5 Perbedaan iPhone 8 Plus dengan iPhone 7 Plus

Tahun ini Apple menyiapkan tiga amunisi sekaligus guna merajai pasar penjualan smartphone kelas flagship. Tiga amunisi tersebut adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus serta iPhone X. Saat ini iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah tersedia dan dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 13-15 juta.

Sementara, Apple baru akan memasarkan iPhone X secara pre-order mulai bulan Oktober 2017 mendatang. Satu hal yang menarik, Apple mengemas iPhone X lewat desain yang berbeda dengan dua saudaranya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Jika kita perhatikan, iPhone 8 Series pun tak membawa perubahan desain yang signifikan dari seri sebelumnya, yakni iPhone 7 Series. Bahkan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus sekilas terlihat sangat identik.

Maka, tak salah jika banyak orang yang ragu dan mempertanyakan perihal peningkatan atau perbedaan diantara kedua seri tersebut. Nah, untuk menjawab keraguan dari beberapa calon pembeli, berikut ini adalah 5 perbedaan iPhone 8 Plus dengan iPhone 7 Plus.

Dimensi lebih besar

iPhone 8 Plus dimensi

Meski ukuran layarnya sama serta tampang dan rupanya begitu mirip, ternyata iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus memiliki dimensi yang berbeda. iPhone 8 Plus memiliki dimensi 158.4 x 78.1 x 7.5 mm sementara iPhone 7 Plus memiliki dimensi 158.2 x 77.9 x 7.3 mm.

Memang perbedaan dimensi ini terbilang tidak terlalu signifikan. Namun setelah kami coba, beberapa casing iPhone 7 Plus kurang cocok jika dipasang pada bodi milik iPhone 8 Plus.Ukuran dimensi yang lebih besar juga membuat iPhone 8 Plus lebih berat 14 gram dari iPhone 7 Plus.

Untuk diketahui, iPhone 8 Plus memiliki bobot sekitar 202 gram, sedangkan iPhone 7 Plus memiliki bobot 188 gram. Meski bobotnya sedikit lebih berat, iPhone 8 Plus masih nyaman saat digenggam dengan satu tangan atau ketika dimasukkan ke saku celana.

Bahan kaca, mendukung wireless charging

iPhone 8 Plus Desain

Apple merangkai bodi iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus sama-sama dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu. Oleh karena itu, keduanya sudah memiliki sertifikasi IP67 dan perangkat ini aman ketika dibawa berpetualang.

Kendati begitu, tak bisa dimungkiri jika material bodi milik iPhone 8 Plus jauh lebih mewah dan berkilau dibanding iPhone 7 Plus. Bagaimana tidak, iPhone 8 Plus dikemas dalam balutan bahan kaca yang diklaim oleh Apple sendiri sangat kuat.

Tak sekadar bahan kaca yang kuat, Apple juga memanfaatkan material tersebut merealisasikan fitur wireless charging. Dan sekali lagi kami harus akui, material kaca yang disematkan sukses membuat iPhone 8 Plus terlihat lebih berkilau dan nampak lebih premium.

Chipset lebih ganas

iPhone 8 Plus A11

Peningkatan yang tak kalah sangat berarti terletak pada sisi dapur pacunya. Ya, iPhone 8 Plus telah ditenagai dengan chipset terbaru, yakni A11 Bionic. Sejatinya, chipset ini lebih ganas dibandingkan A10 yang ada di dalam bodi iPhone 7 Plus.

Penasaran dengan performa dari chipset A11 Bionic yang ada di dalam iPhone 8 Plus? Tentu saja, hasil benchmark yang dilakukan lewat AnTuTu Benchmark pasti membuat banyak penggila gadget terperangah. Ya! Skornya mencapai 200 ribu.

Bisa dipastikan, skor tersebut mengisyaratkan bahwa iPhone 8 Plus menjadi smartphone tercepat untuk saat ini. Keganasan chipset ini tentu saja akan menjadi momok menakutkan bagi para produsen smartphone Android lainnya, terutama mereka yang memproduksi perangkat premium.

Performa kamera lebih baik

iPhone 8 Plus Kamera

Perlu kita ketahui bersama, iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus telah dibekali dukungan dual-camera belakang 12 MP. Dual-camera yang disisipkan memiliki konfigurasi lensa wide angle dengan aperture f/1.8 dan lensa telephoto dengan aperture f/2.8.

Menarikanya, Meski diatas kertas kualitas yang ditawarkan adalah sama, namun nyatanya kamera belakang iPhone 8 Plus memiliki kemampuan yang jauh lebih superior ketimbang dual-camera yang dimiliki iPhone 7 Plus.

Bahkan menurut DxOmark, kemampuan dual-camera iPhone 8 Plus menjadi yang terbaik untuk saat ini. Tak hanya itu saja, dual-camera iPhone 8 juga sudah dibekali beberapa fitur menarik, sebut saja Light Portrait guna menghasilkan foto dengan efek keren seperti bokeh.

Ada juga fitur Scene untuk menghasilkan foto 3D, serta fitur Augmented Reality. Selain itu, dual-camera yang ada pada iPhone 8 Plus juga sanggup menghasilkan video recording 4K 60 fps dan slow-motion FullHD 240 fps.

Baterai lebih kecil

Walau membawa dapur pacu yang powerfull, iPhone 8 Plus memiliki kapasitas baterai lebih kecil dari iPhone 7 Plus. iPhone 8 Plus hanya dibekali baterai 2.675mAh. Namun, chipset A11 Bionic yang lebih efisien serta dukungan iOS 11 dipercaya mampu menghemat kebutuhan daya dari smartphone ini.

Melalui informasi yang disuguhkan pada laman resmi Apple, iPhone 8 Plus diklaim memiliki daya tahan baterai yang sama dengan iPhone 7 Plus. Satu perbedaan lagi adalah, baterai yang disematkan Apple pada iPhone 8 Plus sudah mendukung fitur pengisian daya cepat.

(last edit: 30 September, 2017 / 2:05 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
46%
Mau
3%
Biasa Aja
9%
Payah!
42%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.