Connect with us
UX581
Fitur

9 Alasan Mengapa Smartphone Android Perlu Di-root

Updated

Android adalah sistem operasi milik Google yang memiliki hak akses bebas alias open source. Dengan begini pengguna bisa leluasa untuk melakukan banyak hal seperti meng-install aplikasi dari berbagai sumber, menciptakan aplikasi sendiri untuk smartphone, serta mengkustomisasi sebuah proses pada sistem operasi tersebut.

Meski begitu, Jika Anda ingin melakukan hal-hal ajaib pada smartphone Android, dibutuhkan sebuah hak akses root. Mungkin benar, dengan me-rooting smartphone, garansi smartphone Anda bakal hilang. Tapi kami rasa lebih banyak keuntungan ketimbang kerugian yang akan Anda dapat. Untuk itu, kami merangkun beberapa alasan penting mengapa Anda harus me-root smartphone sekarang juga.

Install custom ROM

Instalasi custom ROM menjadi alasan utama mengapa banyak orang melakukan root pada smartphone mereka. Apalagi pada smartphone yang tidak menerima update resmi dari vendornya, pasti hal ini akan sangat membantu. Anda dapat meng-update versi Android dengan sangat mudah. Salah satu penyedia ROM terbesar untuk update Android adalah CyanogenMod atau ParanoidAndroid.

Mengontrol penuh smartphone

Aplikasi yang kami maksud di sini adalah Tasker. Aplikasi ini membutuhkan hak akses root agar dapat berjalan. Percaya tak percaya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal menakjubkan seperti menyalakan lampu secara terjadwal, panggilan otomatis, mengaktifkan mode silent pada jam-jam tertentu, mengirim pesan ke orang tertentu atau siapa pun secara otomatis, serta masih banyak fungsi keren lainnya.

Personalisasi smartphone

Selain untuk flashing ROM, Rooting juga memungkinkan Anda untuk mengubah beberapa personalisasi pada smartphone Android. Alat kustomisasi ini bernama Xposed. Anda dapat men-download aplikasi ini langsung di Google Play Store. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini, salah satunya adalah memodifikasi animasi boot saat menyalakan smartphone. Meskipun memerlukan pengetahuan teknis dalam penggunaannya, kami rasa tidak terlalu sulit jika Anda ingin coba menggunakannya.

Hapus bloatware

Jika Anda memiliki smartphone Xiaomi atau ASUS, Anda akan menemukan banyak aplikasi bawaan pabrik yang tidak begitu Anda perlukan. Aplikasi-aplikasi ini biasa disebut dengan istilah bloatware. Beberapa aplikasi mungkin berguna, namun faktanya banyak pengguna mengeluh sebab aplikasi-aplikasi bloatware memakan banyak ruang penyimpanan. Terkadang untuk menghapus aplikasi bawaan ini, Anda harus melakukan rooting.

Awetkan baterai

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola penggunaan baterai dan kecepatan prosesor pada smartphone Anda. Jika ini dilakukan dengan benar, maka jangan heran bila daya tahan baterai smartphone terasa lebih kuat dan awet. Lagi-lagi untuk dapat melakukan hal ini smartphone harus sudah dalam kondisi root.

Overclock prosesor

Jika kita dapat menurunkan performa prosesor untuk menghemat daya tahan baterai, kita juga dapat meningkatkan kinerja prosesor agar smartphone berjalan lebih cepat dari biasanya. Namun Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena dapat merusak sistem smartphone itu sendiri. Meski kinerja terasa lebih cepat, daya tahan baterai pun akan mudah habis. Yang penting, lakukan hal ini dengan bijak sesuai dengan kebutuhan.

Backup dan lindungi data

Dengan me-rooting smartphone, Anda dapat membackup dan mengamankan data dengan mudah. Tak terkecuali data-data penting seperti data aplikasi, preferensi pengguna, dan cadangan Nandroid. Hal ini sangat berguna ketika sistem smartphone Anda mengalami masalah atau kerusakan yang mengharuskan Anda melakukan proses flashing. Karena data telah tersimpan secara rapi, Anda dapat me-restore-nya kapan saja.

Kembalikan foto yang terhapus

Rooting memungkinkan Anda untuk memulihkan foto yang hilang atau terhapus dari perangkat Android Anda. Dengan bantuan aplikasi DiskDigger, Anda dapat men-scan, melihat preview gambar, dan memutuskan apakah Anda ingin mengembalikan foto yang terhapus tadi atau tidak. Selain itu Anda juga dapat mengirim foto ke email jika dirasa ruang penyimpanan ponsel Anda sudah sesak.

Optimalisasi internal storage

Tak hanya menghemat dan mempercepat performa Android, dengan rooting Anda juga dapat memaksimalkan penggunaan storage pada smartphone. Maksud kami, Anda dapat memindahkan penyimpanan data aplikasi internal ke kartu microSD. Anda wajib mencoba cara ini jika dirasa smartphone memiliki ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar.

Itulah sembilan alasan mengapa Anda harus melakukan root pada smartphone yang Anda gunakan. Setelah membacanya, semoga sekarang Anda tidak ragu lagi untuk melakukan proses root karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Oh ya, jika Anda punya alasan lain, silakan share melalui kolom komentar di bawah ya!

ROGP2
Comments

Harga HP Terbaru

realme 5i realme 5i
Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 5i

realme di awal tahun ini kembali membuat kejutan di pasar Indonesia. Ya! realme akan melengkapi jajaran smartphone harga terjangkau, yakni...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme X50 5G

realme secara resmi telah memperkenalkan smartphone 5G pertamanya, realme X50 5G. Mulai dari harga Rp5 jutaan smartphone ini datang dengan...

harga xiaomi mi note 10 pro harga xiaomi mi note 10 pro
Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 resmi rilis di Indonesia, smartphone yang memiliki kamera utama beresolusi 108 MP ini dibenderol dengan harga...

OPPO Reno3 5G OPPO Reno3 5G
Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno3 5G

OPPO baru saja memperkenalkan OPPO Reno3 5G. Ya! Harga smartphone ini dijual mulai dari Rp6,8 juta dan datang dengan dukungan...

Harga OPPO A91 Harga OPPO A91
Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A91

Diakhir tahun 2019 ini OPPO telah merilis OPPO A91. Smartphone ini datang ditenagai chipset Helio P70 dari MediaTek yang berpasangan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 2.3

HMD Global di penghujung tahun 2019 ini kembali merilis smartphone baru. Dengan banderol Rp1,7 jutaan, smartphone tersebut adalah Nokia 2.3...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y19

vivo diam-diam telah memboyong smartphone kelas harga menengah ke bawah terbarunya ke Indonesia. Ya! Smartphone yang dimaksud adalah vivo Y19,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Samsung pada akhir tahun ini telah memperbarui lini Galaxy A Series dengan menghadirkan Galaxy A51. Dengan harga Rp4,2 jutaan, smartphone...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!