/ Samsung

Samsung Borong Chipset Snapdragon 845 Untuk Galaxy S9

Seperti yang kita ketahui sang kreator chipset yakni Qualcomm telah menjalin hubungan kerja sama atau kemitraan dengan sejumlah produsen smartphone dunia, termasuk dengan Samsung. Ya, Meski telah mampu menciptakan chipset sendiri, hingga saat ini produsen asal Korea Selatan itu masih mengandalkan kinerja Chipset buatan Qualcomm khusus untuk kawasan Amerika dan China.

Senada dengan hal itu, kabarnya Samsung akan memborong chipset terbaru buatan Qualcomm, Snapdragon 845. Chipset terbaru ini dilaporkan akan menjadi otak dari Samsung Galaxy S9 yang diprediksi bakal rilis awal tahun 2018 mendatang.

Kebiasaan Samsung memborong habis chipset racikan Qualcomm bukanlah cerita baru. Tahun lalu, Samsung juga membeli habis Chipset 835 untuk Samsung Galaxy S8, sampai-sampai LG G6 harus merana karena tak kebagian stock chipset Snapdragon 835, sehingga mau tak mau LG G6 harus menggunakan Snapdragon 821 yakni chipset keluaran tahun 2016. Harus diakui Samsung memang selangkah lebih maju dibanding vendor lainnya.

Samsung Galaxy S9 sendiri digosipkan bakal rilis lebih awal dari biasanya, prediksi menyebutkan bahwa Galaxy S9 akan dirilis pada bulan Februari tahun 2018. Sejumlah sumber juga menyebutkan Galaxy S9 akan menjadi smartphone perdana pengguna chipset 845.

Namun kabar ini sempat menimbulkan pro dan kontra, sebab banyak yang berspekulasi Xiaomi Mi 7 lah yang lebih dulu menikmati processor teranyar buatan Qualcomm tersebut. Akan tetapi, kabar terbaru menyatakan bahwa Xiaomi dan Qualcomm sedang bekerja sama untuk membuat chipset Snapdragon 845 v2 yang kemungkinan besar akan rilis setelah Snapdragon 845. Walau berita ini belum pasti, tetapi jika melihat rekam jejak kedua vendor ini, Samsung selalu memimpin dan mendahului Xiaomi.

Bicara soal kemampuan dan kinerja yang ditawarkan, Chipset Snapdragon 845 dipercaya memiliki performa yang benar-benar ganas. Banyak pula yang mengharapkan processor ini datang dengan perubahan bentuk dan peningkatan performa yang begitu nyata.

Berdasarkan rumor yang beredar, kabarnya Snapdragon 845 akan memiliki bentuk 10nm Low Power Early (LPE) FinFET dan beragam komponen canggih seperti Cortex A75, Adreno 630 and modem X20 LTE. Lantas akankah Samsung memborong habis Qualcomm Snapdragon 845 untuk Galaxy S9? Atau malah Xiaomi yang lebih dulu merilis smartphone dengan chipset generasi terbaru itu? Nantikan berita dan kabar selanjutnya.

(last edit: 11 October, 2017 / 3:24 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
78%
Mau
0%
Biasa Aja
11%
Payah!
14%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.