Connect with us
ZFLive
Featured

Sertifikasi Tahan Air IP67 dan IP68, Apa Bedanya?

Droidlime.com,

/

ip68 dan ip67

Hampir semua smartphone flagship tahun 2017 seperti Sony Xperia XZ Premium, Apple iPhone 7, Samsung Galaxy S8, dan LG G6 menyematkan fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP67 atau IP68. Walau sering mendengar istilah ini, ternyata masih banyak orang yang belum mengerti maksud dan perbedaan dari keduanya. Bagi Anda yang belum paham betul, kami akan menjelaskan pengertian dan perbedaan IP67 dan IP68 pada ulasan berikut ini.

Apa maksud dari IP68 dan IP67?

ip68 dan ip67 smartphone tahan air

IP67 atau IP68 terdiri dari tiga kode, yakni IP, lalu dikuti kode angka 6 dan diakhiri kode angka 7 atau pun 8. IP adalah singkatan dari International Protection alias perlindungan internasional. Standar sertifikasi ini disusun dan dibuat oleh International Electrotechnical Commission (IEC).

Selanjutnya angka 6 digunakan sebagai penanda bahwa smartphone tersebut tahan terhadap debu, pasir atau pertikel sejenisnya. Terakhir ada kode angka 7 atau 8. Angka 7 digunakan sebagai indikator bahwa smartphone tersebut tahan terhadap serangan air dan sanggup menyelam di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Sementara angka 8 digunakan sebagai indikator bahwa smartphone tahan terhadap serangan air dan dapat menyelam di kedalaman 1,5 – 2 meter selama 30 menit. Jadi perbedaan IP67 dan IP68 hanya terletak pada jarak kedalaman air saja.

Secara teori, ketika smartphone bersertifikasi IP68 dan IP67 terendam di kedalaman 1 meter selama 30 menit, smartphone akan bertahan dan tak akan terjadi kerusakan permanen. Atau bahkan untuk hal-hal ceroboh seperti menjatuhkan smartphone ke toilet, bak mandi, atau wastafel, smartphone bersertifasi IP68 dan IP67 akan aman-aman saja.

Bolehkah menggunakan di dalam air?

ip68 dan ip67 smartphone tahan air 2

Sebetulnya persoalan ini masih sedikit ambigu. Namun, seperti yang dikutip oleh Trusted Reviews, smartphone dengan IP67 dan IP68 belum tentu mampu bertahan saat diajak menyelam. Karena kita tak tahu pasti tekanan air dan jarak kedalaman air saat asyik menyelam. Selain itu, tes sertfikasi IP dilakukan ketika smartphone dalam mode standby alias tak dioperasikan sama sekali.

“Ingat untuk tidak menggunakan smartphone di bawah air. Rating IP smartphone Anda dicapai saat smartphone dalam mode standby, sehingga Anda tidak dianjurkan mengoperasikan smartphone di bawah air, seperti mengambil gambar,” ungkap International Electrotechnical Commission.

Selain itu kolam atau laut mengandung banyak sekali zat-zat yang bisa menyerang sistem smartphone seperti air kencing, air ludah, hingga zat garam.

Jadi, mungkin untuk sesekali atau dua kali smartphone akan bertahan, namun untuk percobaan berikutnya, bisa saja smartphone akan mengalami masalah. Jika Anda ingin me gambil foto di dalam air, alangkah lebih baik menggunakan action cam dengan casing waterproof.

Advertisement
Comments
Featured

5 Godaan Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

Xiaomi Redmi Note 5 Pro All Four
Setelah sukses merilis Xiaomi Redmi Note 5 di Cina dan India, akhirnya Xiaomi memboyong smartphone ini ke Indonesia secara resmi. Meski diposisikan sebagai smartphone kelas menengah, Xiaomi Redmi Note 5 membawa sejumlah fitur dan komponen baru yang belum pernah ada pada seri Redmi sebelumnya. Beberapa hari ini, Xiaomi menyelenggarakan proses flash sale di sejumlah toko online. Menariknya, Redmi Note 5 ludes terjual dalam waktu sangat singkat. Kendati demikian, persaingan smartphone kelas menengah di Indonesia sangatlah ketat, tak ayal hal ini membuat para pembeli bingung dalam menentukan smartphone. Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk membeli Xiaomi Redmi Note 5, lima...
Continue Reading
Featured

Memotret Low Light dengan Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

reno5 08
Redmi Note 5 sedang menjadi pusat perhatian saat ini. Smartphone satu ini menjadi andalan baru Xiaomi di Indonesia. Seperti biasa, daya tariknya ada pada spesifikasi mumpuni yang disertai harga kompetitif. Prosesor adalah salah satu jualan utama Xiaomi Redmi Note 5. Diotaki chipset Snapdragon 636, smartphone ini menjanjikan performa kelas menengah ke atas. Terbukti lewat skor benchmark (AnTuTu) yang menembus 100 ribu poin. Tak hanya prosesor, kamera ternyata juga jadi andalan Xiaomi Redmi Note 5. Xiaomi mengemasnya dengan memasangkan dua modul kamera di belakang, sekilas terlihat seperti iPhone X. Resolusinya yakni kamera primer 12 MP f/1.9 dan kamera sekunder 5 MP....
Continue Reading
Featured

4 Alasan untuk Tidak Membeli Xiaomi Redmi Note 5

Published

on

Xiaomi Redmi NOte 5 1
Salah satu smartphone kelas menengah yang lagi hits di pasar Indonesia adalah Redmi Note 5 yang diproduksi oleh Xiaomi. Masuk ke pasar Indonesia, smartphone ini diperkenalkan pada pertengahan bulan lalu dan dibanderol dengan harga yang terbilang menarik, yakni kurang dari Rp3 juta. Namun, meskipun dijual dengan harga menarik dan mendapat sambutan positif bagi para penyuka gadget di Tanah Air, bukan berarti smartphone ini hadir tanpa "luka". Untuk itulah, DroidLime akan memberikan empat hal mengapa smartphone ini tidak layak untuk Anda beli. Bodi bukan full-metal Harus diakui, Redmi Note 5 punya tampilan yang begitu sedap dipandang mata. Selain itu, Xiaomi juga...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer