Connect with us
Tech News

Jangan Download! 13 Apps di Play Store Ini Mengandung Malware

Hingga saat ini ada jutaan aplikasi yang dapat kalian instal dari Google Play Store. Meski begitu, kalian tetap harus waspada. Pasalnya, baru-baru ini kembali ditemukan aplikasi “berjubah” malware di dalam marketpalce milik Google tersebut.

Updated

Google langsung bertindak cepat setelah ditemukan lebih dari selusin aplikasi (game) di Google Play Store terindikasi menyimpan malware di dalamnya. Sedikitnya ada 13 game Android, termasuk game simulasi mengendarai truk serta beberapa game serupa yang ada di dalam bagian aplikasi yang populer.

Ya! Raksasa teknologi asal Mountain View tersebut melakukan penghapusan setelah seorang peneliti mengklaim bahwa setidaknya ada lebih dari 500 ribu pengguna yang telah mengunduh aplikasi tersebut. Celakanya, aplikasi tersebut menyimpan malware yang bisa mengendap di perangkat pengguna.

Dari laporan NDTV Gadget menegaskan bahwa malware yang ada di dalam aplikasi tersebut tidak hanya menunjukkan adanya fungsi yang tidak sah, tetapi juga dapat bersembunyi di dalam perangkat guna mempermudah proses instalasi yang akan dilakukannya.

Seperti kicauan yang ditulis oleh salah satu peneliti keamanan di ESET, Lukas Stefenko bahwa ia berhasil mengungkap secara detail tentang ke-13 aplikasi berbahaya yang ditemukan di Google Play Store. Bahkan ia mengklaim bahwa aplikasi-aplikasi ini berisi malware yang telah di-download lebih dari 560 ribu kali.

Aplikasi tersebut yakni Truck Cargo Simulator, Extreme Car Driving, Moto Cross Extreme, City Traffic Moto Race, Hyper Car Driving, Extreme Car Driving, FireFighter – Fire Truck, Car Driving Simulator, Extreme Sport Car, SUV 4×4 Driving Simulator, Luxury Car Parking, SUV City Climb Parking, dan Luxury Cars SUV Traffic.

Satu hal yang tak kalah menarik, semua aplikasi mencantumkan satu pengembang bernama Luiz Pinto. NDTV juga mencatat bahwa aplikasi-aplikasi tersebut pada dasarnya disamarkan sebagai game, tetapi tidak berfungsi normal dan bisa “crash” ketika dijalankan.

Uniknya, gambar thumbnail dari aplikasi-aplikasi tersebut terlihat cukup menggoda. Stefanko juga menambahkan bahwa aplikasi-aplikasi ini akan meminta pengguna meng-instal APK tambahan. Seperti apa aplikasi ini berjalan? Stefanko juga mem-posting video pendek yang dapat diakses via tautan berikut.

Sekadar informasi tambahan buat kalian, ini bukan pertama kalinya sebagian besar pengguna Android bisa tertipu olah aplikasi berbahaya yang mengandung malware. Tahun lalu ada juga adware yang disebut Judy dan ditemukan di 41 aplikasi dan telah terpasang antara 8,5 juta hingga 36,5 juta perangkat Android.

Baca juga

Ada juga malware lainnya yang disebut FalseGuide. Dilaporkan, malware ini telah berhasil menginfeksi jutaan perangkat Android melalui Google Play. Terkait dengan itu, Google pun kini lebih agresif untuk mengatasi masalah tersebut. Terbukti, tahun lalu Google sudah menarik lebih dari 700 ribu aplikasi berbahaya di Play Store.

Via: BGR
Comments

Populer