Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

BAKTI Bikin Melek Digital UMKM di Wilayah 3T, Ini Buktinya!

BAKTI Kemenkominfo sukses memberikan pelatihan Digital Marketing dan Bahasa Inggris kepada UMKM dan warga di Desa Sukarara, Lombok – NTB.

Updated

Ada hal yang menarik ditunjukkan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kemenkominfo dalam memajukan UMKM di Tanah Air. Ya! Seperti yang kita tahu, BAKTI memiliki fokus untuk membangun BTS 4G di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Indonesia.

Guna memanfaatkan infrastruktur jaringan 4G yang sudah dibangun, BAKTI juga memberikan pelatihan digital kepada UMKM dan warga setempat. Salah satu keberhasilannya ditunjukkan oleh BAKTI di Desa Sukarara, Lombok – Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti dikatakan oleh Danny Januar, Direktur Layanan TI untuk Pemerintah dan Masyarakat BAKTI Kemenkominfo bahwa pelatihan digital yang diberikan kepada UMKM di Desa Sukarara digelar sejak 2019. Pelatihan digital yang diberikan adalah Digital Marketing.

“Sekitar 30 UMKM terlibat aktif dalam pelatihan Digital Marketing yang kami berikan sejak 2019 lalu. Pelatihan ini sengaja diberikan guna mendorong lebih aktif UMKM di Desa Sukarara untuk memanfaatkan infrastruktur jaringan 4G yang sudah kami bangun,” ujar Danny.

Menariknya, tidak hanya pelatihan Digital Marketing untuk UMKM, khusus di Desa Sukarara, BAKTI juga mengadakan pelatihan Bahasa Inggris untuk 500 warga dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata menghadapi pemulihan sektor ini yang mulai terlihat.

Pelatihan Digital Marketing dan Bahasa Inggris yang diberikan oleh BAKTI juga disambut gembira oleh Kepala Desa Sukarara, Zakaria. Di hadapan sejumlah media, Ia menegaskan bahwa dirinya sangat gembira karena BAKTI sudah memberikan pelatihan digital untuk kemajuan warganya.

“Pelatihan Digital Marketing dan Bahasa Inggris yang diberikan secara cuma-cuma oleh BAKTI kepada UMKM dan warga Desa Sukarara tentunya sesuatu hal yang sangat bermanfaat. Kami kini merasakan dampak positif dari pelatihan digital yang diberikan oleh BAKTI,” ucap Zakaria.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yosi, pemilik UMKM kuliner Ombak Food. Ia mengatakan bahwa pelatihan Digital Marketing yang diberikan oleh BAKTI sudah menuai hasil. Kini, dirinya lebih percaya diri untuk memasarkan hasil kuliner Ombak Food ke banyak orang di Lombok ataupun di luar Lombok.

“Sebelumnya, saya gaptek dengan yang namanya Digital Marketing. Karena, saya sudah merasa nyaman berjualan online. Namun, berkat pelatihan yang diberikan oleh BAKTI, saya akhirnya lebih melek digital sehingga bisa memasarkan produk kuliner Ombak Food ke banyak orang,” ujar Yosi.

Tak mau kalah, pelaku UMKM lainnya, yakni Satria yang bergerak dalam pembuatan kain tenun asli Lombok juga mengatakan hal yang sama. Pelatihan Digital Marketing yang diberikan oleh BAKTI bisa membawa hasil tenunnya hingga ke mancanegara.

“Tentunya kami juga merasa bangga karena bisa memberikan sesuatu yang bernilai guna bagi banyak masyarakat, terutama kepada mereka yang berada di wilayah 3T. Harapannya, infrastruktur jaringan 4G yang kami bangun dan pelatihan digital yang kami berikan bisa membawa dampak positif,” pungkas Danny.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer