/ Samsung

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8

Harga Samsung Galaxy Note 8 Indonesia

Harga

Rp13 Juta

Status

Sudah dirilis (September 2017)

Bodi

162,5 x 74,8 x 8,6 mm, 195 gram

Prosesor

Exynos 8895 (Global), Qualcomm Snapdragon 835 (USA & China)

GPU

Mali-G71 MP20 (Global), Adreno 540 (USA & China)

RAM

6 GB

Storage

64/128/256 GB (microSD up to 256 GB)

Layar

Super AMOLED 6,3 inci (2.960 x 1.440 piksel)

Kamera

12 MP+12 MP & 8 MP

Baterai

3.300 mAh (fast charging)

Sistem Operasi

Dream UX (Android 7.1.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, NFC, GPS

Interface

USB Type-C, jack audio 3,5 mm

Sensor

Iris scanner, fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2

Lainnya

Sertifikat IP68

Setelah meluncurkan Galaxy S8 dan S8+, Samsung langsung tancap gas dengan merilis Galaxy Note 8. Smartphone ini sejatinya menawarkan beragam fitur dan kecanggihan yang tidak akan pernah Anda temui pada smartphone Android lainnya.

Ya, Galaxy Note 8 hadir dengan rupa dan tampilan yang lebih menggoda dibanding seri-seri sebelumnya. Ditempatkan pada seri “Note”, smartphone ini dipercaya akan menunjang segala pekerjaan dan meningkatkan produktivitas kerja penggunanya.

Lantas, secanggih apa smartphone ini? Simak ulasan lengkapnya pada rangkuman berikut ini, hanya untuk Anda, pembaca setia DroidLime!

Desain premium dan elegan

Samsung Galaxy Note 8 Desain

Untuk membangkitkan kembali seri Galaxy Note yang sempat merana, Samsung mengemas Galaxy Note 8 dengan material yang lebih kuat dan mewah. Perlu diketahui, Samsung Galaxy Note 8 menggunakan bahan metal berlapis kaca sehingga terlihat lebih elegan dan premium.

Bicara soal ukuran, Samsung Galaxy Note 8 mempunyai dimensi yang besar, yakni 162.5 x 74.8 x 8.6 mm dengan bobot mencapai 195 gram. Pada bagian depan, Samsung memangkas tombol fisik Home, Back, Multitasking dan menggantinya dengan tombol virtual.

Namun, dipastikan bahwa hal itu tidak akan mengurangi kenyamanan penggunaan. Sebab, tombol virtual yang disajikan bekerja dengan sangat responsif. Desain ciamik ini juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 serta fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP68.

Infinity Display

Samsung Galaxy Note 8 Infinity Display

Pengguna akan dimanjakan dengan Infinity Display 6,3 inci. Mengacu pada konsep layar modern yang diusung, dengan model yang hampi sama dengan Samsung Galaxy S8, Galaxy Note 8 menawarkan layar lengkung minim bezel dengan aspek rasio 18,5:9. Dalam mode default, layarnya memiliki resolusi Full HD+, namun pengguna dapat mengubah resolusi layar hingga ke Quad HD+.

Dengan kerapatan layar mencapai 521 ppi, Galaxy Note 8 sukses menyuguhkan tampilan yang luar biasa tajam. Sampai-sampai, DisplayMate menobatkan Galaxy Note 8 sebagai smartphone dengan layar terbaik untuk saat ini.

Bagi yang gemar menonton video streaming atau konten multimedia lainnya, layar super lega yang disuguhkan bakal memuaskan hobi penggunanya. Ditambah, Galaxy Note 8 juga sudah dibekali fitur HDR 10 yang mampu menampilkan video berkualitas tinggi.

Tak ketinggalan, ukuran layar yang lebar ini akan memudahkan pengguna melakukan kegiatan multitasking dengan memanfaatkan fitur multi-window atau app-pairing. Sekali lagi, ini hanya sebagian dari segudang nilai jual Galaxy Note 8 yang dihadirkan.

Performa jempolan

Samsung Galaxy Note 8 Gaming

Hadir sebagai smartphone premium, wajar jika Samsung mengemas Galaxy Note 8 dengan dapur pacu mumpuni. Ya! untuk versi global, Galaxy Note 8 diotaki dengan Exynos 8895, sedangkan untuk versi yang dipasarkan di kawasan Amerika dan Cina, dibekali dengan Snapdragon 835.

Performa chipset yang dibenamkan ditopang dengan RAM sebesar 6 GB serta internal storage dengan pilihan 64 GB/128 GB/256 GB plus microSD hingga 256 GB. Dengan komposisi dapur pacu seperti ini, sudah dipastikan Galaxy Note 8 mampu melahap semua aplikasi Android yang tersedia.

Bahkan, Galaxy Note 8 berhasil mencetak skor 170 ribu dalam pengujian AnTuTu Benchmark. Skor yang dihasilkan memang tak setinggi OnePlus 5 ataupun iPhone 8 Plus, namun performa Galaxy Note 8 sangat optimal menjalankan aplikasi-aplikasi berat, termasuk game dengan grafis tinggi.

Untuk menunjang performa dan dapur pacu tersebut, Samsung juga membenamkan baterai berkapasitas 3.300 mAh. Tak sekadar baterai biasa, Samsung juga sudah menyisipkan kemampuan fast charging dan wireless charging.

S-Pen super canggih

Samsung Galaxy Note 8 S Pen

Berbeda dengan seri-seri sebelumnya, S-Pen pada Galaxy Note 8 mengalami peningkatan kemampuan yang begitu signifikan. Samsung mengklaim bahwa S-Pen pada Galaxy Note 8 jauh lebih presisi.

Satu hal menarik lainnya, pena digital yang jadi teman setia Galaxy Note 8 ini juga sudah dibekali dengan IP68. Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir jika bekerja dengan Galaxy Note 8 di segala kondisi.

Kehadiran S-Pen tersebut juga ditemani dengan sejumlah fitur menarik, seperti Live Message yang berfungsi untuk membuat emoji atau gif hasil coretan dari S-Pen. Ada pula fitur Smart Select yang berfungsi untuk membuat gif dengan cara memilih dan memotong sebuah video.

Samsung juga masih menyematkkan fitur andalan lainnya terkait dengan dukungan S-Pen, yakni Screen of Memo. Lewat fitur ini, pengguna Galaxy Note 8 masih bisa menulis atau mencoret-coret dalam kondisi layar mati.

Dual-camera 12 MP+12 MP

Samsung Galaxy Note 8 Dual Camera

Jika desain layar dan dapur pacu sudah diungkap, bagaimana dengan dukungan kameranya? Galaxy Note 8 sudah dibekali dengan dual-camera belakang. Ini sekaligus jadi perangkat pertama Samsung yang sudah dibekali dengan dukungan dual-camera.

Walau terbilang baru, Samsung sukses menyuguhkan kualitas kamera yang benar-benar memukau. Komposisi dual-camera yang disematkan memiliki resolusi yang sama, yakni 12 MP. Satu kamera menggunakan lensa wide-angle (f/1.7) dan satu lensa lainnya adalah telephoto (f/2.4).

Kedua lensanya juga sudah disokong dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization), sehingga gambar atau video yang dihasilkan akan sangat stabil dan bebas noise. Fitur lainnya adalah 2x optical-zoom, Live Focus, dan Dual Capture.

Dukungan dual-camera yang disematkan juga dilengkapi dengan beragam efek dan mode menarik, seperti Food Mode, Pro Mode, Panorama, dan Slow Motion. Sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/1.7 plus teknologi Smart Autofocus.

Keamanan terjamin

Samsung Galaxy Note 8 Biometrik

Seperti telah disebutkan, Samsung mengemas Galaxy Note 8 dengan menghadirkan segudang fitur menarik di dalamnya, tak terkecuali fitur keamanan. Tak main-main, Samsung menyedia tiga fitur keamanan biometrik sekaligus, yakni fingerprint, face-recognition, dan iris.

Sudah barang tentu, dukungan tiga fitur biometrik yang dihadirkan bertujuan untuk memberi rasa aman yang tinggi bagi penggunanya, terutama bagi mereka yang memanfaatkan Galaxy Note 8 untuk menyimpan beragam data penting yang dimilikinya.

Samsung Dex dan Bixby

Samsung Galaxy Note 8 Samsung Dex

Kecanggihan Galaxy Note 8 tak berhenti sampai disitu saja. Pasalnya, smartphone ini juga dilengkapi dengan Samsung Dex yang akan memberikan pengalaman penggunaan pada layar yang lebih besar, yakni Desktop.

Selain itu, Galaxy Note 8 juga dibekali asisten virtual bernama Bixby, yang akan membantu segala macam kebutuhan pengguna. Asisten digital made-in Samsung ini juga mampu menjawab beragam pertanyaan, mengingatkan banyak tugas, hingga menampilkan informasi secara detail dari objek yang dipotret dengan Galaxy Note 8.

Harga Samsung Galaxy Note 8

Menawarkan desain yang futuristik dengan segudang fitur menarik, Galaxy Note 8 bisa dikatakan jadi smartphone tercanggih untuk saat ini. Bicara soal harga, Samsung Galaxy Note dipatok dengan harga Rp13  juta di pasar Indonesia.

Tentu saja, harga tersebut sejatinya sebanding dengan beragam teknologi yang disisipkan ke dalam smartphone tersebut. Jika Anda berminat membelinya, Samsung menghadirkan Galaxy Note 8 dalam tiga pilihan warna, yakni Orchid Grey, Maple Gold, dan Midnight Black.

(last edit: 2 October, 2017 / 6:59 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
75%
Mau
16%
Biasa Aja
4%
Payah!
7%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.