Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

5 Fitur Andalan iPhone X

Updated

Untuk merayakan hari jadinya yang ke-10, Apple resmi meluncurkan iPhone X (dibaca ten) sebagai seri spesial untuk para penggemarnya. Event akbar yang di gelar pada 12 September 2017 lalu menjadi saksi bersejarah rilisnya smartphone futuristik buatan Apple tersebut. Tak hanya iPhone X, Apple juga merilis dua seri lain, yakni iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Namun, entah mengapa mata kami langsung tertuju pada seri yang paling istimewa, yakni iPhone X. Karena tak bisa dielak lagi bila iPhone X benar-benar tampil memukau dengan desain barunya yang begitu cantik. Sebagai edisi spesial, iPhone X juga diracik dengan spesifikasi yang sangat mumpuni serta beragam fitur yang canggih.

Tak hanya itu saja, Apple juga berhasil menyematkan beberapa teknologi baru. Dan berikut ini adalah lima teknologi baru pada iPhone X yang takkan pernah Anda temui pada seri iPhone sebelumnya.

Face ID

Jika Samsung dan LG menawarkan fitur keamanan iris scanner dan face recognition, lain halnya dengan Apple. Secara mengejutkan Apple memperkenalkan sensor biometrik baru. Apple menyebutnya Face ID. Sensor biometrik ini dijamin sangat aman dan akurat. Lantas bagaimana cara kerja dari fitur Face ID pada iPhone X?

Begini, Apple menanamkan teknologi truedepth camera system yang terdiri dari kamera depan dan beberapa sensor lainnya. Sensor biometrik ini akan memindai bagian muka atau wajah pengguna. Lebih tepatnya memindai dan menyimpan pattern atau pola wajah dari pengguna. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki pola wajah yang unik dan berbeda-beda. Pola inilah yang menjadi acuan atau ID untuk membuka kunci smartphone.

Pengguna juga tidak perlu mengarahkan smartphone tepat di depan mata, karena sensor Face ID akan secara otomatis menangkap seluruh bagian wajah. Fitur keamanan Face ID juga diklaim sangat cerdas, sehingga ketika muka pengguna berubah seperti tumbuh janggut karena semakin tua atau berubahnya model rambut, Face ID masih tetap mengenali bentuk dan pola wajah pengguna.

Animoji

Selain fitur Face ID yang begitu aman, iPhone X juga dilengkapi dengan fitur baru bernama Animoji. Sederhananya, fitur ini berfungsi untuk mengirim pesan dalam bentuk animasi lucu. Namun bukan sekadar animasi biasa, melainkan animasi yang dibuat dengan cara merekam dan menirukan ekspresi serta ucapan dari pengguna. Kini kegiatan chatting akan jauh lebih seru!

Lighting Portrait

Beralih ke segmen kamera, Apple juga memberikan pembaruan dan peningkatan dengan menghadirkan fitur baru bernama Lighting Portrait. Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk mengatur efek lighting dari setiap foto yang berhasil dijepret oleh pengguna. Beberapa efek yang disiapkan di antaranya natural light, studio light, contour light, stage light, dan yang lainnya.

Tentunya setiap efek memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi mengubah warna kulit, ada juga yang berfungsi mengubah background. Selain itu, ada pula fitur Scene yang berfungsi untuk mengambil gambar dalam bentuk 3D.

Wireless charging

Fitur wireless charging bukanlah hal yang baru. Namun bagi Apple ini adalah produk perdananya yang mendukung fitur wireless charging. Seperti Wireless charging pada umumnya, pengguna diwajibkan untuk membeli Qi atau bantalan charging terpisah untuk dapat mengisi daya tanpa kabel. Kabarnya fitur wireless charging ini bakal tersedia untuk perangkat Apple lainnya seperti Airpods dan Smart Watch.

A11 Bionic

Segala fitur dan kecanggihan yang diusung tentu membutuhkan spesifikasi dan dapur pacu yang kuat. Untuk itulah, Apple memperkenalkan chipset generasi terbarunya, Apple A11 Bionic. Chipset ini diklaim jauh lebih ngebut dari seri sebelumnya.

Kabarnya chipset A11 terdiri dari 4,3 miliar transistor yang berhasil meningkatkan kemampuan GPU-nya sebanyak 30 persen. Dari hasil pengujian Geekbench, performa chipset A11 terbukti lebih ganas dari seri iPhone sebelumnya, bahkan mampu melengserkan performa dari MacBook Air 2017 dan Macbook Pro 2017.

Keganasan chipset ini semakin menjadi-jadi setelah dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 64 GB atau 256 GB serta sistem operasi baru, iOS 11. Tidak diragukan lagi, iPhone X bakal jadi smartphone tercepat untuk saat ini.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3

POCO, yang sekarang telah menjadi brand independen dari Xiaomi baru saja meluncurkan POCO M3 di pasar Indonesia. Datang sebagai smartphone...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra

Galaxy S21 Ultra adalah seri Galaxy S21 tertinggi yang diperkenalkan oleh Samsung bersama Galaxy S21 dan S21+. Smartphone ini juga...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 & S21+

Samsung Galaxy S21 dan S21+ secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone ini datang dengan RAM 8 GB, ROM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5

Dipasar Indonesia OPPO kembali membuat kejutan dengan meluncurkan OPPO Reno5. Smartphone yang masih ditenagai Snapdragon 720G ini menitikberatkan pada sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A12. Smartphone yang ditenagai Helio P35 ini dibanderol seharga Rp2...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 20 Pro

Amunisi terbaru dari realme untuk memanjakan para realme Fans yang gemar bermain game mobile, realme telah meluncurkan realme narzo 20...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer