Connect with us
UM3406
Berita

Instagram Hapus Aplikasi Boomerang dan Hyperlapse

Instagram akan menhapus aplikasi video timelapse Hyperlapse, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014, dan aplikasi video looping Boomerang, yang diluncurkan pada tahun 2015.

Updated

Instagram secara resmi pada minggu lalu telah mengkonfirmasi rencananya yang akan menghapus aplikasi IGTV, dan akan fokus pada inisiatif lainnya, seperti Reels. Namun, Instagram kembali membuat kejutan, yang kembali mengkonfirmasi akan “mencabut” dua aplikasi lamanya dari toko aplikasi.

Ya! Instagram akan menghapus aplikasi video timelapse Hyperlapse, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014, dan aplikasi video looping Boomerang, yang diluncurkan pada tahun 2015. Menurut data yang diberikan kepada TechCrunch oleh Apptopia, hari terakhir Hyperlapse dan Boomerang di toko aplikasi adalah 1 Maret 2022.

Dari kedu aplikasi tersebut, Boomerang memiliki basis instalasi atau pemasangan yang lebih besar. Data Apptopia menunjukkan bahwa Boomerang telah didownload sebanyak 301 juta kali, sementara Hyperlapse tercatat hanya sebanyak 23 juta kali.

Selain itu, Boomerang juga masih memiliki rata-rata 26.000 download per hari pada saat dihapus. Namun, Boomerang memiliki basis instalasi yang besar bukan tanpa sebab. Pasalnya, Boomerang bisa ditemukan di Apple App Store dan Google Play Store. Sementara, aplikasi Hyperlapse hanya tersedia di Apple App Store.

Instagram memang tidak membuat pengumuman resmi tentang penghapusan di blognya. Tetapi, beberapa orang telah berceloteh via Twitter, termasuk konsultan media sosial ternama Matt Navarra, dan pengguna Twitter @KenSchillinger dan @WFBrother.

Tidak mengherankan jika melihat kedua aplikasi ini dimatikan. Awalnya, kedua aplikasi tersebut dihadirkan sebagai cara untuk memberi pengguna tools kreatif baru tanpa menghambat aplikasi utamanya, Instagram. Tetapi kekhawatiran Instagram tentang hal ini telah lama berlalu.

Saat ini, Instagram menawarkan akses ke postingan foto dan video, Stories, konten video pendek seperti TikTok (Reels), video langsung, belanja online, produk dengan waktu terbatas, dan banyak lagi. Faktanya, sekarang ada begitu banyak hal yang terjadi di dalam aplikasi Instagram.

Sementara, kebutuhan akan aplikasi efek kreatif khusus tidak lagi masuk akal, karena Instagram kini telah mengintegrasikan rangkaian tools kreatifnya langsung ke kamera Instagram. Misalnya, ketika Instagram meluncurkan efek Boomerang baru — seperti SloMo, Echo, dan Duo — itu dilakukan langsung di Instagram itu sendiri.

Dan sekarang, ketika Instagram ingin pengguna berkreasi dengan video, mereka menambahkan fitur yang diberi nama Reels. Ditambah, seperti yang dikatakan oleh Instagram ketika mengkonfirmasi penutupan IGTV, sekarang ingin membuat video sesederhana mungkin untuk ditemukan dan dibuat dari dalam aplikasi utamanya.

Sementara Hyperlapse dan Boomerang telah ditarik dari toko aplikasi, Layout, yang memungkinkan pengguna mengatur foto menjadi kolase, tetap tersedia untuk saat ini. Instagram mengonfirmasi tidak akan menghapus Layout dan fitur Boomerang akan terus didukung di aplikasi.

“Kami telah menghapus dukungan untuk aplikasi Boomerang dan Hyperlapse. Ini sebagai upaya kami untuk lebih fokus pada aplikasi utama,” kata juru bicara Instagram. “Kami akan terus mengembangkan cara-cara baru bagi orang-orang untuk berkreasi dan bersenang-senang di Instagram,” tambah mereka.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer