Connect with us
Tech News

Wow! Apple A12 Bionic Punya Skor AnTuTu yang Mengesankan

Setelah ketiga model iPhone terbaru resmi dirilis oleh Apple, sejumlah aplikasi benchmarking ikut-ikutan merilis kinerja dari smartphone tersebut. Menarik! AnTuTu pun ikut-ikutan memperlihatkan kinerja Apple A12 Bionic yang menjadi otak dari ketiga model iPhone baru tersebut.

Updated

Dari atas panggung peluncurannya, Apple secara tegas mengatakan bahwa tiga model iPhone terbarunya, iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR telah diperkuat oleh chipset Apple A12 Bionic. Ya! Inilah chipset pertama yang dibangun lewat teknologi proses 7nm.

Sayangnya, Apple di saat yang sama tidak sama sekali menyinggung besaran RAM yang ada di dalam ketiga model iPhone barunya itu. Beruntung, Geekbenck telah menampilkannya dan disebutkan bahwa iPhone XS Max dan iPhone XS datang dengan RAM 4 GB, sedangkan iPhone XR hanya punya RAM 3 GB.

Kini, giliran AnTuTu yang membagikan screenshot baru yang mengungkap bahwa iPhone XS dengan chipset Apple A12 Bionic mencatat skor yang luar biasa. Ya! AnTuTu mencatat skor yang dihasilkan mencapai lebih dari 363 ribu.

Jika dijabarkan lebih dalam, untuk pengujian CPU, GPU, UX, dan Memori, masing-masing membukukan angka sebesar 133.561, 150.931, 66.474 dan 12.559. Secara total, skor benchmarking yang dihasilkan oleh iPhone XS adalah sebesar 363.525 point.

Sekadar informasi untuk kalian, smartphone Android yang disokong dengan chipset papan atas, seperti Snapdragon 845 hanya mampu meraih skor sekitar 290 ribu di benchmarking AnTuTu. Tentu saja, skor pengujian yang dihasilkan oleh iPhone XS menunjukkan betapa kuatnya SoC Apple A12 Bionic.

Dibandingkan dengan chipset Apple A11 yang menjadi mesin penggerak iPhone 8 Plus dan iPhone X, Hexa-core A12 menawarkan peningkatan kinerja hampir 33,3 persen, menggandakan skor GPU, 50 persen peningkatan skor UX dan sekitar 20 persen peningkatan skor Memori.

Apple mengembangkan A12 Bionic dengan dua core berkinerja tinggi yang bekerja 15 persen lebih cepat daripada Apple A11 dan empat core efisiensi daya yang mengkonsumsi daya 50 persen lebih sedikit daripada A11. SoC juga menyertakan GPU empat inti yang menawarkan kinerja grafis 50 persen lebih baik daripada GPU A11.

SoC 7nm berikutnya yang akan kita lihat adalah Kirin 980 yang bakal menjadi otak dari Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro. Selain itu, ada juga Snapdragon 855 yang bakal dibangun oleh Qualcomm dan diperkirakan akan muncul di akhir tahun ini.

Baca juga

Lantas, apakah kedua chipset tersebut mampu menandingi Apple A12 Bionic? Untuk Kirin 980 baru bisa kita lihat kemampuannya pada tanggal 16 Oktober 2018 saat meluncur bersama Mate 20 dan Mate 20 Pro. Sedangkan Snapdragon 855 baru kita lihat kemampuannya di awal tahun 2019 nanti. Jadi, kita tunggu saja.

Comments

Populer