Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie

Featured

5 Perbedaan iPhone 8 Plus dengan iPhone 7 Plus

Published

on

iPhone 8 Plus vs iPhone 7 Plus

Tahun ini Apple menyiapkan tiga amunisi sekaligus guna merajai pasar penjualan smartphone kelas flagship. Tiga amunisi tersebut adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus serta iPhone X. Saat ini iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah tersedia dan dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 13-15 juta.

Sementara, Apple baru akan memasarkan iPhone X secara pre-order mulai bulan Oktober 2017 mendatang. Satu hal yang menarik, Apple mengemas iPhone X lewat desain yang berbeda dengan dua saudaranya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Jika kita perhatikan, iPhone 8 Series pun tak membawa perubahan desain yang signifikan dari seri sebelumnya, yakni iPhone 7 Series. Bahkan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus sekilas terlihat sangat identik.

Maka, tak salah jika banyak orang yang ragu dan mempertanyakan perihal peningkatan atau perbedaan diantara kedua seri tersebut. Nah, untuk menjawab keraguan dari beberapa calon pembeli, berikut ini adalah 5 perbedaan iPhone 8 Plus dengan iPhone 7 Plus.

Dimensi lebih besar

iPhone 8 Plus dimensi

Meski ukuran layarnya sama serta tampang dan rupanya begitu mirip, ternyata iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus memiliki dimensi yang berbeda. iPhone 8 Plus memiliki dimensi 158.4 x 78.1 x 7.5 mm sementara iPhone 7 Plus memiliki dimensi 158.2 x 77.9 x 7.3 mm.

Memang perbedaan dimensi ini terbilang tidak terlalu signifikan. Namun setelah kami coba, beberapa casing iPhone 7 Plus kurang cocok jika dipasang pada bodi milik iPhone 8 Plus.Ukuran dimensi yang lebih besar juga membuat iPhone 8 Plus lebih berat 14 gram dari iPhone 7 Plus.

Untuk diketahui, iPhone 8 Plus memiliki bobot sekitar 202 gram, sedangkan iPhone 7 Plus memiliki bobot 188 gram. Meski bobotnya sedikit lebih berat, iPhone 8 Plus masih nyaman saat digenggam dengan satu tangan atau ketika dimasukkan ke saku celana.

Bahan kaca, mendukung wireless charging

iPhone 8 Plus Desain

Apple merangkai bodi iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus sama-sama dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu. Oleh karena itu, keduanya sudah memiliki sertifikasi IP67 dan perangkat ini aman ketika dibawa berpetualang.

Kendati begitu, tak bisa dimungkiri jika material bodi milik iPhone 8 Plus jauh lebih mewah dan berkilau dibanding iPhone 7 Plus. Bagaimana tidak, iPhone 8 Plus dikemas dalam balutan bahan kaca yang diklaim oleh Apple sendiri sangat kuat.

Tak sekadar bahan kaca yang kuat, Apple juga memanfaatkan material tersebut merealisasikan fitur wireless charging. Dan sekali lagi kami harus akui, material kaca yang disematkan sukses membuat iPhone 8 Plus terlihat lebih berkilau dan nampak lebih premium.

Chipset lebih ganas

iPhone 8 Plus A11

Peningkatan yang tak kalah sangat berarti terletak pada sisi dapur pacunya. Ya, iPhone 8 Plus telah ditenagai dengan chipset terbaru, yakni A11 Bionic. Sejatinya, chipset ini lebih ganas dibandingkan A10 yang ada di dalam bodi iPhone 7 Plus.

Penasaran dengan performa dari chipset A11 Bionic yang ada di dalam iPhone 8 Plus? Tentu saja, hasil benchmark yang dilakukan lewat AnTuTu Benchmark pasti membuat banyak penggila gadget terperangah. Ya! Skornya mencapai 200 ribu.

Bisa dipastikan, skor tersebut mengisyaratkan bahwa iPhone 8 Plus menjadi smartphone tercepat untuk saat ini. Keganasan chipset ini tentu saja akan menjadi momok menakutkan bagi para produsen smartphone Android lainnya, terutama mereka yang memproduksi perangkat premium.

Performa kamera lebih baik

iPhone 8 Plus Kamera

Perlu kita ketahui bersama, iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus telah dibekali dukungan dual-camera belakang 12 MP. Dual-camera yang disisipkan memiliki konfigurasi lensa wide angle dengan aperture f/1.8 dan lensa telephoto dengan aperture f/2.8.

Menarikanya, Meski diatas kertas kualitas yang ditawarkan adalah sama, namun nyatanya kamera belakang iPhone 8 Plus memiliki kemampuan yang jauh lebih superior ketimbang dual-camera yang dimiliki iPhone 7 Plus.

Bahkan menurut DxOmark, kemampuan dual-camera iPhone 8 Plus menjadi yang terbaik untuk saat ini. Tak hanya itu saja, dual-camera iPhone 8 juga sudah dibekali beberapa fitur menarik, sebut saja Light Portrait guna menghasilkan foto dengan efek keren seperti bokeh.

Ada juga fitur Scene untuk menghasilkan foto 3D, serta fitur Augmented Reality. Selain itu, dual-camera yang ada pada iPhone 8 Plus juga sanggup menghasilkan video recording 4K 60 fps dan slow-motion FullHD 240 fps.

Baterai lebih kecil

Walau membawa dapur pacu yang powerfull, iPhone 8 Plus memiliki kapasitas baterai lebih kecil dari iPhone 7 Plus. iPhone 8 Plus hanya dibekali baterai 2.675mAh. Namun, chipset A11 Bionic yang lebih efisien serta dukungan iOS 11 dipercaya mampu menghemat kebutuhan daya dari smartphone ini.

Melalui informasi yang disuguhkan pada laman resmi Apple, iPhone 8 Plus diklaim memiliki daya tahan baterai yang sama dengan iPhone 7 Plus. Satu perbedaan lagi adalah, baterai yang disematkan Apple pada iPhone 8 Plus sudah mendukung fitur pengisian daya cepat.

Advertisement
Comments

Featured

7 Smartphone China Terkece Sepanjang Tahun 2017

Published

on

Smartphone Indah 2017

Pada tahun 2017 lalu tak sedikit pabrikan smartphone yang berlomba-lomba meluncurkan perangkat dengan desain yang menarik. Tak hanya dukungan layar bezel-less, smartphone tersebut juga dikemas dengan desain yang ramping sehingga nyaman saat digenggam.

Setelah era Sharp Aquos, Xiaomi Mi MIX melanjutkan tren layar bezel-less. Tak hanya itu, perangkat tersebut juga dikemas dengan layar lebar, namun ukuran bodinya dibuat lebih ramping. Hasilnya, tak sedikit penggila gadget yang kepincut dengan smartphone racikan Xiaomi tersebut.

Desain smartphone dengan unibody berbahan logam yang dilindungi kaca juga banyak hadir di tahun 2017 lalu. Tak kalah dengan smartphone bezel-less, perangkat unibody logam yang dilapisi kaca juga menarik perhatian penggila gadget.

Lantas, smartphone apa saja yang dianggap memiliki desain terindah yang muncul di tahun 2017 lalu? Berikut ini beberapa daftar smartphone dengan desain terindah yang dirangkum oleh Gizmochina.

Honor 9

Honor 9

Honor 9 merupakan slaah satu smartphone dengan desain indah yang memiliki bodi dengan kerangka aluminium. Pada bagian belakangnya, smartphone ini telah dilapisi kaca yang membuat desainnya menimbulkan pola menarik berkat cahaya yang terpantul.

Honor yang berada di bawah payung Huawei mengemas smartphone ini dengan bentang layar 5,15 inci Full HD ditambah dengan teknologi IPS LCD. Smartphone ini juga masih dilengkapi dengan sensor fingerprint yang terintegrasi tombol fisik Home di bagian depan.

Berbicara soal dapur pacunya, Honor 9 telah dibekali dengan Kirin 960, RAM 4 GB/6 GB serta storage berkapasitas 64 GB/128 GB. Daya tarik lainnya, smartphone yang memiliki baterai berkapasitas 3.200 mAh ini juga sudah dilengkapi dengan EMUI 5.1 berbasis Android Nougat.

Gionee M7 Power

Gionee M7 Power

Tak mau kalah, Gionee pun memproduksi smartphone yang sedap dipandang mata. Adalah Gionee M7 Power yang dikemas dengan material alumunium dan dilapisi kaca pada bagian belakangnya. Selain indah, smartphone ini juga sudah dibekali dengan bateri jumbo 5.000 mAh.

Lantas, bagaimana dengan dapur pacunya? Gionee mempercayakan Snapdragon 435 untuk ditanam ke dalam M7 Power. Chipset tersebut juga dipadukan dengan RAM 4 GB serta internal storage berkapasitas 64 GB.

Tak ketinggalan, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan EMUI 5.1 berbasis Android Nougat. Daya tarik lainnya adalah bentang layar berukuran 6 inci HD+ IPS LCD dengan aspek rasio kekinian, yakni 18:9.

Smartisan Nut 2 Pro

Smartisan Nut 2 Pro

Mungkin kita tak pernah mendengar pabrikan smartphone ini. Namun, Smartisan juga berhasil menelurkan smartphone dengan desain indah, yakni Nut 2 Pro. Bodi berbahan logam yang dilapisi kaca pada bagian belakangnya membuat smartphone ini terlihat indah.

Tombol Volume dan Power (On/Off) berbentuk melingkar juga menambah kesan indah Nut 2 Pro. Bahkan, warna-warna yang dihadirkan pada smartphone ini menjadi senjata menarik bagi Smartisan untuk merayu kaum millenial agar mau membeli Nut 2 Pro.

Dikemas dengan layar penuh berukuran 5,99 inci Full HD+ IPS LCD dan resolusi 18:9 semakin membuat smartphone terlihat lebih indah. Tak hanya itu, Smartisan juga melengkapinya dengan spesifikasi hardware yang tak kalah menarik.

Nut 2 Pro ini telah dibekali dengan Snapdragon 660. RAM yang ditanam ada dua pilihan, 4 GB dan 6 GB. Begitu juga pilihan internal storage-nya, yakni 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Dual-camera utama 12 MP + 5 MP semakin menjadikan smartphone ini terlihat lebih menarik.

Nubia Z17s

Nubia Z17s

Smartphone indah lainnya yang muncul di tahun 2017 adalah Nubia 17s. Smartphone ini dikemas dengan sentuhan bezel-less yang layar penuhnya memiliki ukuran 5,73 inci Full HD+. Daya tarik lainnya adalah aspek rasio layar kekinian, yakni 18:9.

Nubia Z17s juga diproduksi dengan bahan logam yang dilapisi kaca. Untuk urusan performa juga tak mau kalah. Nubia membekali smartphone ini dengan chipset Snapdragon 835, RAM 6 GB/8 GB serta internal storage 64 GB/128 GB.

Apakah hanya itu daya tarik Nubia Z17s? Rupanya tidak! Smartphone dengan desain menawan ini juga telah dilangkapi dengan dual-camera 12 MP + 23 MP. Baterai berkapasitas 3.100 mAh juga telah ditanam ke dalam smartphone ini.

Huawei Nova 2S

Huawei Nova 2s

Huawei pun tak mau ketinggalan untuk menciptakan smartphone dengan desain indah. Untuk berkompetisi dengan para pesaingnya, Huawei menciptakan Nova 2S. Smartphone ini diracik dengan bahan logam berbalut kaca.

Chipset HiSilicon Kirin 960 juga menjadi senjata andalan dari smartphone ini. Selain itu, smartphone ini juga hadir dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB serta internal storage berkapasitas 64 GB dan 128 GB.

Xiaomi Mi MIX 2

xiaomi mi mix 2

Seperti sudah disebutkan, Xiaomi adalah salah satu pionir yang mampu menciptakan smartphone indah, yakni Mi MIX. Untuk versi selanjutnya, Xiaomi kembali menelurkan generasi kedua dari smartphone tersebut, Mi MIX 2.

Tak berbeda dengan generasi awal, Mi MIX 2 juga dikemas dengan layar bezel-less. Smartphone ini juga sudah dibekali dengan chipset papan atas Qualcomm, yakni Snapdragon 835. Pilihan RAM yang ditanam adalah 6 GB dan 8 GB.

Tak ketinggalan, Mi MIX 2 juga memiliki opsi internal storage yang beragam, yakni 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Xiaomi juga melengkapi smartphone berbasis MIUI 9 ini dengan kamera 12 MP dan baterai berkapasitas 3.400 mAh.

Huawei Mate 10 Pro

Huawei Mate 10 Pro Header 1

Lagi-lagi, Huawei kembali menelurkan smartphone dengan desain indah di tahun 2017 ini, yakni Mate 10 Pro. Tak hanya indah, Huawei juga memikirkan masalah performa smartphone buatannya tersebut. Untuk itulah, smartphone ini ditanam otak pintar Kirin 970.

Smartphone ini juga hadir dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB. Sedangkan internal storage yang ditanam ke dalam smartphone ini adalah 64 GB dan 128 GB. Keindahan smartphone ini juga terlihat dari layar penuh 6 inci yang dikemas.

Memiliki resolusi Full HD+, layar smartphone ini juga sudah mengadopsi teknologi AMOLED dengan aspek rasio 18:9. Bodi berbahan logam semakin menjadikan smartphone ini tak hanya indah, tetapi juga elegan.

Keindahan smartphone penerus Mate 9 ini juga ditopang dengan dukungan kamera yang disematkan. Dual-camera utama dengan lensa Leica 12 MP + 20 MP juga menjadi nilai jual smartphone ini. Daya tarik lainnya adalah baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Continue Reading

Featured

Tes Kamera Huawei Nova 2i: Bisa Sebagus DSLR?

Published

on

nova2i 11

Nova 2i jadi penutup eksistensi Huawei di Indonesia untuk tahun ini. Kehadirannya sendiri cukup membuat kejutan. Ya, Huawei Nova 2i tercatat sebagai smartphone empat kamera terjangkau yang pertama dijual resmi di Indonesia. Dan setelah membuat ulasan review-nya, kini giliran kameranya yang bakal kami uji.

Selain punya layar lega FullView 18:9, Nova 2i juga punya kamera utama 16+2 MP dan kamera depan 13+2 MP. Dengan konfigurasi kamera yang cukup menjanjikan, kami pun merasa penasaran dan juga tertantang, apakah bisa menciptakan foto-foto yang bagus tapi cuma pakai smartphone, bukan kamera profesional.

Nah, agar hasilnya lebih optimal, kami pun memotret menggunakan mode-mode yang sudah disediakan, khususnya portrait atau wide aperture buat foto bokeh, night mode untuk motret low light ekstrem, dan pastinya light painting yang udah jadi andalan di smartphone Huawei.

Untuk memulai pengujian, pertama-tama kami menjajal kameranya untuk pemotretan glamour photo studio. Kalau biasanya kebanyakan orang selalu pakai kamera profesional, sekarang kita coba pakai smartphone. Pastinya juga dengan dukungan lighting.

Glamour photo

nova2i 08

Biar nggak repot atur konfigurasi kameranya, maka kita pakai mode portrait dan wide aperture. Mode portrait lebih optimal untuk objek wajah dengan efek bokeh yang tidak bisa diatur. Sedangkan mode wide aperture juga untuk hasilkan fek bokeh, tapi titik fokus dan juga tingkat bokehnya bisa kita ubah. Dan inilah beberapa foto glamour yang kami jepret langsung dari kamera Nova 2i.

Night shot

nova2i 04

Selanjutnya kami mencoba kemampuan memotret low light-nya pakai night shot. Nah mode night shot ini mengharuskan kita pakai bantuan tripod. Setelah tripod terpasang, kita hanya perlu pencet tombol shutter dan kamera bakal otomatis motret dengan setting ISO dan shutter speed otomatis, biasanya antara 15-20 detik. Yap segampang itu caranya.

Light painting

nova2i 09

Setelah menjajal kemampuan memotret menggunakan mode portrait, wide aperture, dan night shot, sekarang yang terakhir kami akan melukis cahaya. Di Huawei Nova 2i kita bisa pakai mode light painting dimana di dalamnya ada empat mode: car light trail, light graffiti, silky water, dan star track (milky way). Yang kami coba adalah light trail, light graffiti, dan milky way.

Langsung saja, cara pakainya simpel. Kita siapkan dulu tripod, lalu pilih modenya, cari objek yang kece, dan jepret selama yang kita mau. Kalau kira-kira hasilnya sudah oke, pencet sekali lagi tombol shutter-nya. Ya, caranya sesimpel itu dan kita tidak perlu atur-atur konfigurasinya secara manual.

Nah, Anda sudah lihat beberapa foto terbaik yang kami ambil langsung menggunakan kamera Huawei Nova 2i. Bagaimana hasilnya menurut kalian? Untuk lebih jelasnya, kami juga sudah membuatkan video pengujiannya di bawah ini.

Continue Reading

Featured

Inilah para Pemenang DroidLime Awards 2017

Published

on

banner award2017

Ini adalah tahun ketiga kami mengadakan aktivitas online bertajuk DroidLime Awards yang bertujuan untuk mencari gadget paling favorit dan terpopuler versi para pembaca setia kami. DroidLime Awards 2017 sendiri sudah berlangsung sejak 5 hingga 25 Desember 2017 kemarin.

Kurang lebih selama 20 hari berlangsung, akhirnya terpilih beberapa pemenang dari beberapa kategori. Untuk tahun ini kami membaginya dalam sembilan kategori, tujuh di antaranya gadget, satu kategori e-commerce, dan satu kaetegori provider internet mobile.

Adapun cara menentukan para pemenang yakni dengan sistem voting. Hingga Awards dimulai 5 Desember dan berakhir 25 Desember kemarin, total terkumpul sebanyak 161.316 suara dari total sembilan kategori yang ada.

Penasaran apa-apa saja gadget, provider internet, dan e-commerce favorit para pembaca DroidLime? Berikut adalah daftar para pemenangnya!

Best Budget: OPPO A37 (45,96%)

Best Challenger: Samsung Galaxy A5 2017 (64,45%)

Best Affordable Flagship: Xiaomi Mi 6 (33,44%)

Best Flagship: Samsung Galaxy Note 8 (72,54%)

Best Camera: Samsung Galaxy Note 8 (66,33%)

Best Design: Samsung Galaxy Note 8 (74,84%)

Best Selfie Specialist: OPPO F5 series (54,85%)

Best Mobile Internet Provider: Telkomsel (57,09%)

Best e-Commerce: Lazada (28,45%)

Akhirnya kami ucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada Anda para pembaca yang sudah berpartisipasi ikut memilih gadget favorit selama tahun 2017 ini. Sampai jumpa di DroidLime Awards 2018!

Continue Reading

Populer