Connect with us
ROG GL504
Tech News

Mengenal Lebih Dekat ROG Phone, Smartphone Gaming Pertama ASUS

Published
ASUS ROG Phone 1
Vivo V11 Pro

Dari markas besarnya di Taiwan, ASUS akhirnya membuktikan janjinya untuk menghadirkan sebuah smartphone yang khusus ditujukan untuk penggemar game, yakni ROG Phone. Dikemas dengan desain futuristik, ASUS meracang smartphone ini dengan beragam fitur menarik di dalamnya.

Bagian depan smartphone ini didominasi oleh layar kaca dengan potongan di bagian atas dan bawahnya untuk menempatkan speaker stereo. Sedangkan di bagian belakang, ASUS menyisipkan ventilasi pendingin serta dukungan dual-camera utama dan logo ASUS ROG yang begitu mencolok.

Menariknya, logo ASUS ROG yang disematkan bukan sekadar hiasan belaka. Logo ini memiliki lampu RGB dan dapat diprogram untuk menampilkan warna apa pun dalam pola yang berbeda. Selain itu, logo ini juga bisa digunakan sebagai lampu notifikasi.

ASUS ROG Phone 2

Agar terlihat lebih premium, panel bagian belakang smartphone ini juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass, persis seperti bagian depannya. ROG Phone pun diklaim kedap air meskipun ASUS tidak mencantumkan rating atau sertifikasi IP resmi yang diberikan.

Selain memiliki port USB Type-C dan jack headphone di sisi bagian bawah, ROG Phone juga menyematkan port aksesoris di sisi sebelah kiri di tengah. Port ini berguna untuk mengisi daya saat bermain game sehingga kabel tidak mengganggu tangan pengguna. Soket headphone mendukung Audio Hi-Res 24-bit/192 Khz dan DTS Headphone X.

ASUS juga mengemas ROG Phone dengan tiga zona sensitif tekanan ultrasonik. Salah satunya di sisi perangkat dan fitur ini mirip dengan yang ada pada smartphone buatan HTC. Jika ROG Phone diremas akan mengaktifkan “X Mode”, yang mengoptimalkan kinerja perangkat dengan mematikan berbagai tugas di latar belakang.

ASUS ROG Phone 4

Dua zona sensitif lainnya berada di sudut dalam mode lanskap. Ini disebut “AirTrigger” dan berfungsi sebagai tombol pemicu virtual dalam game. Pengguna dapat memetakannya ke fungsi apa pun di dalam game yang dimainkannya, asal game tersebut didukung.

Soal jeroan, ASUS pun tak main-main mengemas ROG Phone. ASUS mempercayakan Snapdragon 845 yang memiliki clockspeed hingga 2,96 GHz sebagai otak utama dari ROG Phone. Chipset ini dipasangkan dengan RAM sebesar 8 GB dan pilihan internal storage berkapasitas 128 GB atau 512 GB.

Sebuah ruang “GameCool” juga disertakan untuk menarik panas dari chipset yang dibenamkan dan mendistribusikannya keluar. Dukungan lainnya adalah Wi-Fi 802.11ad yang belum populer di dalam sebuah smartphone. Baterai yang dibenamkan berkapasitas 4.000 mAh yang dilengkapi fitur ASUS “Hypercharge” 20W.

ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone dikemas dengan panel layar AMOLED berukuran 6 inci yang memiliki resolusi 2.160 x 1.080 piksel. Aspek rasio layarnya sendiri sudah 18:9. Tak kalah penting adalah panel refresh 90 HZ dan memiliki waktu respon 1ms. ASUS juga mengklaim layarnya mendukung HDR dan 108,6 persen cakupan DCI-P3.

Untuk urusan aksesoris, ASUS juga menyertakan AeroActive Cooler yang dapat dipasang di tengah-tengah ROG Phone. Dari penamaannya jelas aksesoris ini berfungsi sebagai kipas yang membantu pendinginan lebih maksimal terhadap ROG Phone.

Selain AeroActive Cooler, ASUS juga menyertakan aksesoris lainnya, yakni kontroler Gamevice yang dapat menempel di kedua sisi ponsel. Ada juga Dock WiGig untuk mengintegrasikan ROG Phone dengan layar besar melalui koneksi cepat 802.11ad.

Terakhir adalah Dock TwinView yang memiliki desain clamshell. Aksesoris ini bisa menempatkan ROG Phone di bagian atas dan pada bagian bawahnya sudah ada layar kedua berukuran 6 inci dengan resolusi FullHD. Aksesori ini juga sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh.

Baca juga

Sayangnya, meskipun ASUS sudah memperkenalkan ROG Phone, pabrikan perangkat teknologi asal Taiwan ini masih tutup mulut soal harga jualnya. Namun ASUS sudah berani sesumbar bahwa smartphone gaming pertama buatannya ini akan beredar di pasaran pada kuartal ketiga tahun ini.

Comments

Wajib baca

Populer