Connect with us
UX370-JOE
Featured

Snapdragon 835 Vs Exynos 8895, Mana Lebih Oke?

Droidlime.com,

/

banner ex snap

Rilisnya Samsung Galaxy S8 dan S8+ mengisyaratkan adanya dua chipset tercepat untuk saat ini. Apa lagi kalau bukan Snapdragon 835 dan Samsung Exynos 9 series (8895). Lalu siapa yang lebih cepat dan lebih canggih di antara keduanya? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Ukuran dan kecepatan

exynos 8895

Kedua processor ini sama-sama menawarkan peningkatan 30 persen untuk kecepatan dan 40 persen untuk penghematan daya. Snapdragon 835 dan Exynos 8895 memiliki ukuran yang super kecil yakni 10nm saja.  Ukuran yang kecil ini membawa banyak keuntungan untuk sisi desain dan dapur pacu. Seperti desain yang lebih tipis hingga kapasitas baterai yang lebih besar.

Snapdragon 835 dan Exynos 8895 memiliki arsitektur octa-core yang terdiri dari empat core bertenaga tinggi untuk meningkatkan kecepatan dan empat core untuk menghemat daya. Untuk kecepatan clock tentu keduanya memiliki nilai yang berbeda namun kami pikir perbedaan tersebut tak akan terlalu terasa.

GPU

speed

Dalam beberapa tahun terakhir, Qualcomm (Adreno) dan ARM (Mali) terus meningkatkan performa GPU, mengingat teknologi VR yang semakin banyak digemari oleh pengguna gadget. Snapdragon 835 menggunakan GPU Adreno 540 sementara Exynos 8895 menggunakan GPU Mali G71.

Adreno 540 diklaim lebih cepat 25 persen dari pedahulunya, Adreno 530. Sementara Mali G71 lebih gila lagi karena mengalami peningkatan yang signifikan, yakni lebih cepat 60 persen dari seri GPU sebelumnya.

Kecepatan internet

s8 sopeed

Tak hanya mengalami peningkatan di sisi dapur pacu saja, keduanya juga membawa peningkatan di sisi koneksi internet. Seperti yang dilansir oleh PhoneArena, Snapdragon 835 dan Exynos 8895 mengalami peningkatan kecepatan internet hingga 1 Gbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload serta LTE Cat.16. Super cepat bukan?

Dukungan kamera

kamera s8

Di sisi kamera kami rasa Exynos 8895 lebih superior dari pada Snapdragon 835 lantaran Exynos 9 mendukung 28 MP untuk single kamera dan 28 MP+16 MP untuk dual-camera. Sedangkan Snapdragon 835 mendukung dual-camera beresolusi hanya 16 MP saja. Namun sungguh disayangkan Samsung Galaxy S8 tidak menggunakan teknologi dual-camera tersebut.

Pengisian daya

charging

Kedua chipset ini hadir dengan tekonologi fast charging terbaru, yakni Quick Charge 4.0 pada Snapdragon 835 dan Adaptive Fast Charger pada Exynos 8895. Setelah dites keduanya memiliki kecepatan pengisian daya yang sama.

Snapdragon 835 dan Exynos 8895 juga dilengkapi dengan fitur wireless charging dengan teknologi yang berbeda. Exynos 8895 menggunakan standar QI dan PMA, sedangkan Snapdragon 835 menggunakan teknologi Qualcomm WiPower. Mana yang lebih baik? Kami rasa keduanya sama-sama baik.

Keamanan

security

Seperti yang kita ketahui keduanya mendukung fitur keaman super canggih yaitu pemindai iris mata dan pengenal wajah. Selain itu, Snapdragon 835 juga menjanjikan deteksi malware otomatis dan otentikasi transaksi untuk pembayaran mobile. Exynos 8895 juga menawarkan fitur yang sama, namun dilengkapi dengan fitur tambahan seperti hardware crypto accelerator dan flash memory protector.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kami mengambil kesimpulan bahwa kedua chipset ini memiliki kekuatan dan kecepatan yang sangat identik. Karena itulah Samsung mau menggunakannya. Namun jika harus memilih mana yang lebih baik, di atas kertas Exynos 8895 menawarkan fitur lebih kaya.

Karena selain memiliki nilai lebih di sisi kamera dan GPU, Exynos 9 bersifat eksklusif yang mana hanya smartphone Samsung saja yang dapat menggunakan chipset tersebut. Namun untuk mengetahui pasti perbedaan performanya, kami juga akan mengujinya saat Galaxy S8 sudah resmi dijual nanti.

Advertisement
Comments
Featured

6 Pesona Huawei P20 Pro yang Memukau

Published

on

Huawei P20 Pro 4
Pada tahun lalu Apple kembali menggemparkan pasar smartphone global dengan merilis tiga perangkat sekaligus. Ketiganya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Smartphone terakhir yang disebutkan hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di industri ini. Pada awal tahun 2018 ini, tepatnya menjelang akhir bulan Februari lalu, Apple mendapat saingan dengan kehadiran Galaxy S9 dan S9+. Keduanya merupakan smartphone besutan Samsung yang memang hadir untuk berkompetisi di kelas high-end. Dan menjelang akhir Maret 2018 lalu, iPhone X, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ mendapat lawan sepadan dari Huawei. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina ini dengan penuh percaya diri...
Continue Reading
Featured

5 Aplikasi Video Editor yang Cocok Di-install untuk Smartphone

Published

on

aplikasi editor smartphone
Platform online untuk meng-upload video sangatlah beragam. Tak hanya ada YouTube, namun juga ada beberapa layanan lainnya seperti aplikasi sosial media Instagram dan Facebook, atau aplikasi video streaming karya anak bangsa, Vidio.com. Lewat platform online tersebut, kita dapat dengan meng-upload video yang dibuat, entah itu untuk dokumentasi atau sekadar mencari uang tambahan. Yang terpenting, video yang kita upload harus terlihat berkualitas dan menarik. Dengan begitu, kita bisa berharap video tersebut mampu menggaet banyak penonton. Bukan begitu? Membuat video yang layak "tonton" bukanlah perkara yang sulit. Mengapa? Karena saat ini kita pun bisa menemukan banyak aplikasi video editor yang dapat mempermudah...
Continue Reading
Featured

5 Pekerjaan “Freelance” Online dengan Upah Menggiurkan

Published

on

pekerjaan online
Internet dengan segala macam perangkat teknologi yang ada telah mengubah dunia ini menjadi lebih cepat dan dekat. Kini kita tak perlu bertatap mata secara langsung untuk dapat bercengkrama, bahkan lebih dari itu kita dapat dengan mudah membeli barang hanya dengan duduk santai di rumah. Dengan begini, internet telah bertransformasi menjadi tempat untuk berladang bisnis ataupun untuk bekerja. Nah, bagi Anda seorang mahasiswa atau yang ingin bekerja tanpa dikekang waktu, berikut ini adalah daftar lima pekerjaan "online" yang dapat Anda kerjakan dimana pun saja dengan gaji yang tak kalah menggiurkan. Freelance programmer atau desainer Kemajuan teknologi internet nyatanya telah mempengaruhi segala...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer