone ini terbebas dari poni atau pun punch-hole. Ya! OPPO mengakalinya dengan memuat kamera depan menggunakan mekanisme pop-up berdesain sirip ikan hiu. Sedangkan Xiaomi tidak mau repot, mereka memuat poni tepat di atas layar.

Bagan belakang kedua smartphone ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Ya! Keduanya dibalut dengan kaca dan diproteksi anti gores menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Sementara itu, bingkai kedua smartphone tersebut juga terasa kokoh karena menggunakan material alumunium.

Susunan empat kamera yang ada di bagian belakang OPPO Reno2 disusun vertikal dan dimuat di tengah-tengah. OPPO juga melindungi keempat kameranya itu dengan O-Dot. Ya! Keempat kamera tersebut juga sudah dibekali dengan dual-LED flash.

Xiaomi juga menyusun kelima kamera belakang yang ada pada tubuh Mi Note 10 Pro secara vertikal. Hanya saja, kelima kamera tersebut diletakkan di sudut kiri atas. Menariknya, punya lima kamera belakang, Xiaomi juga memuat dua dual-LED flash sekaligus.

Nah! Baik OPPO Reno2 maupun Xiaomi Mi Note 10 Pro, keduanya tidak lagi dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat. Ya! Karena keduanya datang dengan layar AMOLED, baik OPPO Reno2 mupun Xiaomi Mi Note 10 Pro, masing-masing telah dibekali dengan pemindai sidik jari di bawah layar.

Harga OPPO Reno2 dan Xiaomi Mi Note 10

Nah! Setelah diuraikan spesifikasi dan beberapa fitur di atas, kini masuk ke harga. Ya! OPPO Reno2 datang ke Indonesia dibanderol dengan harga Rp7.999.000. Sementara itu, Xiaomi sangat percaya diri untuk menawarkan Mi Note 10 Pro dengan harga Rp6.999.000. Sekali lagi, mana yang akan kalian beli?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro

Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ke pasar Indonesia. Kedua smartphone ini diklaim oleh Xiaomi...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A21s. Ditenagai Exynos 850, smartphone ini hadir untuk menjangkau konsumen...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Tidak hanya meluncurkan Galaxy M21, Samsung juga memboyong Galaxy M Series lainnya, yakni Galaxy M11 ke pasar Indonesia. Datang sebagai...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

POCO sudah memperkenalkan penerus dari POCO F1 yang datang dengan sebutan POCO F2 Pro. Datang sebagai smartphone unggulan, POCO membekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer