Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Olympiad in Informatics (IOI) Ke-34 akan Digelar di DI Yogyakarta

Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) di tahun ini. Kompetisi internasional paling bergensi ini akan digelar di DI Yogyakarta pada tanggal 7 – 15 Agustus 2022.

Updated

Tahun 2022, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI). Ini merupakan ajang kompetisi internasional paling bergengsi di bidang informatika untuk siswa sekolah menengah dan sekolah menengah atas.

Menariknya, penyelenggaran IOI ke-34 ini akan dihelat di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang akan digelar mulai tanggal 7 hingga 15 Agustus 2022. Oleh Suharti, Sekjen Kemendikbudristek, diperkirakan, akan ada 360 peserta dari 89 negara, 72 diantaranya akan hadir langsung ke Indonesia.

“Tim penyelenggara IOI 2022 telah melakukan berbagai koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Hal ini bertujuan untuk membantu dalam persiapan kedatangan para peserta IOI ke-34 dari luar negeri,” ucap Suharti.

Ditambahkan oleh Suharti bahwa kesuksesan perhelatan IOI ke-34 ini akan dibuktikan dari hasil kolaborasi Pemerintah Pusat, Daerah, Swasta dan juga Media. Selain itu, ini juga kesempatan baik bagi Indonesia untuk meningkatkan kemampuan generasi muda pada bidang informatika.

Sementara itu, Brian Marshal selaku IOI 2022 Host Organizing Committee sekaligus Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia menuturkan bahwa dua tahun berturut-turut kompetisi ini digelar secara online. IOI 2022 di Indonesia akan menjadi kompetisi pertama yang digelar secara hybrid.

“Alumni dan Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) melalui wadah Ikatan Alumni (IA) TOKI merasa senang dan bangga dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan Kemendikbudristek dalam penyelenggaraan IOI 2022,” kata Brian.

Ditambahkan oleh Brian bahwa IOI yang pertama kali dilakukan secara hybrid ini kemungkinan melibatkan tim dan peserta terbanyak sepanjang sejarah. Indonesia sendiri telah mengikuti ajang kompetisi ini sejak tahun 1995 dan beberapa kali meraih juar dan mengumpulkan banyak medali.

Sementara itu, Praktisi Teknologi Informatika, Ainun Najib, mengatakan trend dan peluang besar di bidang informatika serta pentingnya sejak kanak-kanak mempelajari prinsip-prinsip dasar bagaimana caranya menggunakan kecepatan komputer untuk membantu memecahkan masalah.

“Beberapa dekade terakhir bermunculan inovasi teknologi. Kemampuan komputasi, kalkulasi dan otomasi, kecepatannya tumbuh secara eksponensial dan telah membantu manusia untuk mengambil alih beban pekerjaan yang dulunya manual dengan pikiran dan tangan manusia,” tegas Ainun.

Pada kesempatan yang sama, peraih medali perak IOI 2009 sekaligus praktisi teknologi informasi, Veni Johanna, mengatakan bahwa pelajar serta praktisi teknologi di Indonesia sangat mampu untuk bersaing di dunia informatika internasional.

“Hal tersebut dibuktikan oleh Tim Olimpiade Komputer Indonesia secara rutin meraih medali di International Olympiad in Informatics (IOI), bahkan meraih emas di tiga IOI terakhir. Kesuksesan di kompetisi seperti ini adalah bekal baik untuk dunia profesional juga,” tuturnya.

“Seperti yang sudah kita lihat bersama, beberapa alumni olimpiade sains SMA banyak yang kemudian menjadi founder atau pemimpin perusahaan teknologi di Indonesia. Tak hanya itu, ada beberapa dari mereka yang bekerja di perusahaan teknologi dunia seperti di Silicon Valley,” tambah Veni.

Dalam kompetisi tahun ini, Indonesia mengirimkan 8 peserta yang terbagi dalam 2 tim. Tim A terdiri dari Albert Yulius Ramahalim (SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat), Juan Carlo Vieri (SMA Intan Permata Hati Surabaya), Maximilliano Utomo (SMA Xin Zhong Surabaya), dan Joseph Oliver Lim (SMAK 1 Penabur Jakarta).

Sedangkan Tim B terdiri dari Albert Ariel Putra (SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo), Matthew Allan (SMA Kanisius Jakarta), Andrew (SMA S Sutomo 1 Medan), dan Vannes Wijaya ( MAN 8 Pekanbaru). Penyelenggaraan IOI 2022 ini juga didukung pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan sejumlah mitra perusahaan swasta.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer