Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Menengok BTS 4G yang Dibangun BAKTI di Desa Selong Belanak

Salah satu BTS 4G yang dibangun oleh BAKTI dan sudah dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar adalah yang berlokasi di Desa Selong Belanak, Lombok Tengah – NTB.

Updated

Hingga tahun 2022 ini, BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kemenkominfo telah mengerjakan pembangunan BTS 4G yang “on air” sebanyak 4.321 titik atau lokasi. Jumlah ini akan terus bergerak hingga mencapai 7.000 lokasi di tahun 2024 nanti.

Nah! Salah satu BTS 4G yang dibangun oleh BAKTI dan sudah dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar adalah yang berlokasi di Desa Selong Belanak, Lombok Tengah – NTB. Pembangunan BTS 4G ini juga upaya BAKTI melakukan percepatan pembangunan infrastruktur TIK di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

Seperti dikatakan oleh Bambang Noegroho, Direktur Infrastruktur BAKTI Kemenkominfo dihadapan sejumlah media bahwa pembangunan BTS 4G di Desa Selong Belanak ini merupakan bagian dari pengembangan wilayah “super premium Mandalika dan juga pembangunan infrastruktur di wilayah 3T.

“Di area ini, kami mendirikan tower dengan tinggi 32 meter. Selain itu, ada juga VSAT dan Solar Panel sebagai catu daya untuk BTS 4G ini. Sementara, untuk lahan yang digunakan, tentunya kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Selong Belanak,” ujar Bambang.

Ditambahkan oleh Bambang bahwa hadirnya BTS 4G yang dibangun BAKTI ini dapat mengisi kekosongan daerah yang tidak tercakup sinyal alias blankspot. Namun, memang tidak mudah untuk membangun sebuah BTS 4G di wilayah 3T, seperti Desa Selong Belanak ini salah satunya.

Kehadiran BTS 4G yang dibangun oleh BAKTI ini juga disambut gembira oleh Radjab sebagai Kepala Dusun Selong Belanak. Ia mengatakan bahwa BTS 4G yang dibangun oleh BAKTI ini banyak memberi manfaat, terutama kemudahan bagi warganya untuk melakukan komunikasi.

“Tak hanya memberikan kemudahan bagi warga kami untuk berkomunikasi dengan saudara-saudaranya yang berada di luar desa ini atau yang bekerja sebagai TKI, tetapi BTS 4G dari BAKTI ini juga membawa dampak ekonomi yang bisa dirasakan secara langsung,” ujar Radjab.

Kini warga di Desa Selong Belanak dan beberapa desa sekitarnya bisa berkomunikasi dengan lancar dengan pihak luar desa. Pada akhirnya, kemudahan ini juga memunculkan peluang ekonomi baru untuk kesejahteraan warga, seperti kini ada beberapa warga yang membuka kios penjualan pulsa.

Secara nasional, saat ini sudah ada 4.500 4G BTS di wilayah 3T yang dibangun BAKTI, dengan target bisa terbangun total 7000 BTS 4G hingga 2024. Sebanyak 4.321 BTS 4G di wilayah 3T itu sudah beroperasi dan bisa melayani masyarakat di wilayah terpencil.

Sebagai informasi tambahan, secara nasional ada 12.548 desa di Indonesia yang belum terjangkau jaringan 4G operator seluler. Sebanyak 9.113 desa akan dibangun dan dihadirkan 4G sinyal oleh BAKTI di wilayah 3T, sedangkan 3.435 desa dan kelurahan di wilayah komersial menjadi komitmen operator seluler.

“Tentunya kami akan berupaya sekuat tenaga untuk mencapai target yang sudah ditentukan di tahun 2024 nanti. Memang, tak sedikit tantangan yang harus kami hadapi, mulai dari  jangkauan wilayah Kepulauan Indonesia yang sangat luas, dan juga faktor keamanan, seperti di Papua,” pungkas Bambang.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer