Harga dan Spesifikasi LG G6

Harga

Rp10 jutaan

Status

Rilis, Januari 2017

Bodi

148,9 x 71,9 x 7,9 mm, 163 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz

GPU

Adreno 530

RAM

4 GB

Storage

32/64 GB, microSD up to 256 GB

Layar

IPS 5,7 inci Full Vision (2.880 x 1.440 piksel)

Kamera

13 MP + 13 MP & 5 MP

Baterai

3.300 mAh

Sistem Operasi

LG UX 6.0 (Android 7.1.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, color spectrum

Lainnya

Quick Charge 3.0

LG akhirnya meluncurkan smartphone flagship G6 di ajang MWC 2017 Barcelona. Berkaca dari LG G5 yang gagal dengan konsep modularnya, LG G6 dibuat lebih solid dengan baterai yang tidak dilepas. Bahkan fitur barunya mampu mengusir panas yang tinggi. Sementara spesifikasi hardware yang dibawanya tetap mumpuni yang tentunya mengalami beberapa peningkatan dibandingkan LG G5.

Tahan air dan debu

harga lg g6 image 4

Fitur ini merupakan salah satu yang diunggulkan dari LG G6 karena jajaran smartphone keluarga G generasi sebelumnya belum mempunyai sertifikat tahan air dan debu. LG G6 sendiri telah dibekali dengan sertifikat IP68 yang telah diujicoba di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu maksimal 30 menit.

Dual-camera 13 MP

Perangkat yang satu ini telah dibekali dengan dual-camera utama 13 MP, dimana kamera yang satu memiliki fungsi wide-angle dengan aperture f/2.4 serta sudut pandang hingga 125 derajat dan kamera satunya lagi berfungsi untuk mengambil objek utama dengan aperture f/1.8 serta sudut pandang hingga 71 derajat.

harga lg g6 image 3

Kamera utama 13 MP yang memiliki fungsi mengambil objek utama ini telah dibekali dengan kemampuan OIS (Optical Image Stabilization) untuk kestabilan pengambilan gambar serta laser autofocus untuk mengunci objek dengan sangat cepat.

Tak lupa dual-LED flash disematkan pada bagian belakangnya untuk membantu kamera mengabadikan momen di area minim cahaya atau gelap. Sementara itu, kamera depan LG G6 memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 serta sudut pandang hingga 100 derajat yang memudahkan mengambil foto selfie atau wefie dimana pun.

Fingerprint di belakang

harga lg g6 image 1

LG G6 juga telah dibekali sensor fingerprint pada bagian belakangnya sehingga memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menempelkan sidik jarinya saja pada smartphone. Berdasarkan pengalaman Saya mencoba smartphone dengan fingerprint, posisi sensor di bagian belakang lebih nyaman diakses dibandingkan bagian depan.

Baterai 3.300 mAh

Dengan hadirnya baterai berukuran 3.300 mAh ini bisa membuat smartphone dapat bertahan cukup lama terutama ketika digunakan untuk aktivitas kerja. Sementara itu, dukungan Quick Charge 3.0 memungkinkan daya baterai smartphone dapat diisi penuh hanya dalam waktu 96 menit saja. Bahkan untuk pengisian sebanyak 50 persen hanya membutuhkan waktu 32 menit.

Anti overheat

LG baru saja meluncurkan inovasi yang bernama Advanced Heat Pipe. Inovasi ini merupakan pipa yang terbuat dari pelat tembaga yang memungkinkan smartphone bisa mengusir panas yang berlebih sehingga dapat mengurangi atau meminimalisir risiko terjadinya overheat maupun ledakan.

Layar Full Vision

harga lg g6 image 6

LG merancang G6 dengan layar besar 5,7 inci, tapi tetap bisa digenggam dengan satu tangan. Layar ini berteknologi IPS LCD dengan resolusi Full Vision atau bisa disebut juga QHD+ (2.880 x 1.440 piksel). Kalau dilihat, layarnya terasa panjang karena punya aspect ratio 18:9. Selain itu, kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 telah dihadirkan pada bagian depan dan belakang smartphone ini.

CPU Snapdragon 821

LG masih mempercayakan CPU Snapdragon 821 untuk menjadi otak G6. LG menilai Snapdragon 821 masih sangat mumpuni untuk saat ini. Di dalamnya terdapat empat inti prosesor (2x 2,35 GHz Kyro & 2x 1,6 GHz Kryo). Ya, prosesor yang satu ini tidak dapat dianggap remeh karena beberapa smartphone yang menggunakannya berhasil menjadi jawara performa di aplikasi benchmark AnTuTu.

harga lg g6 image 5

Sementara RAM berkapasitas 4 GB menjadi pilihan LG untuk mengimbangi kemampuan prosesornya. Selain itu, penyimpanan internalnya memiliki kapasitas 32 GB atau 64 GB. Apabila penggunanya masih kurang puas dengan kapasitas yang dibenamkan maka dapat menyematkan microSD pada LG G6.

Harga LG G6

Selain fitur dan spesifikasi hardware yang dibahas di atas, LG G6 juga telah dilengkapi dengan varian single-SIM atau dual-SIM, Dolby Vision, Hi-Fi Quad-DAC, jaringan 4G-LTE, dan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dengan tampilan antar muka LG UX 6.0. Sayangnya, LG sama sekali belum mengumumkan harga dan waktu penjualan resminya, namun dari rumor yang beredar, harga yang dipatok kemungkinan berada pada kisaran Rp10 jutaan.

(last edit: 19 June, 2017 / 1:04 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
18%
Biasa Aja
7%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.