Connect with us
VivoBook-S14-S433FL
Fitur

Duel Smartphone Resmi Seharga Rp3 Jutaan

Di awal tahun ini pasar smartphone Indonesia tetap bergairah dengan hadirnya sejumlah perangkat terbaru kelas menengah. Sebut saja ada OPPO A91, Samsung Galaxy M31 dan realme 6. Dari ketiganya, mana yang kalian ingin beli?

Updated

Smartphone kelas menengah hingga saat ini masih terus diburu oleh pencinta gadget. Kehadiran smartphone tersebut juga menyajikan beragam fitur yang tak kalah menarik, mulai dari desain, dukungan kamera yang disematkan serta dapur pacu yang ada di dalamnya.

Berbicara smartphone kelas menengah, setidaknya ada tiga perangkat yang saat ini ikut meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Ada realme yang baru saja menghadirkan realme 6. Selain itu, ada juga OPPO yang merilis OPPO A91 dan Samsung yang melakukan gebrakan dengan menghadirkan Galaxy M31.

realme 6

Memanjakan pasar anak muda di Indonesia, realme baru saja menghadirkan realme 6. Saat diperkenalkan, realme pun mengklaim bahwa realme 6 sengaja dihadirkan untuk menjadi penerus dari realme 5 Pro yang sudah melenggang di pasar Indonesia sejak bulan September tahun lalu.

Mengenai tampilan, realme 6 dirakit dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dan sudah memiliki resolusi FullHD+. Tak kalah menarik, aspek rasio smartphone ini sudah 20:9 dengan refresh rate 90 Hz. Untuk melindungi layarnya agar tidak mudah tergores, realme telah melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 3.

Nah! Datang sebagai smartphone Rp3 jutaan, realme juga tidak main-main untuk menyematkan chipset andalan ke dalam realme 6. Ya! Smartphone ini telah dibekali dengan chipset Helio G90T dengan fabrikasi 12nm yang dibuat oleh MediaTek. Ini juga jadi chipset pilihan Xiaomi yang ditanam ke dalam Redmi Note 8 Pro.

Ada dua pilihan RAM yang ditawarkan, yakni RAM 4 GB dan 8 GB. Sementara, untuk penyimpanan internalnya hanya tersedia satu pilihan, yakni 128 GB. Jika kalian tidak puas dengan kapasitas penyimpanan internalnya, bisa ditambah menggunakan kartu microSD yang dapat dimuat ke dalam dedicated slate.

Untuk catu daya, realme 6 telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh yang disokong dengan pengisian cepat berdaya 30W. Smartphone yang berjalan dengan antarmuka realme UI berbasis Android 10 ini juga sudah dilengkapi dengan port USB Type-C, jack audio 3.5mm dan fingerprint di bagian samping.

Untuk memotret, realme 6 datang dengan empat kamera di bagian belakang dengan konfigurasi lensa utama 64 MP yang ditambah lensa ultra-wide 8 MP, lensa makro dan portrait, yang masing-masing memakai sensor 2 MP. Sementara, kamera depannya adalah 16 MP dengan aperture f/2.0.

Harga: Rp3,4 juta (4 GB/128 GB) & Rp3,8 juta (8 GB/128 GB)

Samsung Galaxy M31

Tidak banyak yang tahu jika Samsung akhirnya memboyong Galaxy M31 ke pasar Indonesia. Pasalnya, raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut tidak banyak gembar-gembor ketika memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya itu.

Galaxy M31 pertama kali di perkenalkan di India pada bulan Februari dan melenggang resmi di pasar Indonesia pada pertengahan bulan Maret tahun ini. Salah satu nilai jual dari Galaxy M31 adalah dukungan baterai yang disematkan. Bagaimana tidak menarik, kapasitas baterainya terbilang besar.

Samsung membekali Galaxy M31 dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh. Punya baterai sebesar itu, Samsung mengklaim bahwa Galaxy M31 dapat dipakai untuk menonton film hingga 26 jam, atau menelepon selama 48 jam, atau mendengarkan musik selama 119 jam.

Meski punya baterai besar, Samsung hanya membekali pengisian cepat dengan daya 15W. Samsung Galaxy M31 juga sudah berjalan dengan sistem operasi Android 10 berbaju One UI 2.0. Untuk keamanan, smartphone ini juga sudah dibekali dengan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat.

Nilai jual lainnya dari Galaxy M31 adalah dukungan kamera belakang yang disematkan. Samsung Galaxy M31 punya empat kamera di bagian belakang, di mana lensa utamanya adalah sensor 64 MP yang ditemani lensa ultra-wide 8 MP, lensa makro 5 MP dan lensa kedalaman 5 MP. Kamera depan menggunakan sensor 32 MP dengan aperture f/2.0.

Berbeda dengan realme 6, Samsung lebih percaya diri untuk meramu Galaxy M31 dengan panel layar Super AMOLED. Ukurannya adalah 6,4 inci dengan resolusi FullHD+ dan mengusuang desain Infinity-U. Untuk dapur pacunya, Galaxy M31 telah dibekal chipset Exynos 9611 (10nm) yang dibuat oleh Samsung sendiri.

Chipset Exynos 9611 ini berpasangan dengan RAM sebesar 6 GB dan internal storage berkapasitas 128 GB dengan teknologi UFS 2.1. Tentu saja, untuk memperluas kapasitas penyimpanannya, Samsung telah membekali Galaxy M31 ini dengan slot microSD.

Harga: Rp3.699.000 (6 GB/128 GB)

OPPO A91

Harga OPPO A91

Smartphone seharga Rp3 jutaan yang tak kalah menarik untuk kalian tahu adalah OPPO A91. Ini smartphone baru yang diperkenalkan oleh OPPO di pasar Indonesia pada bulan Maret 2020. OPPO A91 juga datang dengan serangkaian fitur dan spesifikasi yang menarik.

Pertama, OPPO A91 datang dengan panel layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FullHD+. Layar smartphone ini juga sudah dipercantik dengan poni yang diistilahkan sebagai waterdrop notch. Kelebihan lainnya, layar dengan refresh rate 60 Hz dan punya aspek rasio 20:9 ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Nah! Punya layar AMOLED, OPPO A91 datang dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layar. OPPO pun mengklaim bahwa proses pemindaian sidik jari untuk membuka kunci layar smartphone tersebut hanya membutuhkan waktu 0,32 detik.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Untuk chipset yang digunakan, OPPO mempercayakan Helio P70 dari MediaTek yang dipasangkan dengan RAM sebesar 8 GB dan internal storage berkapasitas 128 GB dengan teknologi UFS 2.1. OPPO juga tetap menyematkan slot microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanannya.

Untuk kebutuhan memotret, OPPO A91 sama seperti realme 6 dan Galaxy M31, yakni punya empat kamera di bagian belakang. Hanya saja, lensa utamanya memiliki sensor 48 MP yang berpasangan dengan lensa ultra-wide 8 MP dan lensa makro serta lensa bokeh, yang masing-masing punya sensor 2 MP.

Sementara, untuk memanjakan para penyuka foto selfie dan video call, OPPO A91 dilengkapi dengan kamera depan 16 MP dengan aperture f/2.0. Untuk catu daya, OPPO A91 telah ditenagai baterai berkapasitas 4.025 mAh dengan dukungan fast charging 20W VOOC 3.0.

Harga: Rp3.999.000 (8 GB/128 GB)

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M21

Samsung Galaxy M21 resmi diboyong oleh Samsung ke pasar Indonesia. Ditenagai chipset Exynos 9611, RAM 4 GB dan penyimpanan internal...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y30

Setelah memperkenalkan vivo Y50, vivo kembali melengkapi lini Y Series yang dikembangkannya dengan menghadirkan vivo Y30. Smartphone yang ditenagai chipset...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A92

OPPO beberapa waktu lalu telah memperkenalkan smartphone barunya, yang masuk ke lini A Series di Indonesia. Smartphone tersebut adalah OPPO...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A52

OPPO diam-diam telah memboyong OPPO A52 ke pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ke bawah ini telah dibekali chipset Snapdragon 665...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Meramaikan pasar smartphone kelas menengah, Samsung baru saja memboyong Galaxy A31 ke Indonesia. Smartphone yang dijual seharga Rp4 jutaan ini...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Apple iPhone SE (2020)

Apple pada pertengahan bulan lalu sudah meluncurkan smartphone "murah" terbarunya, iPhone SE (2020). Ini adalah generasi kedua dari iPhone SE...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifkasi vivo Y50

Pasar Indonesia kembali kedatangan smartphone kelas menengah yang ditawarkan oleh vivo. Smartphone tersebut adalah vivo Y50 yang sudah dbekali chipset...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A12

Dikelas menengah ke bawah, OPPO baru saja memperkenalkan smartphone barunya, OPPO A12. Smartphone yang dibanderol seharga Rp2 jutaan ini telah...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer