Connect with us
ROG
Berita

Dua Smartphone Mid-range Nokia Meluncur di IFA 2019

HMD Global baru pertama kali ikutan IFA 2019 yang digelar di Berlin, Jerman. Tidak hanya sekadar ikut meramaikan, mereka juga menelurkan ponsel pintar terbaru. Ya! Ada Nokia 7.2 dan Nokia 6.2.

Updated

Ikut meramaikan gelaran IFA 2019 untuk pertama kalinya, HDM Global membuat kejutan. Ya! Pabrikan smartphone yang memegang penuh lisensi merek Nokia ini membawa dua mid-range terbarunya, Nokia 7.2 dan Nokia 6.2. Keduanya hampir sama persis, hanya saka 7.2 datang dengan kamera yang lebih baik dan chipset lebih cepat.

Nokia 7.2

HMD memperkenalkan Nokia 7.2 dengan dukungan tiga kamera yang ditempatkan di bagian belakang. Menariknya, HMD membuat desain modul kameranya ini terlihat berbeda dengan kebanyakan Nokia Series lainnya. Ya! Desainnya dibuat berbentuk lingkaran yang menonjol.

Kamera utamanya menggunakan sensor 1/2″ dengan resolusi 48 MP yang juga dilengkapi dengan mode khusus pemotretan malam alias night mode. Sementara, kamera kedua adalah 8 MP ultra-wide dengan sudut 118 derajat dan kamera ketiga berupa sensor kedalaman 5 MP.

Kamera depannya adalah lensa 20 MP yang juga dapat menggunakan binning 4-in-1 pixel untuk meningkatkan kualitas gambar. Tentu saja, HMD melengkapi dukungan semua kamera yang disematkan dengan memakai lensa yang diproduksi oleh ZEISS.

HMD masih percaya diri untuk meramu Nokia 7.2 dengan layar poni bergaya waterdrop. Ukuran layarnya sendiri adalah 6,3 inci dengan teknologi LCD dan resolusinya sudah FullHD+ alias 1.080p+. Layarnya ini HDR10-anable untuk streaming konten dan dapat mengonversi rekaman SD ke HDR.

Nokia 7.2 ditenagai oleh chipset Snapdragon 660 yang dipadukan dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB serta internal storage (eMMC) berkapasitas 64 GB atau 128 GB. Tak perlu khawatir soal penyimpanan data, smartphone ini juga masih dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 512 GB.

Ponsel pintar ini berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie dan HMD telah berkomitmen untuk memperbaruinya ke Android 10. Dijanjikan, smartphone ini akan menerima upgrade sistem operasi yang terpasang selama dua tahun dan pembaruan keamanan selama tiga tahun.

Untuk catu daya, di dalam smartphone ini telah terpasang baterai berkapasitas 3.500 mAh dengan pengisian daya standar 10W melalui USB-C. Konektor kabel lainnya adalah jack headphone 3.5mm dan pengguna dapat menggunakan Bluetooth dengan aptX jika ingin terkoneksi secara nirkabel.

HMD menjanjikan bahwa smartphone ini baru akan tersedia di pasaran mulai akhir September tahun ini. Untuk model yang paling rendah, yakni RAM 4 GB + ROM 64 GB dijual seharga € 300 atau sekitar Rp4,7 juta. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, Cyan Green, Charcoal dan Ice.

Nokia 6.2

Sama seperti saudaranya, Nokia 6.2 juga punya layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi FullHD+ dan ada juga dukungan HDR10. Smartphone ini juga punya batera berkapasitas yang sama dengan Nokia 7.2, yakni 3.500 mAh dengan pengisian daya 10W.

Untuk dukungan kameranya, jumlahnya juga sama, yakni tiga lensa di bagian belakang. Hanya saja, sensor utamanya adalah 16 MP yang masih ditunjang dengan mode HDR dan Night, tetapi tidak ada pixel binning. Lensa kedua dan ketiga hampir identik, yakni 8 MP ultra-wide dengan sudut 118 derajat dan sensor kedalaman 5 MP.

Kamera depannya juga diturukan resolusinya, yakni hanya 8 MP. Perubahan lainnya adalah chipset yang disematkan. Nokia 6.2 menggunakan Snapdragon 636. Seperti halnya Snapdragon 660, chipset yang ada pada Nokia 6.2 ini memiliki CPU dengan konfigurasi 4 + 4 dari core Kryo yang berasal A73 dan A53, namun clock speed-nya lebih rendah.

Baik Nokia 6.2 dan Nokia 7.2, keduanya tidak menggunakan material polikarbonat dan alumunium, pilihan paling umum untuk sasis sebuah smartphone. Sebagai gantinya, mereka berdua menggunakan komposit polimer. Dikatakan oleh HMD, material yang mereka gunakan lebih kuat dari polikarbonat dan lebih ringan dari alumunium.

Baca juga

Menariknya, kedua layar smartphone ini sudah diproteksi dengan Gorilla Glass 3 dari Corning, begitu juga bagian belakangnya. Nokia 6.2 baru akan tersedia pada bulan Oktober 2019. Model RAM 3 GB + ROM 32 GB dijual seharga € 200 atau sekitar Rp3,2 juta. Ada juga model RAM 4 GB + ROM 64 GB dijual seharga € 250 atau sekitar Rp4 juta.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer