Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Berita

Ini Dia Sederet Fitur yang Dibawa Nova Launcher Terbaru

Nova Launcher hingga saat ini masih jadi launcher pihak ketiga yang banyak dipakai oleh pengguna smartphone Android. Kini, launcher tersebut sudah memasuki versi 6.0 beta1. Fitur dan peningkatan apa saja yang ditawarkan?

Updated

Jika kalian pengguna setia smartphone Android, tentunya kalian sangat familiar bahwa sistem operasi Google ini memberi kemudahan untuk mengubah launcher. Ya! Kalian bisa mengubah launcher default yang terpasang di smartphone dan menggantinya dengan launcher yang dikembangkan pihak ketiga.

Ini adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Android dan membedakannya dengan iOS, sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple. Launcher milik pihak ketiga juga biasanya menyajikan fitur dan fungsi terbaru yang menawarkan kenyamanan lebih.

Salah satu launcher yang populer di Android dan begitu banyak orang menggunakannya adalah Nova Launcher. Pada bulan November tahun lalu, versi stabil telah diperbarui menjadi 5.5. Sekarang, Nova Launcher 6.0-beta1 telah dirilis dan menawarkan banyak fitur baru yang menarik.

Nova Launcher merupakan launcher berbasis AOSP Launcher. Hanya saja, pengembang launcher ini telah menambahkan banyak opsi yang tentunya bisa disesuaikan oleh pengguna. Bahkan, pengguna dapat membuatnya terlihat seperti Pixel Launcher denagn tetap mempertahankan lebih banyak fitur.

Lantas, pembaruan apa saja yang bisa kalian temukan jika memasang Nova Launcher 6.0-beta1? Pertama, launcher ini telah menambahkan tata letak menu pengaturan dan ada juga beberapa peningkatan. Pilihan untuk menyesuaikan dock sekarang menjadi bagian dari pengaturan Desktop.

Selain itu, aplikasi kini memiliki hirarki pengaturan yang lebih intuitif. Nova Setting juga sekarang dapat dicari untuk parsing yang lebih cepat. Sudah seharusnya, ini membuat peningkatan di sisi kenyamanan dalam hal penggunaan, terutama untuk kalian yang baru menggunakan Nova Luancher.

Opsi Adaptive Icon kini juga tersedia, termasuk bentuk baru yang dapat kalian pilih. Sekarang ada opsi untuk secara otomatis mencocokkan ukuran ikon folder dan ikon aplikasi ke desktop. Versi beta terbaru ini juga memiliki window baru yang lebih menarik di folder.

Bentuk folder pun juga menawarkan opsi yang sama seperti Adaptive Icon. Kalian dapat memilih bentuk Round, Squircle, dan sebagainya. Opsi gulir secara vertikal atau horisontal untuk folder juga telah ditambahkan.

Kalian juga dapat menata bilah pencarian dengan cara yang sama seperti kalian menaruhnya di desktop. Layanan penyedia pencarian pun sekarang dapat diatur, mau menggunakan yang dimiliki oleh Google atau Nova secara default.

Pada akhirnya, kalian tidak perlu lagi Nova Launcher Prime yang berbayar hanya sekadar untuk mengubah ukuran ikon. Ya! Perubahan seperti inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pengguna setia Nova Luancher selama bertahun-tahun.

Kalian sekarang akan dapat menambah atau mengurangi ukuran ikon sesuai dengan keinginan. Kalian juga dapat, misalnya ingin meningkatkan ukuran ikon agar membuat launcher ini terlihat sama dengan Pixel Launcher. Semua itu kini bisa kalian lakukan.

Baca juga

Namun, Nova Launcher sendiri kini bukan lagi satu-satunya launcher pihak ketiga yang begitu menarik di Android. Kompetitornya, seperti Lawnchair dan Rootless Pixel Launcher kini terus dipoles oleh pengembangnya dan juga menawarkan fitur yang tak kalah menarik.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy M Series di pasar Indonesia. Smartphone tersebut datang dengan nama Samsung Galaxy M62 yang punya...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10S

Secara resmi Xiaomi telah memboyong Redmi Note 10S ke pasar Indonesia pada tanggal 18 Mei lalu. Penjualan smartphone tersebut baru...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer