Connect with us
FX507Z
Fitur

Jangan Sampai Tertipu! Ini 5 Cara Membedakan AirPods Asli dan Palsu

Updated

AirPods merupakan salah satu earphone wireless yang laris manis di pasaran, akan tetapi dengan harganya yang lumayan tinggi, otomatis memunculkan produk-produk palsu, KW atau seringnya disebut dengan “Clone atau bahkan Super Clone”. Hal ini ditujukan untuk menyasar para penyuka AirPods akan tetapi belum memiliki budget yang cukup untuk membeli AirPods yang asli. Jika kalian tidak teliti, bisa saja kalian bakal tertipu karena AirPods palsu ini bisa dibilang benar-benar sama, alias 1:1. Baik dari packaging, charging case, bentuk earphone nya maupun perintilan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah hal-hal yang bisa kalian perhatikan agar terhindar dari produk AirPods yang palsu, KW, Clone, Super Clone ataupun sejenisnya :

Harga, Nggak Bisa Bohong

Source : Shopee

Jangan pernah tergiur dengan AirPods yang dijual di marketplace dengan harga yang tidak masuk akal, misalnya di harga Rp. 300.000 sedangkan harga aslinya di angka Rp. 3.000.000, bisa dipastikan AirPods tersebut merupakan AirPods palsu.

Jangan mudah tergiur pula dengan embel-embel janji seperti produk yang masih baru, garansi belum aktif, dibawa secara hand carry dari luar negeri, maupun lain sebagainya.

Berikut adalah harga AirPods per April 2024 di platform marketplace terpercaya seperti iBox dan Digimap yang bisa kalian jadikan acuan :

AirPods (2nd generation) dengan charging case : Rp. 1.499.000

AirPods (3rd generation) dengan Magsafe charging case : Rp. 2.699.000

AirPods Pro (2nd generation) dengan Magsafe/USB-C charging case : Rp. 3.499.000

AirPods Max : Rp. 9.499.000

Cek Kemasan dan Detail AirPods

Source : Apple Insider

AirPods yang asli memiliki detail yang sangat presisi baik untuk kemasan maupun produknya yang masih belum bisa di contek. Hal yang biasanya bisa kita notice adalah dari kualitas kardus kemasannya. Baik dari font yang berbeda maupun kualitas cetakan yang pudar. Sedangkan untuk detail fisiknya, ada beberapa perbedaan yang bisa kalian notice seperti pada bagian grill speaker, cetakan huruf maupun IMEI, hingga pada charging case nya.

Berikut adalah beberapa detail perbedaan pada fisik AirPods asli vs AirPods palsu :

Cek Semua Fitur, Pastikan Semua Berjalan Normal

Source : Apple insider

Yang membedakan AirPods dengan earphone wireless yang lain adalah adanya beberapa fitur khusus yang hanya dimiliki oleh AirPods. Hal yang meresahkan adalah kini AirPods palsu dengan kualitas super clone, mampu menjalankan beragam fitur seperti mode koneksi di Homescreen, Find My AirPods bahkan Hey Siri. Tapi produk palsu tetaplah produk palsu, bakal ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, pastikan fitur-fitur seperti Find My AirPods, Audio Sharing, Live Listen, mengganti nama AirPods di Setting, mode terhubung di Homescreen dan lainnya berjalan dengan baik. Jika kalian tidak menemukan fitur tersebut atau bahkan ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan, maka ada indikasi bahwa AirPods yang kalian beli merupakan AirPods palsu atau clone.

Cek Active Noise Cancellation dan Transparency Mode

Source : Apple Insider

Kedua hal ini mungkin yang paling sulit untuk ditiru oleh AirPods palsu atau clone. Jika kalian menggunakan AirPods asli, kalian bakal bisa memakai fitur kedap suara yang bisa kalian setting seberapa kedap, maupun fitur transparency mode yang memungkinkan kalian bisa mendengar suara di sekitar kalian yang juga bisa di setting.

Sedangkan pada AirPods palsu, walaupun settingan kedua fitur tersebut muncul pada layar, akan tetapi kalian tidak akan merasakan perbedaan sebelum ataupun sesudah kedua fitur tersebut dinyalakan.

Periksa Serial Number AirPods

Source : Android Authority

Setelah mengecek kondisi kemasan dan produknya, pastikan serial number yang tertera terdaftar di website Apple. Kalian bisa mengecek serial number AirPods ini di bawah charging case atau di earbuds kanan. Catat serial number tadi dan cek di website resmi Apple disini.

Jika serial number tadi benar atau asli, maka akan muncul status garansi pada laman tersebut. Namun jika tidak muncul, maka bisa dipastikan jika AirPods tersebut merupakan produk palsu atau clone. Rekomendasi Case Spigen untuk AirPods yang Tersedia di Unicase Store

Source : Spigen

Setelah memastikan kalian sudah memesan atau membeli AirPods yang asli, kalian juga memberikan perlindungan ekstra dengan memberikan case pada charging case AirPods yang terkenal gampang tergores. Berikut adalah beberapa rekomendasi case dari Spigen keren yang bisa kalian pertimbangkan :

Spigen Ultra Hybrid

Source : Spigen

Jika kalian suka dengan tampilan clear, maka clear case Spigen Ultra Hybrid bisa jadi opsi buat kalian. Tak hanya keren, case ini juga memberikan ekstra proteksi dengan adanya fitur khas Spigen yaitu Air Cushion Technology.

Khusus untuk AirPods Pro 1 dan 2, Spigen Ultra Hybrid juga tersedia dalam varian Zero One, yaitu case dengan design “Engine Looks” yang keren serta disematkannya fitur Magsafe charging. Case Spigen Ultra Hybrid Zero One ini tersedia dalam varian warna hitam dan putih.

Spigen Silicone Fit, Urban Fit, Lock Fit

Source : Spigen

Ketiga case ini masing-masing memiliki ciri khas yang unik, Spigen Silicone Fit yang memiliki bahan softcase yang empuk sehingga nyaman untuk digenggam. Spigen Urban Fit dengan desainnya yang slim serta bahan fabric pada bagian luar yang memberikan kesan elegan. Dan yang terakhir Spigen Lock Fit, yang memberikan penguncian maksimal untuk melindungi

AirPods dari benturan dan gesekan. 

Ketiganya sama-sama memberikan proteksi pada AirPods dengan fitur khas Spigen yaitu Air Cushion Technology.

Spigen Mag Armor, Rugged Armor, Tough Armor

Source : Spigen

Yang ditawarkan dari ketiga case ini adalah solid, tangguh dan proteksi ekstra dari segala macam gesekan maupun benturan. Tak hanya tangguh, ketiga case ini juga kaya fitur dengan adanya fitur support Magsafe charging pada Spigen Mag Armor dan Spigen Tough Armor, serta fitur anti slip pada ketiganya.

Jika kalian ingin memberikan tampilan yang macho pada AirPods kalian, maka ketiga case ini bisa menjadi opsi buat kalian. Untuk detail dari case AirPods diatas, kalian bisa baca selengkapnya di laman ini.

Semua case Spigen untuk Airpods Pro tadi bisa kalian dapatkan di Unicase Store secara offline maupun online, untuk pembelian secara offline kalian bisa kunjungi beberapa lokasi Offline Store Unicase yang terdapat di beberapa kota besar. Untuk pembelian online, kalian bisa mengunjungi Tokopedia, Shopee dan Lazada Unicase Store.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer