Snapdragon 835 Vs Exynos 8895, Mana Lebih Oke?

Rilisnya Samsung Galaxy S8 dan S8+ mengisyaratkan adanya dua chipset tercepat untuk saat ini. Apa lagi kalau bukan Snapdragon 835 dan Samsung Exynos 9 series (8895). Lalu siapa yang lebih cepat dan lebih canggih di antara keduanya? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Ukuran dan kecepatan

exynos 8895

Kedua processor ini sama-sama menawarkan peningkatan 30 persen untuk kecepatan dan 40 persen untuk penghematan daya. Snapdragon 835 dan Exynos 8895 memiliki ukuran yang super kecil yakni 10nm saja.  Ukuran yang kecil ini membawa banyak keuntungan untuk sisi desain dan dapur pacu. Seperti desain yang lebih tipis hingga kapasitas baterai yang lebih besar.

Snapdragon 835 dan Exynos 8895 memiliki arsitektur octa-core yang terdiri dari empat core bertenaga tinggi untuk meningkatkan kecepatan dan empat core untuk menghemat daya. Untuk kecepatan clock tentu keduanya memiliki nilai yang berbeda namun kami pikir perbedaan tersebut tak akan terlalu terasa.

GPU

speed

Dalam beberapa tahun terakhir, Qualcomm (Adreno) dan ARM (Mali) terus meningkatkan performa GPU, mengingat teknologi VR yang semakin banyak digemari oleh pengguna gadget. Snapdragon 835 menggunakan GPU Adreno 540 sementara Exynos 8895 menggunakan GPU Mali G71.

Adreno 540 diklaim lebih cepat 25 persen dari pedahulunya, Adreno 530. Sementara Mali G71 lebih gila lagi karena mengalami peningkatan yang signifikan, yakni lebih cepat 60 persen dari seri GPU sebelumnya.

Kecepatan internet

s8 sopeed

Tak hanya mengalami peningkatan di sisi dapur pacu saja, keduanya juga membawa peningkatan di sisi koneksi internet. Seperti yang dilansir oleh PhoneArena, Snapdragon 835 dan Exynos 8895 mengalami peningkatan kecepatan internet hingga 1 Gbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload serta LTE Cat.16. Super cepat bukan?

Dukungan kamera

kamera s8

Di sisi kamera kami rasa Exynos 8895 lebih superior dari pada Snapdragon 835 lantaran Exynos 9 mendukung 28 MP untuk single kamera dan 28 MP+16 MP untuk dual-camera. Sedangkan Snapdragon 835 mendukung dual-camera beresolusi hanya 16 MP saja. Namun sungguh disayangkan Samsung Galaxy S8 tidak menggunakan teknologi dual-camera tersebut.

Pengisian daya

charging

Kedua chipset ini hadir dengan tekonologi fast charging terbaru, yakni Quick Charge 4.0 pada Snapdragon 835 dan Adaptive Fast Charger pada Exynos 8895. Setelah dites keduanya memiliki kecepatan pengisian daya yang sama.

Snapdragon 835 dan Exynos 8895 juga dilengkapi dengan fitur wireless charging dengan teknologi yang berbeda. Exynos 8895 menggunakan standar QI dan PMA, sedangkan Snapdragon 835 menggunakan teknologi Qualcomm WiPower. Mana yang lebih baik? Kami rasa keduanya sama-sama baik.

Keamanan

security

Seperti yang kita ketahui keduanya mendukung fitur keaman super canggih yaitu pemindai iris mata dan pengenal wajah. Selain itu, Snapdragon 835 juga menjanjikan deteksi malware otomatis dan otentikasi transaksi untuk pembayaran mobile. Exynos 8895 juga menawarkan fitur yang sama, namun dilengkapi dengan fitur tambahan seperti hardware crypto accelerator dan flash memory protector.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kami mengambil kesimpulan bahwa kedua chipset ini memiliki kekuatan dan kecepatan yang sangat identik. Karena itulah Samsung mau menggunakannya. Namun jika harus memilih mana yang lebih baik, di atas kertas Exynos 8895 menawarkan fitur lebih kaya.

Karena selain memiliki nilai lebih di sisi kamera dan GPU, Exynos 9 bersifat eksklusif yang mana hanya smartphone Samsung saja yang dapat menggunakan chipset tersebut. Namun untuk mengetahui pasti perbedaan performanya, kami juga akan mengujinya saat Galaxy S8 sudah resmi dijual nanti.

(last edit: 2 April, 2017 / 10:15 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
80%
Mau
10%
Biasa Aja
5%
Payah!
5%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.