Connect with us
UM3406
Berita

BAKTI Bikin Melek Digital UMKM di Wilayah 3T, Ini Buktinya!

BAKTI Kemenkominfo sukses memberikan pelatihan Digital Marketing dan Bahasa Inggris kepada UMKM dan warga di Desa Sukarara, Lombok – NTB.

Updated

Ada hal yang menarik ditunjukkan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kemenkominfo dalam memajukan UMKM di Tanah Air. Ya! Seperti yang kita tahu, BAKTI memiliki fokus untuk membangun BTS 4G di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Indonesia.

Guna memanfaatkan infrastruktur jaringan 4G yang sudah dibangun, BAKTI juga memberikan pelatihan digital kepada UMKM dan warga setempat. Salah satu keberhasilannya ditunjukkan oleh BAKTI di Desa Sukarara, Lombok – Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti dikatakan oleh Danny Januar, Direktur Layanan TI untuk Pemerintah dan Masyarakat BAKTI Kemenkominfo bahwa pelatihan digital yang diberikan kepada UMKM di Desa Sukarara digelar sejak 2019. Pelatihan digital yang diberikan adalah Digital Marketing.

“Sekitar 30 UMKM terlibat aktif dalam pelatihan Digital Marketing yang kami berikan sejak 2019 lalu. Pelatihan ini sengaja diberikan guna mendorong lebih aktif UMKM di Desa Sukarara untuk memanfaatkan infrastruktur jaringan 4G yang sudah kami bangun,” ujar Danny.

Menariknya, tidak hanya pelatihan Digital Marketing untuk UMKM, khusus di Desa Sukarara, BAKTI juga mengadakan pelatihan Bahasa Inggris untuk 500 warga dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata menghadapi pemulihan sektor ini yang mulai terlihat.

Pelatihan Digital Marketing dan Bahasa Inggris yang diberikan oleh BAKTI juga disambut gembira oleh Kepala Desa Sukarara, Zakaria. Di hadapan sejumlah media, Ia menegaskan bahwa dirinya sangat gembira karena BAKTI sudah memberikan pelatihan digital untuk kemajuan warganya.

“Pelatihan Digital Marketing dan Bahasa Inggris yang diberikan secara cuma-cuma oleh BAKTI kepada UMKM dan warga Desa Sukarara tentunya sesuatu hal yang sangat bermanfaat. Kami kini merasakan dampak positif dari pelatihan digital yang diberikan oleh BAKTI,” ucap Zakaria.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yosi, pemilik UMKM kuliner Ombak Food. Ia mengatakan bahwa pelatihan Digital Marketing yang diberikan oleh BAKTI sudah menuai hasil. Kini, dirinya lebih percaya diri untuk memasarkan hasil kuliner Ombak Food ke banyak orang di Lombok ataupun di luar Lombok.

“Sebelumnya, saya gaptek dengan yang namanya Digital Marketing. Karena, saya sudah merasa nyaman berjualan online. Namun, berkat pelatihan yang diberikan oleh BAKTI, saya akhirnya lebih melek digital sehingga bisa memasarkan produk kuliner Ombak Food ke banyak orang,” ujar Yosi.

Tak mau kalah, pelaku UMKM lainnya, yakni Satria yang bergerak dalam pembuatan kain tenun asli Lombok juga mengatakan hal yang sama. Pelatihan Digital Marketing yang diberikan oleh BAKTI bisa membawa hasil tenunnya hingga ke mancanegara.

“Tentunya kami juga merasa bangga karena bisa memberikan sesuatu yang bernilai guna bagi banyak masyarakat, terutama kepada mereka yang berada di wilayah 3T. Harapannya, infrastruktur jaringan 4G yang kami bangun dan pelatihan digital yang kami berikan bisa membawa dampak positif,” pungkas Danny.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer